Solusi Konektor Selang Air Jika Mengalami Kebocoran


Solusi Konektor Selang Air Jika Mengalami Kebocoran

Konektor selang air merupakan salah satu alat yang sangat berguna dalam irigasi. Alat ini berguna untuk menyambungkan antara satu selang dengan selang lainnya sehingga bisa lebih panjang dan bercabang.


Konektor selang merupakan alat yang sebenarnya cukup akrab dalam aktivitas masyarakat. Akan tetapi beberapa orang mungkin masih asing dengan benda ini karena memang lebih banyak digunakan untuk keperluan irigasi dan akuarium.


Ada banyak jenis konektor selang air yang dijual saat ini. Anda bisa memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan alat ini kegiatan irigasi menjadi lebih praktis dan efisien.


Sebelum membahas tentang cara mengatasi konektor selang yang mengalami kebocoran. Simak dulu jenis-jenis konektor selang yang beragam dan bervariasi di bawah ini.


Jenis-jenis Konektor Selang Air yang Beragam


Secara umum, jenis konektor selang sangat banyak dan beragam. Anda bisa memilih jenis konektor yang sesuai dengan kebutuhan selang. Berikut ini beberapa jenis konektor selang yang bisa menjadi referensi untuk irigasi:


Konektor Valve Offtake


Konektor selang air jenis ini disebut juga dengan konektor kran. Hal tersebut karena konektor valve offtake memang dilengkapi dengan kran yang dapat digunakan untuk mengatur jalur mana akan dialiri oleh air.


Konektor Offtake


Konektor jenis ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis valve offtake. Yang membedakan hanya terdapat pada krannya saja. Jenis ini tidak dilengkapi dengan kran pengatur sehingga air akan mengalir secara keseluruhan.


Konektor Lay Flat Kepala Biru


Seperti namanya, konektor selang air jenis ini memiliki kepala yang berwarna biru. Kepala tersebut berfungsi sebagai pengunci selang yang cara menggunakannya cukup diputar ulirnya sampai kencang saja.


Konektor Lay Flat


Konektor lay flat sepintas mirip dengan jenis sebelumnya hanya saja tidak dilengkapi kepala biru. Cara menggunakan konektor ini juga hampir sama dengan jenis sebelumnya yaitu penguncian selang cukup memutar ulirnya saja.


Masing-masing jenis konektor selang di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jadi pastikan membeli jenis konektor selang yang tepat.


Cara Mengatasi Kebocoran pada Konektor Selang Air


Meskipun terbuat dari material yang kuat, tidak jarang konektor selang mengalami masalah seperti kebocoran. Hal tersebut biasanya terjadi karena konektor selang pecah atau retak sehingga membuat aliran air menjadi bocor yang menyebabkan saluran irigasi menjadi terganggu.


Untuk mengatasi konektor selang air yang bocor ada beberapa langkah cara mengatasinya. Langkah pertama adalah putus aliran air kemudian buka dan lepaskan konektor selang secara perlahan-lahan agar tidak membuat selang atau pipa distributor menjadi rusak.


Selanjutnya cek kondisi konektor selang untuk memastikan kerusakannya. Jika masalah kebocoran terjadi karena ulir yang terlepas, maka Anda cukup mengencangkannya kembali dengan cara memutar ulirnya untuk mengatasi permasalahannya.


Akan tetapi jika penyebab kebocoran konektor selang air karena adanya kerusakan, maka Anda perlu melakukan perbaikan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan lem atau bahan lainnya untuk memperbaiki konektor selang sebelum dipasang kembali.


Jika kerusakan konektor selang cukup parah, maka Anda perlu menggantinya dengan konektor yang baru. Anda bisa memilih konektor selang yang terbuat dari bahan plastik atau logam sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi jika ingin lebih awet, konektor logam adalah pilihan terbaik.


Mau konektor selang yang berkualitas dan jaminan anti bocor? Anda bisa membeli di Toyox. Kami menyediakan konektor selang air dengan kualitas terbaik sehingga lebih awet dan tahan lama. Jadi tunggu apalagi, pesan sekarang juga dan dapatkan harga terbaik kami.