top of page

Informasi Lengkap Tentang Struktur Organisasi Bengkel yang Wajib Diketahui



Tidak hanya perusahaan atau industri saja, bengkel ternyata juga memiliki struktur organisasinya, yang mana memang itu adalah dasar dari bengkel untuk tetap bisa berjalan pada setiap kegiatannya. Tidak hanya 1 bengkel apalagi bengkel resmi saja, semua bengkel pun harus memiliki struktur organisasi yang tepat, karena tanpa itu maka segalanya yang berkaitan dengan bengkel bisa menjadi kacau dan tidak tepat sasaran.


Nah melalui artikel ini pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan kepada Anda struktur organisasi tepat yang ada dalam bengkel, yang mana tentunya itu sangat bermanfaat bagi Anda yang memang ingin membuka usaha bengkel. Jadi bagi Anda yang memang berencana membuka usaha bengkel motor atau mobil, maka sebelum menyiapkan segalanya, ada baiknya Anda ketahui struktur organisasi bengkel yang tepat seperti di artikel ini!


Informasi Lengkap Mengenai Struktur Organisasi Bengkel yang Wajib Untuk Diketahui

Apa itu struktur organisasi bengkel? Struktur organisasi bengkel otomotif baik motor atau mobil, adalah suatu pengaturan atau penempatan personal yang dibuat pada bengkel otomotif, yang mana itu berguna melakukan tanggung jawabnya sesuai dengan pekerjaan masing-masing. Nah struktur organisasi yang ada di bengkel pun sebenarnya memiliki beberapa jenis dan juga beberapa tanggung jawab sesuai dengan peran para struktur organisasi bengkel.


Jenis Struktur Organisasi Bengkel

  • Fungsional: Merupakan struktur organisasi bengkel yang sering digunakan berdasarkan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Contohnya seperti pimpinan, personalia, teknik, dan karyawannya.

  • Divisional: Struktur yang memang dikelompokkan berdasarkan kesamaan layanan, pasar, produk, ataupun fisik geografis. Ciri dari struktur adalah biayanya yang lebih tinggi, dan cenderung hanya ada pada perusahaan menengah ke atas. Dengan struktur ini, maka perusahaan akan memetakan tiap bawahan yang mempunyai tanggung jawab dan wilayahnya masing-masing.

  • Lini: Adalah struktur yang menghubungkan secara langsung dengan atasan, seperti cocok di RT, rumah makan, perbengkelan, dan sebagainya. Struktur ini memiliki keuntungan, yaitu dapat langsung bertanggung jawab pada atasan. Lalu untuk kelemahannya sendiri adalah bergantung pada seorang saja.

  • Lini dan Staff: Merupakan struktur kombinasi yang sangat menjunjung tinggi kedisiplinan ilmu. Kemudian spesifikasinya pun sangat memudahkan kontrol, dengan kelemahan yang kurang dapat terpusat.

  • Komite atau Proyek: Adalah struktur yang memiliki anggota yang berwenang. Tentunya semua mempunyai peran karena terjadi musyawarah. Namun struktur ini memiliki kelemahan jika terjadi masalah, sehingga struktur ini cenderung akan sering menghindari atau saling lempar tanggung jawab jika terjadi masalah.

  • Matriks: Struktur ini adalah struktur kombinasi antara struktur fungsional dan struktur divisional, yang mana tiap jenis bengkel berbeda.


Peran Tugas dari Para Struktur Organisasi Bengkel

  • Direktur: Atau kepala bengkel, struktur organisasi tertinggi ini bertugas memimpin berlangsungnya perusahaan atau bengkel yang dipimpinnya.

  • Service Advisor: Bisa dibilang juga sebagai kepala mekanik, yaitu bagian dari struktur organisasi yang bertugas mengatur dan mengkoordinir mekanik dalam melakukan pekerjaan. Kemudian ditambah juga dengan mengontrol berbagai keluhan pelanggan tentang service yang dilakukan oleh mekanik.

  • Front Desk/Counter: Bagian dari struktur organisasi yang bertugas menerima keluar masuk pelanggan yang datang untuk melakukan berbagai jenis layanan yang ada di bengkel.

  • Mekanik: Layaknya mekanik pada umumnya, bagian dari struktur organisasi ini mempunyai tugas untuk melakukan servis pada kendaraan yang datang dan masuk pada antrian. Baik itu berupa servis maupun perawatan kendaraan lainnya yang diinginkan oleh pelanggan.

  • Sparepart: Sesuai dengan jabatannya, ia bertugas menjaga bagian jual beli atau pengambilan suku cadang yang dibutuhkan oleh mekanik. Keluar masuk barang suku cadang pun akan selalu dicocokkan dengan administrasi yang ada.

  • Cleaning: Atau pencuci kendaraan para customer. Tentunya ia memiliki kegunaan untuk membersihkan kendaran para pelanggan, yang mana itu setelah dilakukan perawatan dari bengkel.

  • Office Boy/Girl: OB jelas memiliki kegunaan dan tugas dalam menjaga lingkungan bengkel tetap bersih dan sesuai SOP.


Jadi itulah informasi lengkap mengenai struktur organisasi bengkel yang perlu Anda ketahui. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan semuanya. Setelah mengetahui struktur organisasi bengkel, maka Anda yang ingin buka usaha bengkel perlu memiliki peralatan bengkel yang tepat, yang mana perkakas terbaik untuk itu adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


Comentarios


bottom of page