top of page

Selang Outlet: Fungsi, Jenis, dan Cara Memilih yang Tepat


Selang outlet merupakan salah satu komponen penting dalam instalasi air di rumah. Fungsinya adalah mengalirkan air dari pipa utama ke berbagai titik di rumah seperti kamar mandi, dapur, dan toilet. Meskipun selang outlet terlihat sederhana, namun pemilihannya harus tepat agar dapat menghindari masalah kebocoran dan kerusakan yang lebih besar di masa depan.


Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai fungsi, jenis, serta cara memilih selang outlet yang tepat untuk kebutuhan instalasi air di rumah.


Fungsi Selang Outlet

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi utama selang outlet adalah mengalirkan air dari pipa utama ke berbagai titik di rumah. Selang outlet terdiri dari dua ujung yang dapat dipasang pada pipa dan shower head, keran, atau perlengkapan air lainnya di sisi lainnya.


Selain sebagai penghubung antara pipa dan perlengkapan air, selang outlet juga dapat digunakan sebagai pengatur aliran air. Dengan memilih selang outlet yang tepat, pengguna dapat mengatur tekanan air dan volume air yang keluar dari shower head atau keran.


Jenis Selang Outlet

Ada beberapa jenis selang outlet yang tersedia di pasaran. Berikut adalah beberapa jenis selang outlet yang paling umum:


1. Selang Outlet PVC

Selang outlet PVC merupakan jenis selang yang paling umum digunakan di rumah. Selang ini terbuat dari bahan plastik yang cukup fleksibel dan tahan terhadap korosi. Selang outlet PVC juga cukup mudah dipasang dan memiliki harga yang terjangkau.


Namun, selang outlet PVC memiliki kelemahan dalam hal daya tahan terhadap suhu panas dan tekanan air yang tinggi. Jika digunakan untuk instalasi air panas atau tekanan air yang tinggi, selang outlet PVC dapat rusak dan bocor.


2. Selang Outlet Stainless Steel

Selang outlet stainless steel terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan tahan lama. Selang ini mampu menahan tekanan air yang tinggi dan tahan terhadap korosi. Selang outlet stainless steel juga lebih fleksibel dibandingkan dengan selang outlet PVC.


Namun, selang outlet stainless steel memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan selang outlet PVC. Selain itu, selang ini juga kurang tahan terhadap suhu panas sehingga tidak cocok digunakan untuk instalasi air panas.


3. Selang Outlet Kuningan

Selang outlet kuningan terbuat dari bahan kuningan yang tahan karat dan tahan terhadap tekanan air yang tinggi. Selang ini juga cukup fleksibel sehingga mudah dipasang.


Kelemahan selang outlet kuningan adalah harga yang cukup mahal dibandingkan dengan selang outlet PVC. Selain itu, selang ini juga cenderung lebih sulit ditemukan di pasaran.


Cara Memilih Selang Outlet yang Tepat

Memilih selang outlet yang tepat sangat penting untuk menjaga kualitas instalasi air di rumah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih selang outlet:


1. Pilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan

Pertimbangkan jenis bahan selang outlet yang akan digunakan untuk instalasi air di rumah. Jika digunakan untuk instalasi air panas, sebaiknya pilih selang outlet yang tahan panas seperti selang outlet stainless steel atau selang outlet khusus air panas. Jika tekanan air di rumah tinggi, pilih selang outlet yang mampu menahan tekanan air yang tinggi seperti selang outlet stainless steel atau selang outlet kuningan.


2. Perhatikan ukuran selang outlet

Pastikan memilih selang outlet dengan ukuran yang sesuai dengan pipa dan perlengkapan air yang akan digunakan. Ukuran selang outlet biasanya ditandai dengan ukuran dalam inci (inches). Pilihlah ukuran yang sama dengan ukuran pipa dan perlengkapan air yang akan dipasangkan agar selang outlet dapat terpasang dengan sempurna.


3. Perhatikan fleksibilitas selang outlet

Pilihlah selang outlet yang cukup fleksibel sehingga mudah dipasang dan dapat menyesuaikan posisi perlengkapan air dengan baik. Selang outlet yang terlalu kaku atau terlalu fleksibel dapat menyulitkan proses pemasangan dan dapat menyebabkan kerusakan pada pipa dan perlengkapan air.


4. Pastikan kualitas selang outlet

Pilihlah selang outlet yang berkualitas dan tahan lama. Selang outlet yang berkualitas dapat mencegah terjadinya kebocoran dan kerusakan pada instalasi air di rumah. Periksa juga label dan sertifikasi produk sebelum membeli selang outlet.


5. Pertimbangkan harga

Terakhir, pertimbangkan harga selang outlet yang akan dipilih. Selang outlet yang berkualitas biasanya memiliki harga yang lebih mahal, namun dapat mencegah kerusakan pada instalasi air di rumah dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama. Pilihlah selang outlet yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan.


Kesimpulan


Selang outlet merupakan salah satu komponen penting dalam instalasi air di rumah. Dalam memilih selang outlet yang tepat, perhatikan jenis bahan, ukuran, fleksibilitas, kualitas, dan harga. Pilihlah selang outlet yang sesuai dengan kebutuhan agar dapat menjaga kualitas instalasi air di rumah dan menghindari masalah kebocoran dan kerusakan yang lebih besar di masa depan.

Comentarios


bottom of page