Kenapa Sinyal Hilang Saat Mati Lampu? Yuk Simak Disini Penyebabnya



Pemadaman listrik yang terjadi, tentunya akan merugikan banyak pihak, mulai dari kerugian kerusakan, hingga terjadinya kerusakan ataupun kerugian macam-macam lainnya. Namun dari semua kerugian tersebut, ada kerugian yang mungkin dianggap sepele, yaitu ketika terjadi mati lampu maka sinyal biasanya akan juga ikut mati alias hilang dengan alasan yang masih kurang diketahui.


Tentunya sinyal hilang juga adalah kerugian yang tidak boleh dianggap sepele, karena berkomunikasi, internetan, dan sebagainya yang menggunakan gadget juga membutuhkan sinyal. Nah lalu apa sih penyebab sinyal hilang saat terjadi mati lampu? Bagi anda yang tidak tahu dan segera ingin tahu, maka kami sarankan anda cari tahu jawabannya dengan menyimak artikel ini selengkapnya!


Inilah Alasan dan Penyebab Kenapa Sinyal Bisa Hilang Saat Terjadi Mati Lampu

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, sinyal hilang tidak boleh dianggap sepele, karena dengan tanpa adanya sinyal, maka anda tidak bisa berkomunikasi dengan seseorang dari jarak jauh, baik itu tidak penting maupun hal penting. Tidak hanya sinyal seluler, sinyal koneksi wifi juga bisa hilang karena terjadinya pemadaman listrik, dan untuk mengetahui penyebabnya maka anda bisa ketahui dengan menyimak ulasan berikut ini!


Sinyal bisa hilang saat mati lampu bisa disebabkan karena adanya gangguan dari BTS, dikarenakan BTS memerlukan sumber daya dari listrik, sehingga tanpa adanya arus listrik maka sinyal pun juga akan ikut menghilang. Meskipun kini BTS sebagian besar sudah dilengkapi dengan baterai cadangan yang mampu bertahan sekitar beberapa jam saat listrik padam, tetapi itu bukanlah jaminan bahwa BTS bisa bertahan lama tanpa adanya listrik. Selain itu anda juga perlu tahu bahwa ada juga beberapa BTS yang belum dilengkapi baterai cadangan.


Hal lain yang menyebabkan sinyal hilang saat listrik padam, adalah dari sumber listrik BTS yang memang pada umumnya bersumber dari listrik PLN. Jadi dengan begitu, untuk mengatasi masalah mati lampu atau listrik padam, maka baterai-baterai dari BTS akan bekerja secara otomatis aktif menggantikan sumber listrik utama yang padam.


Namun sebelum benar-benar anda prediksi bahwa sinyal hilang karena BTS yang berkaitan dengan mati lampu, perlu juga anda ketahui alasan lain sinyal bisa hilang. Karena bisa saja sinyal hilang bukan dari mati lampu melainkan masalah lain yang memang kebetulan berbarengan dengan mati lampu. Dan sinyal bisa hilang selain dari BTS yang berkaitan dengan mati lampu, adalah sebagai berikut:

  • Perangkat anda sedang dalam luar jaringan dari operator, sehingga sinyal hilang dengan sendirinya.

  • Server sinyal operator sedang dalam kerusakan, perbaikan, ataupun gangguan teknis sebagainya. Yang mana jelas akan berimbas pada hilangnya sinyal.

  • Terjadinya bencana alam, seperti banjir, kebakaran, gempa bumi, dan sebagainya yang bisa membuat tower pemancar sinyal rusak.

  • SIM Card anda sudah tidak aktif lagi, itu karena pulsa atau kuota tidak pernah diisikan.

  • Anda masih aktifkan mode pesawat, yang mana itu membuat sinyal hilang secara otomatis.

  • Kabel sambungan ada yang terputus, sehingga seperti sinyal wifi akan menghilang dengan cepat.

  • Dan gangguan lainnya yang berhubungan dengan sinyal lainnya.

Jadi itulah alasan mengapa sinyal bisa hilang ketika terjadi mati lampu, yang mana itu dikarenakan BTS yang tidak terpancarkan oleh aliran listrik. Ketika sinyal hilang, maka baik menggunakan Genset juga anda akan sulit memperbaiki masalah tersebut, karena sinyal hilang hanya bisa diperbaiki dari pusatnya saja.


Sekian artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga bisa jadi manfaat bagi anda dan juga yang lainnya, dengan cara anda share artikel ini kepada yang lainnya juga. Bagi anda yang berniat ingin memiliki Genset atau ingin menggantinya dengan yang terbaik, maka kami rekomendasikan kepada anda Genset Tenka, dan mengenai produk tersebut maka anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com