top of page

Kenapa Selang Tahan Oksidasi Penting untuk Proses Industri?



Apa itu oksidasi? Nah oksidasi adalah salah satu reaksi kimia yang tidak bisa dipisahkan dari reduksi, kedua reaksi ini membentuk reaksi reduksi-oksidasi atau pada umumnya disebut sebagai redoks. Hingga pada kemudiannya itu disebut dengan reaksi redoks yang merupakan suatu reaksi pelepasan dan pengikatan oksigen, redoks. Itu merupakan istilah yang memang kerap digunakan untuk menjelaskan berubahnya suatu bilangan.


Tentunya oksidasi bisa menyebabkan sel-sel dan jaringan tubuh lebih cepat rusak. Jika tidak diatasi dengan segera, maka kondisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini dan berbagai penyakit berbahaya, ini seperti Aterosklerosis dan juga Hipertensi. Tidak hanya tubuh, reaksi oksidasi juga berbahaya untuk hal atau keperluan lainnya. Jadi dengan begitu, tidak heran banyak industri saat ini memilih mengandalkan selang yang tahan akan oksidasi.

Inilah Alasan Kenapa Selang Tahan Oksidasi Penting untuk Proses Industri

Dari pengertian yang sudah kami jelaskan sebelumnya, maka oksidasi memang berbahaya untuk ada di banyak kebutuhan. Tentu itu termasuk pada tiap hal atau bahkan proses yang ada seperti di industri. Oleh karena itu, untuk menghindarkan dari adanya reaksi oksidasi karena memiliki potensi berbahaya, maka banyak industri telah mempertimbangkan menggunakan alat yang tahan oksidasi. Salah satunya jelas adalah selang industri yang memang tahan dengan oksidasi.


Selang industri tahan oksidasi adalah selang yang pastinya tepat bagi proses suatu industri, hal ini karena selang tersebut akan membuat berbagai ketakutan akan oksidasi pun tidak dirasakan karena adanya selang yang tahan oksidasi. Nah untuk lebih jelasnya mengapa selang tahan oksidasi penting untuk proses industri, Anda perlu ketahui beberapa alasannya. Alasannya itu adalah:


  • Tentu tahan oksidasi, karena oksidasi sangat berbahaya untuk banyak hal yang ada di proses industri.

  • Seperti pada industri makanan, maka selang untuk proses yang tepat adalah selang yang memang bisa tahan oksidasi. Ini karena oksidasi tidak baik bila masuk ke tubuh karena akan memicu berbagai penyakit berbahaya. Namun perhatikan juga selang tahan oksidasi sudah memenuhi beberapa persyaratan, seperti food grade salah satunya.

  • Masih di industri makanan, selang yang tidak tahan oksidasi akan memicu reaksi oksidasi pada makanan yang dibuat. Tentu ini tidak baik karena reaksi oksidasi pada bahan pangan bisa mengakibatkan kerusakan mutu pada makanan yang dibuatnya. Jadi makanan sudah tidak menarik, bahkan akan memicu penyakit bila itu dimakan.

  • Kenyataannya, oksidasi juga menjadi salah satu pemicu terjadinya korosi atau karat. Oleh karena itu bisa Anda bayangkan bila unsur oksidasi yang ada tercipta pada selang mengenai material logam di suatu industri. Pastinya itu akan membuat karat yang mana memang itu merugikan bagi banyak industri.

  • Kemudian selang tahan oksidasi menjadi sesuatu yang penting bagi industri, ini karena selang tersebut termasuk dalam kategori selang yang dianjurkan. Bilamana selang yang diandalkan untuk proses industri tidak menggunakan selang yang aman seperti tahan oksidasi, maka industri tersebut nantinya akan mendapatkan masalah serius. Jadi daripada mendapatkan masalah, maka suatu industri yang ingin tetap berjalan haruslah bisa memberikan yang terbaik serta aman untuk masyarakat.


Jadi itulah kenapa selang tahan oksidasi penting untuk proses industri, yang mana utamanya adalah tidak terjadi reaksi oksidasi yang memang berbahaya. Sekian dan semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk selang yang terbaik dan berkualitas, kami rekomendasikan Anda selang dari Toyox. Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lengkap terkait selang Toyox.


bottom of page