top of page

Selang Industri untuk Kimia: Jenis, Fungsi, dan Keamanannya dalam Pengoperasian



Bahan kimia terkenal banyak yang berbahaya bagi kesehatan kita. Namun tahukah Anda? Bahwa sebenarnya berbagai kegiatan aktivitas kita sehari-hari sangat dekat dengan kimia, bahkan hampir sering kita secara tidak sadar menggunakan bahan kimia. Meski seringkali dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, menyimpan dan menggunakan produk berbahan kimia itu pun tidak boleh sembarangan.


Nah maka dari itu, pada proses di industri yang melibatkan bahan kimia pun, harus ada pengamanannya serta sesuai dengan standar yang ditentukan. Hal itu juga berlaku bagi salah satu peralatan industri, yakni adalah selang. Selang untuk bahan kimia, pastinya haruslah selang industri yang dikhususkan untuk bahan kimia. Itu karena jika tidak demikian, maka proses dalam industri bisa dinyatakan tidak sesuai standar dan berbahaya.


Mengenal Selang Industri untuk Kimia yang Memang Aman dalam Pengoperasiannya


Ada berbagai banyak tipe bahan kimia yang ada saat ini, jadi sebelum menentukan selang industri untuk kimia, ada baiknya Anda periksa tipe bahan kimia dan kondisi penggunaannya terlebih dahulu, seperti suhu, tekanan, dan sebagainya. Nah Anda pun dapat memilih selang yang optimal untuk membantu meningkatkan keamanan produk, produktivitas, keselamatan kerja, dan mengurangi biaya pada suatu industri yang berkaitan dengan proses pengolahan dengan bahan kimia tertentu.


Nah selang industri untuk bahan kimia pun memang perlu diperiksa apakah ia memiliki tingkat keamanan yang baik dalam pengoperasiannya. Hal itu penting, dikarenakan jika tidak demikian maka proses pada industri yang menggunakan bahan kimia pun bisa menjadi salah. Ketika salah, maka besar kemungkinan akan mengalami banyak hal buruk bagi industri tersebut, tidak terkecuali kerugian dengan tingkat yang cukup besar.


Jenis dan Fungsi dari Selang Industri yang Memang Aman dalam Pengoperasiannya

Agar tidak salah pilih dalam memilih selang industri untuk bahan kimia, maka Anda bisa memilih selang industri untuk kimia seperti yang ada di bawah ini. Nah alasannya, karena selang berikut ini memang selang terbaik dan berkualitas, serta sudah memiliki keamanan dalam pengoperasiannya yang berkaitan dengan bahan kimia apapun.

  • Selang Fluororesin Tetrafluorida: Merupakan selang dengan permukaan bagian dalam terbuat dari fluororesin tetrafluorida (ETFE hasil modifikasi) dan permukaan bagian luar dilapisi dengan resin poliuretan. Selang ini dilengkapi dengan pita konduktif di lapisan paling dalam untuk mencegah listrik statis. Selain itu, ia memiliki fitur untuk membuatnya tahan terhadap bahan kimia, non-elusi, non-adhesif, dan hampir tidak berbau. Jadi dengan demikian, maka selang ini dapat digunakan sebagai selang pada saluran peralatan untuk bahan kimia, obat-obatan, kosmetik, makanan, semikonduktor, dan lain sebagainya.

  • Selang Resin non-PVC: Selang ini terbuat dari resin non-PVC, yang mana itu membuat selang ini tidak terlalu terpengaruh oleh eluat pada cairan, dan dapat digunakan untuk makanan, kosmetik, dan obat-obatan, serta bahan kimia sekalipun. Nah untuk tingkatkan keselamatan atau keamanan, maka ada beragam konektor khusus yang bisa dipasangkan pada selang tersebut.

  • Selang PVC Lunak: Selang ini merupakan selang yang terbuat dari PVC lunak, yang mana itu menjadikannya sebagai selang serbaguna yang dapat digunakan secara stabil untuk berbagai cairan, seperti air, udara, minyak, dan bahkan bisa juga untuk bahan kimia di suatu industri. Hal itu karena adanya penguat berupa koil logam yang bisa membuat selang ini tidak mudah bengkok dan kempis sehingga cocok untuk tekanan hisap dan tekanan balik pada bagian-bagian yang memiliki radius bengkokan kecil dan komponen bergerak, misalnya pada saluran yang terdapat di fasilitas dan peralatan, terutama kimia.


Nah itulah artikel dari kami yang membahas mengenai selang industri untuk kimia, baik jenis, fungsi, serta keamanannya dalam pengoperasiannya. Kiranya jadi manfaat dan bisa menambah wawasan untuk Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki selang tahan bahan kimia atau selang lainnya, maka yang terbaik dan berkualitas ada pada Toyox yang ada di IndahJaya.com


Comments


bottom of page