top of page

Solusi Ramah Lingkungan: Pompa Celup Tenaga Surya



Tenaga atau energi surya, merupakan tenaga yang berupa sinar dan panas dari matahari. Energi atau tenaga ini pun adalah energi yang ramah lingkungan, dikarenakan ia adalah energi yang dapat dimanfaatkan dengan menggunakan serangkaian teknologi seperti pemanas surya, fotovoltaik surya, listrik panas surya, arsitektur surya, dan fotosintesis buatan. Karena bermanfaat, maka tenaga surya sudah diandalkan di banyak peralatan.


Salah satu peralatan yang ternyata banyak orang tidak tahu bahwa ada yang menggunakan tenaga atau energi surya, adalah pompa celup. Tentunya dengan menggunakan pompa celup tenaga surya, maka itu sudah menjadi langkah tepat atau solusi tepat dalam mewujudkan suatu kegiatan yang ramah lingkungan. Mengapa demikian? Untuk lebih mengenal pompa celup tenaga surya, maka Anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Mengenai Pompa Celup Tenaga Surya yang Ramah Lingkungan


Mengenal Pompa Celup Tenaga Surya

Seperti namanya, pompa celup tenaga surya jelas adalah pompa celup tapi bukan sembarang pompa celup, melainkan pompa celup yang menggunakan tenaga surya sebagai energi penggeraknya. Jelasnya, pompa celup tenaga surya adalah pompa air atau pompa celup yang daya listriknya disuplai oleh pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Itu dilakukan dikarenakan memang sistem pompa celup tersebut pada umumnya tidak menggunakan baterai dan bisa bekerja selama ada sinar dari matahari.


Pompa celup tenaga surya umumnya akan dilengkapi dengan DC motor brushless 3 fasa. Jadi dengan demikian pompa celup tersebut akan bisa memiliki rentang tegangan kerja (Range voltage) yang lebih besar dibandingkan motor AC. Lalu pada controller pompa celup akan mengatur tegangan dan arus ke motor brushless 3 phase (u,v,w) serta kecepatan putaran motor yang dapat disesuaikan. Tentunya pompa celup tenaga surya akan cocok diaplikasikan pada saluran irigasi maupun sumur bor berdiameter mulai 3 - 4.5 inchi, serta dapat bekerja juga memompa air hingga 10 jam per-hari dalam kondisi cuaca cerah.


Cara Kerja dari Pompa Celup Tenaga Surya

Cara kerja dari pompa celup tenaga surya adalah dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi utamanya. Dengan begitu, sinar matahari yang dipancarkan oleh alam akan langsung ditangkap oleh panel surya yang selanjutnya dikonversi menjadi energi listrik. Lalu arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya adalah berupa arus listrik searah (DC). Dari arus DC ini dapat langsung dimanfaatkan oleh alat-alat yang berbasis arus DC, atau dikonversi ke arus bolak-balik (AC) menggunakan inverter jika ingin digunakan untuk alat-alat berbasis AC.


Sisa energi yang ada pun ternyata dapat disimpan di dalam baterai untuk penggunaan selanjutnya atau pada malam hari di saat membutuhkannya. Untuk mendukung cara kerja pompa celup tenaga surya, maka arus listrik DC yang sudah dihasilkan tersebut akan langsung dialirkan ke pompa sebagai tenaga penggeraknya. Pompa celup tenaga surya yang dipakai dalam sistem tenaga surya adalah selalu jenis pompa submersible atau pompa air celup, itu karena memang pompa celup jauh lebih efisien dibandingkan dengan pompa air biasanya.


Nah jadi itulah artikel dari kami yang membahas segalanya tentang pompa celup tenaga surya. Semoga artikel ini jadi manfaat bagi Anda semua dalam mengenal pompa celup tenaga surya yang memang menjadi solusi untuk ramah lingkungan. Jika Anda tertarik dengan pompa celup, maka kami rekomendasikan yang terbaik dan berkualitas untuk Anda, yakni pompa celup Tsurumi yang ada di IndahJaya.com


Comments


bottom of page