Tahapan Cara Kerja Manual Chain Hoist Secara Benar


Tahapan Cara Kerja Manual Chain Hoist Secara Benar

Manual Chain Hoist masih kerap digunakan meski eksistensi alat berat tipe elektriknya tengah diminati. Manual bukan berarti tidak akan mempermudah pekerjaan pengangkatan dan perpindahan muatan.


Pada dasarnya, kedua fungsi tetap sama yaitu sebagai peralatan penunjang di berbagai bidang industri. Bisa sebagai alat konstruksi, rigging dan pengiriman. Mengurangi beban manusia yang mungkin tidak kuat memindahkan muatan.


Tipe ini juga memiliki cara kerja, perawatan khusus dan bagian masing-masingnya sendiri. Hadir dengan bentuk struktur sederhana, alat ini diperuntukan untuk Anda yang ingin membangun atau tengah mengerjakan proyek.


Hal yang Perlu Diperhatikan Operator Chain Hoist


Struktur manual chain hoist terdiri dari kombinasi rantai, katrol, tali dan tuas. Gunanya sebagai komponen yang membantu mencengkram atau memindahkan muatan dengan stabil serta aman.


Selain alat berat harus dalam kondisi baik, operator penggunanya juga tidak luput dari perhatian. Karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi kelancaran proses serta minim risiko kecelakaan kerja.


Pemeriksaan Awal Chain Hoist Demi Keamanan Pengguna


Menggunakan manual chain hoist dalam proses pengangkatan dan perpindahan barang meski dijamin alat berat aman. Namun tetap memiliki risiko ketika hoist mencengkramnya. Karena itu, ada baiknya melakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah hoist sudah terpasang dengan benar dan tepat. Demi menghindari cidera serius pada operator atau muatan rusak dan Anda merugi.


Sebabnya, terus pantau pemeriksaan awal dari seluruh bagian alat berat. Jangan pernah sepelekan hal yang berdampak pada ancaman nyawa seseorang dan sekitar. Pertimbangkan kembali sebelum menggerakan manual chain hoist tersebut.


Jika menemukan hal tidak biasa, jangan ragu untuk menghubungi pihak atau tim yang lebih berpengalaman untuk menindaklanjuti. Sehingga Anda dapat dipandu atau mengerti kondisi yang ada.


Hal yang Harus Dihindari oleh Pengguna Chain Hoist


Untuk bisa mengoperasikan manual chain hoist Anda harus tahu beberapa aturan dan hal yang perlu dihindari. Sama seperti sebuah alat pada umumnya, secanggih atau sekuat apa saja pasti tetap mempunyai limit.


Begitu juga dengan alat berat yang berfungsi sebagai pengangkat dan pemindah muatan besar ini. Setelah menemukan tim berpengalaman, dan meminta salah satu menjadi operatornya Anda harus melihat dari segi kapasitas.


Jangan memaksakan muatan bila tidak sesuai dengan ketentuan maksimalnya. Karena hanya meningkatkan risiko kecelakaan kerja. Selain itu, tetap sediakan area luas dibawah alat menghindari cidera pekerja jika beban terjatuh.


Tambahan lain, sebaiknya jangan pernah menggunakan alat berat untuk tugas ini dengan kondisi rusak. Pertama tidak efektif, kedua berbahaya untuk keselamatan.


Tahapan Cara Kerja Manual Chain Hoist Secara Benar


Chain Hoist tetap sangat efektif untuk digunakan Anda dan tim ketika ingin memindahkan suatu muatan besar, meski tidak memanfaatkan daya listrik. Selain itu, alat berat ini memerlukan tenaga manusia.


Tetapi bukan sebagai pencengkram muatan, namun bantuan penggerak. Memiliki rantai tertutup dengan bentuk melingkar seperti roda. Dilengkapi katrol besar dan kecil untuk menarik beban. Sebagai bayangan cara kerjanya, Anda bisa menyimak penjelasan berikut:

  1. Alat berat ini menggunakan sistem teknologi gigi demi meningkatkan kekuatan pada chain hoist-nya. Mekanismenya, ketika operator menarik rantai memakai tangan, maka operasi gigi mengubah katrolnya.

  2. Sesaat katrol berubah, beban pada rantai juga semakin berat. Pengait yang mencengkram ujungnya akan turun.

  3. Ketika operator menggerakan atau menarik rantai pada lingkaran berukuran kecil, maka chain akan langsung meningkatkan tenaga serta kekuatannya. Sebab, rasio giginya menyatu dengan sistem kerja manual itu sendiri.

  4. Dalam proses mekanismenya seorang operator atau pengguna memiliki peran serupa seperti sistem rantai.

Setiap vendor atau suatu proyek besar pembangunan memiliki hak untuk menentukannya. Namun, manual chain hoist memiliki fungsi dan kelebihan yang tidak kalah dari elektrik, sehingga penggunaannya juga masih menjadi pilihan.