top of page

Selengkapnya Tentang Pompa Air Hisap Bawah


Selengkapnya Tentang Pompa Air Hisap Bawah

Untuk mengenal pompa air hisap bawah, tentu Anda perlu mengenal pompa pendorong atau nama lainnya adalah submersible. Perbedaan yang menonjol dari keduanya adalah masalah fungsi dan kegunaannya. Anda mungkin lebih familiar dengan pompa hisap bawah daripada pompa pendorong. Ini disebabkan pompa hisap lebih utama, sedangkan pompa submersible sebagai booster penambahan tekanan air.


Tentunya, jika dilihat dari segi konstruksi, pompa pendorong dan pompa hisap memiliki komponen yang berbeda-beda. Anda bisa mengenalinya dari saklar otomatis yang digunakan. Pompa pendorong atau booster cenderung menggunakan flow switch, sedangkan pompa hisap menggunakan pressure switch. Untuk mengenali pompa air yang Anda gunakan setiap harinya, khususnya pompa air hisap bawah, baca ulasan ini hingga selesai!


Apa Itu Pompa Hisap Bawah?

Pompa hisap bawah memiliki kegunaan yang mirip dengan tipe pompa lainnya, yakni memindahkan air dari titik satu ke titik lainnya. Selain itu pompa hisap bawah juga sering ditemukan pada varian pompa air dengan satuan yang dinyatakan dalam meter. Terdapat saluran masuk pada pompa hisap, dimana ini menjadi jalan masuknya air menuju tangki, dan ini menjadi area hisap pada pompa.


Tekanan hisap ditunjukkan pada seberapa besar air yang masuk melalui saluran hisap menuju tangki. Beberapa pompa ditentukan kualitasnya berdasarkan tekanan yang masuk dalam satuan meter, serta ini menentukan seberapa banyak air yang dihisap menuju ke tangki. Dalam mengenal pompa air hisap bawah, ada dua jenis instalasi yang digunakan untuk menghisap air menuju tangki rumah, sebagai berikut.


  1. Instalasi yang dialirkan secara langsung dari sumber air menuju rumah, kemudian ditampung ke tangki (tandon). Air yang tersimpan akan digunakan beberapa kali sesuai kebutuhan pemiliknya. Biasanya dengan instalasi ini, kualitas air akan menurun, karena terlalu lama tersimpan di dalam tangki, hingga bercampur dengan jamur ataupun lumut.

  2. Instalasi yang membuat air sumber dialirkan menuju tangki dengan menggunakan pompa. Biasanya, pemasangan ini dilakukan lebih tinggi dari bangunana rumah. Kemudian, air tersebut dialirkan ke jejaring instalasi pipa air di dalam rumah. Untuk kualitas air yang dihasilkan dengan instalasi ini cukup baik, karena tandon tetap terjaga kebersihannya, sedangkan pasokan air tetap terpenuhi.



Mengenal Pompa Air Hisap dari Kelebihannya

Pompa hisap bawah tentunya memiliki keunggulan utama, bila dibandingkan tipe lainnya. Berikut penjelasan untuk setiap keunggulan pompa air ini.


  • Priming, Anda tidak lagi memikirkan cara kerja pompa hisap bawah. Hal ini karena fungsinya yang berjalan secara otomatis, dengan cara penyimpanan langsung ke area pompa. Cara ini menjadikan mesin bekerja secara semestinya, dan menjaga tetap prima.


  • Efisiensi, ini ditujukan saat terjadinya tekanan fluida positif yang masuk ke dalam pompa (jika posisinya terendam). Kondisi seperti ini lebih menguntungkan, karena semakin banyak yang dihisap, tetapi energi yang dikeluarkan sedikit.


  • Pemeliharaan dan Aksesibilitas, jika pompa dipasang di luar cairan yang dipompa, maka perawatan mesin dapat dilakukan secara berkala. Katup harus dipasang sebelum saluran dimasukkan ke dalam pompa, kemudian juga dimudahkan saat pompa dikeluarkan dari aplikasinya.


Berikut penjelasan panjang tentang pengertian pompa hisap bawah sekaligus kelebihannya, supaya Anda mengenal pompa air hisap bawah secara menyeluruh. Jika Anda sedang membutuhkan konsultan, untuk membeli produk pompa sesuai kebutuhan, bisa berkunjung ke website Indah Jaya Group. Di sana, Anda dapat mengenali beberapa produk unggulan seputar pompa air, baik pompa dorong ataupun hisap. Semoga bermanfaat!

コメント


bottom of page