Beberapa Tanaman Air Untuk Kolam Ikan yang Murah dan Tahan Lama



Melihat adanya kolam ikan saja, sudah membuat keindahan pada suatu tempat. Tetapi kolam ikan yang bisa membuat semakin indah dan natural, adalah kolam ikan yang dilengkapi dengan tanaman-tanaman hias. Kolam ikan dengan tanaman, adalah kolam ikan yang sudah banyak ditemukan pada kolam-kolam ikan yang ada, tetapi sayangnya tidak semua tanaman bisa bertahan lama di kolam.


Memilih tanaman terutama tanaman air untuk kolam dibutuhkan pengetahuan terlebih dahulu, karena jika tidak maka tanaman air yang anda pilih akan bisa cepat mati atau tidak tahan lama. Sebelum anda memutuskan untuk membeli tanaman air untuk kolam ikan anda, maka terlebih dahulu kami sarankan simak artikel ini selengkapnya. Dikarenakan di artikel ini kami akan berikan rekomendasi tanaman air murah dan awet untuk kolam ikan.

Inilah Rekomendasi Tanaman Air Murah dan Tahan Lama untuk Kolam Ikan Anda

1. Hydrilla

Hydrilla atau biasa disebut sebagai ganggang rantai, adalah tanaman air yang menyerupai seperti ganggang dengan warna hijau seutuhnya. Tanaman tersebut tentunya awet dan kuat di air karena memang kehidupannya ada di air. Selain bisa menjadi tempat untuk ikan berteduh ataupun bertelur, tanaman tersebut ternyata bisa juga untuk membantu menjaga kebersihan kolam ikan. Hal tersebut karena tanaman Hydrilla bersifat oksigenasi, sehingga mampu meningkatkan kadar oksigen di dalam air.

2. Lemna

Mungkin asing didengar oleh anda, karena memang tanaman ini biasanya disebut sebagai tanaman “mata ikan” atau “mata lele”. Tanaman hijau air tersebut, merupakan tanaman yang paling mudah dan sering ditemukan pada kolam-kolam ikan di beberapa tempat. Selain itu tanaman dengan daun-daun mengapung serta akar sejati atau batang dan hidup menggerombol tersebut, merupakan tanaman yang banyak kegunaan. Selain awet dan indah, Lemna bisa berguna untuk ikan memijah, merawat telur, berlindung, makan, dan sebagainya. Tidak lupa juga, Lemna bisa berfungsi sebagai pencuci polutan.

3. Eceng Gondok

Tidak perlu diragukan lagi, selain indah, tanaman air Eceng Gondok adalah tanaman bermanfaat yang sudah dipercayai sebagai tanaman paling sering digunakan di kolam-kolam ikan yang ada. Memiliki bunga di atas dan mengapung di air, membuat Eceng Gondok semakin menjadi favorit di kolam ikan, selain itu manfaat terbaiknya selain keindahan adalah kegunaannya untuk membantu membuat kolam ikan menjadi lebih bersih. Eceng Gondok juga bisa tahan lama, itu karena ia dapat beradaptasi dengan perubahan yang ekstrem pada ketinggian air dan arus air.

4. Bambu Air

Bambu biasa saja sudah sangat berguna dan bermanfaat, dan pastinya awet. Nah maka dari itu bambu air juga memiliki kegunaan yang sama dengan bambu pada umumnya. Bambu air dapat bertahan lama dan juga bisa memperindah kolam ikan anda, lalu selain itu berguna untuk tempat ikan bermain, berlindung, dan pastinya bisa mencegah benda dari atas air masuk secara langsung ke dalam air kolam ikan. Jangan lupakan juga, bambu air juga tergolong sebagai tanaman air yang murah dan mudah didapatkan.

5. Teratai

Bicara tanaman air, pastinya harus ada Teratai. Teratai adalah tanaman air yang mengapung, dimana menyerupai bunga indah di atas air. Selain cantik untuk kolam ikan anda, tanaman teratai juga bisa bermanfaat untuk membersihkan kolam ikan yang anda punya, itu karena ia mempunyai kemampuan untuk menyaring kotoran atau polutan yang ada di dalam air. Teratai adalah tanaman air yang mudah dan murah untuk anda punya, selain itu banyak varian warna yang bisa anda pilih dan sesuaikan dengan yang anda mau.


Itulah artikel pada kali ini yang memberikan rekomendasi tanaman air murah dan tahan lama pada kolam ikan. Tanaman air memang bermanfaat dan berguna untuk kolam ikan, tetapi jangan lupakan juga peran penting dari pompa seperti pompa celup, yang mana bisa membantu air pada kolam tetap jernih. Untuk rekomendasi pompa celup, kami rekomendasikan pompa celup Tsurumi, yang mana anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.