top of page

Selang Nilon: Keunggulan dan Aplikasinya dalam Berbagai Industri



Banyak yang kurang mengetahui nilon, itu karena nilon merupakan suatu keluarga polimer sintetik yang diciptakan pada 1935 oleh Wallace Carothers di DuPont. Produk pertama adalah sikat gigi berbulu nilon (1938), dilanjutkan dengan produk yang lebih dikenal: stoking untuk wanita pada 1940. Nilon dibuat dari rangkaian unit yang ditautkan dengan ikatan peptida (ikatan amida) dan sering diistilahkan dengan poliamida (PA).


Nilon merupakan polimer pertama yang sukses secara komersial, dan merupakan serat sintetik pertama yang dibuat dari bahan anorganik yaitu minyak bumi. Elemen-elemen ini tersusun menjadi monomer dengan berat molekul rendah yang selanjutnya direaksikan untuk membentuk rantai polimer panjang. Apa yang paling sering ada dan berkaitan dengan nilon, adalah selang yang terbuat dari bahan nilon, yakni selang nilon.


Selang Nilon yang Memiliki Keunggulan untuk Diaplikasikan dalam Berbagai Industri


Selang nilon jelas adalah selang yang terbuat dari bahan nilon, salah satu jenis bahan yang berasal dari produk minyak bumi. Nilon bisa dikombinasi dengan bahan lain, seperti bahan katun, guna menciptakan bahan kombinasi. Bahan yang dibuat dengan campuran nilon dan katun pun nyatanya mampu menghasilkan suatu bahan yang kuat, ulet, dan bahkan juga bisa awet.


Perlu Anda ketahui, nilon dibuat dari suatu rangkaian unit yang memiliki keterkaitan dengan jenis amida atau sering juga disebut dengan poliamida. Bahan nilon pun hingga kini merupakan jenis bahan polimer pertama yang dikenal cukup sukses dijual di pasaran. Selain itu, bahan sintetik di dalamnya juga merupakan bahan pertama yang dibuat dari bahan anorganik, yaitu minyak bumi.


Keunggulan Selang Nilon yang Dapat Diaplikasikan di Berbagai Industri

Pastinya ada alasan mengapa selang yang terbuat dari bahan nilon menjadi salah satu selang favorit di berbagai industri. Nah adapun alasannya, dikarenakan selang nilon itu:


  • Ringan, kuat dan elastis, itu karena memang bahan nilon yang memiliki karakteristik utama sebagai bahan yang ringan dan kuat. Dengan ketangguhannya tersebut, maka selang ini bisa diandalkan di banyak pengerjaan serta medan apapun yang ada dalam proses industri.

  • Dengan ketangguhannya, maka jelas selang dengan bahan nilon adalah selang yang pastinya akan tahan lama.

  • Seperti pada kain nilon, selang nilon juga bisa cepat kering ketika terkena elemen air, hal tersebut karena bahan nilon yang tidak menyerap air.

  • Selang yang terbuat dari bahan nilon adalah selang dengan bentuk tidak mudah berubah, yang mana itu diikuti dengan selang yang memang mudah dicuci dan tidak mudah robek atau bocor. Dengan keunggulan tersebut, maka para pengguna selang ini tidak akan khawatir pada penggunaan selang di berbagai pengerjaannya.

  • Tidak hanya tahan terhadap air, selang yang terbuat dari bahan nilon pun pada dasarnya adalah selang yang tahan terhadap panas, sehingga dengan begitu selang tersebut dapat digunakan di suhu ekstrim sekalipun. Tapi tetap itu juga harus dalam kondisi batas normal atau wajar.

  • Seperti bahan nilon pada kain, selang dengan bahan nilon memang selang yang tahan terhadap kutu, serangga, dan jamur. Jadi penggunaan yang memang berkaitan dengan kemungkinan adanya bakteri tidak akan mempengaruhi begitu kuat pada selang. Tapi tetap Anda sebagai pengguna selang juga harus rutin dan berkala dalam membersihkannya.


Nah itulah artikel dari kami yang membahas mengenai selang nilon, baik keunggulannya dan juga pengaplikasiannya pada berbagai industri yang ada. Sekian dari kami, kiranya jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk selang yang memang terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan selang Toyox kepada Anda semua. Untuk mendapatkan serta mengetahui lebih lanjut mengenai selang Toyox, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Комментарии


bottom of page