top of page

Sistem Pengendalian Pompa: Meningkatkan Efisiensi dan Keandalan Pompa Celup Anda



Pompa air yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan pompa air biasanya, tentunya itu adalah pompa celup. Itu karena pompa celup berbeda dengan jenis pompa air lainnya yang secara garis besar sistem operasinya menyedot air. Pada submersible pump atau pompa celup, ia bekerja dengan mendorong air ke permukaan. Namun yang paling menarik, pompa celup memiliki kelebihan bisa digunakan secara tanam atau terendam.


Menggunakan pompa celup daripada pompa air biasa akan membuat beberapa pekerjaan Anda menjadi lebih efisien, sehingga dengan begitu membuat pamor pompa celup lebih terkenal dari pompa air biasanya, sehingga ia banyak dipilih daripada pompa air biasanya. Nah sebelum Anda punya pompa celup, maka Anda atau Anda yang sudah punya pompa celup bisa terlebih dahulu mengetahui sistem pengendalian pada pompa celup di artikel ini!


Inilah Sistem Pengendalian Pompa Celup yang Bisa Tingkatkan Efisiensi Pekerjaan


Pompa Submersible atau yang biasa disebut sebagai pompa celup, merupakan pompa sentrifugal yang prinsip kerjanya adalah mengubah energi kinetis atau kecepatan putaran menjadi suatu energi potensial. Nah energi potensial tersebut dapat digunakan untuk mendorong air atau cairan dari sumber air ke permukaan. Tentunya energi ini dihasilkan dari suatu impeller yang berputar dalam casing atau rumah pompa celup tersebut.


Jadi pada dasarnya cara kerja pompa celup itu berbeda dengan jenis pompa air lainnya. Jika pompa air seperti jet pump kerjanya ialah dengan cara menyedot air lalu mendorong air. Maka pada pompa submersible atau celup bisa bekerja karena memang cara kerjanya ialah dengan cara mendorong airnya menuju ke permukaan. Pompa celup pun juga bisa mensyaratkan adanya ketinggian minimal air yang dapat dipompa. Nah syarat ini harus dipenuhi agar pompa celup dapat bekerja dengan baik dan terus bisa tingkatkan efisien pengerjaannya.


Pengendalian pompa celup pun harus benar-benar tenggelam di dalam air atau cairan yang akan dipompakannya. Nah dengan pengerjaannya tersebut, maka motor pada pompa celup pun akan dibungkus dan dikemas secara rapat dan kedap air. Pompa celup memang bisa diandalkan di banyak tempat, karena memang pompa celup biasanya pada sekelilingnya akan diisi dengan minyak guna melindunginya dari kerusakan. Tujuan pun jelas bisa mencegah masuknya cairan apapun yang dapat menyebabkan korsleting ke dalam motor pompa, yang mana itu mempengaruhi kinerja mesin.


Andalan Pompa Celup yang Memang Bisa Tingkatkan Efisiensi Kerja

Nah cara kerja pompa air celup akan bisa terus efisien, dikarenakan pompa celup memang terkenal tidak akan memboroskan energi untuk menarik cairan ke dalam pompa,berbeda dengan pompa air lainnya. Yang juga tidak boleh dilupakan pada pompa celup adalah motor mesinnya yang dapat didinginkan oleh cairan yang ada di sekitarnya, sehingga itu bisa mencegah terjadinya overheating pada pompa tersebut. Pengendalian pompa celup bisa digunakan dikarenakan ia memiliki sumber energi dari sumber tegangan tinggi, yakni dengan besaran tinggi tegangan sekitar antara 3 kV hingga 5 kV.


Tentunya energi tersebut dapat digunakan untuk menggerakkan motor khususnya yang dikemas secara kedap air yang dapat bekerja bahkan pada suhu tinggi sampai dengan sekitar 300 °F atau 149 °C dan pada tekanan yang mencapai sekitar 5000 psi atau 34 Mpa, dari suatu sumur dalam yang tingkat kedalamannya mencapai hingga 12.000 kaki atau 3,7 km. Faktanya pompa celup tidak memiliki spesifikasi daya hisap seperti pada model pompa air permukaan, alasannya karena pompa celup umumnya hanya ada ukuran kapasitas total head dalam satuan meter dan power yang diukur dengan satuan (pk) dan juga pengukuran kapasitas debit air yang menggunakan satuan hitung liter per detik (I / sec).


Jadi itulah yang perlu Anda ketahui dan pahami dari pengendalian pompa celup yang memang dapat tingkatkan efisiensi. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua untuk mengenal pompa celup. Jika Anda tertarik dengan pompa celup, maka yang terbaik dan berkualitas dari kami adalah pompa celup Tsurumi. Nah Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk mengetahui lebih lanjut tentang Tsurumi.


bottom of page