Tanda-tanda Kapasitor Pompa Rusak Harus Segera Diganti


Tanda-tanda Kapasitor Pompa Rusak Harus Segera Diganti

Dalam mesin atau pompa air terdapat kapasitor yang berfungsi untuk membantu awal pompa mulai dinyalakan pertama kalinya. Tanda-tanda kapasitor pompa rusak sudah bisa diidentifikasi dari mulai penyalaan mesin.


Jika kapasitor rusak maka sudah seharusnya cari pengganti kapasitor tersebut dengan segera supaya bisa beroperasi kembali. Namun untuk sekarang ini tidak sulit untuk membeli kapasitor pompa air yang baru karena banyak toko online yang menyediakan lengkap semua merk.


Tanda-tanda Kapasitor Pompa Rusak Parah


Pompa yang rusak sebenarnya sangat mudah diketahui bahkan hanya dengan melihat penampilan luarnya saja. Tanda jika kapasitor sudah mulai rusak ialah body kapasitornya menggembung atau meleleh seakan terkena api yang panas.


Namun, bisa juga kerusakan terjadi pada kapasitor yang body nya masih bagus dan mulus. Untuk kondisi yang demikian maka perlu pemeriksaan pompa lanjutan menggunakan beberapa cara berikut:

  • Siapkan alat-alatnya terlebih dahulu seperti Avometer (ohm meter) dan juga kapasitor yang akan diperiksa

  • Dalam avometer setting ke pengukuran Ohm

  • Selanjutnya kalibrasi dengan menyentuhkan dua jarum pengukur. Lihat apakah jarum di layar melakukan pergerakan

  • Hubungkan probe hitam (negatif) avometer ke kutub negatif kapasitor

  • Kembali hubungkan probe merah (positif) avometer ke kutub positif kapasitor

Jika langkah di atas sudah dijalankan semuanya maka tinggal perhatikan apakah jarum di layar bergerak. Tiap pergerakan memiliki perbedaan makna yaitu:


Apabila jarum melakukan gerakan naik lalu kembali lagi maka pertanda kapasitor dalam keadaan baik. Berbeda jika jarum bergerak naik namun tidak kembali lagi maka kapasitor rusak, dan jika jarum tidak bisa naik sama sekali maka kapasitor tersebut rusak parah.


Untuk melihat kapasitor rusak juga bisa langsung melihat bagaimana kondisi pompa air. Terjadi tanda-tanda kapasitor pompa rusak jika daya dorong air mulai lemah, putaran awalnya terganggu sehingga butuh bantuan tangan dan pompa air tidak mau bergerak sama sekali.


Kapasitor menjadi komponen yang paling penting sehingga jika sudah rusak parah jalan satu-satunya adalah mengganti dengan yang baru. Jika memang sudah terjadi tanda-tanda di atas maka segera periksa kondisi kapasitor.


Pompa air sendiri memiliki beberapa tipe dan jenis yang punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Untuk mencegah banyaknya kerusakan pada pompa air maka kenali tipe yang Anda pilih atau setidaknya konsultasi terlebih dahulu dengan penjual sebelum membelinya.


Semakin kesini semakin banyak jenis pompa air keluaran terbaru. Kapasitor pompa air menjadi spesifikasi utama yang harus diperhatikan kualitasnya.


Untuk menentukan jenis pompa air terbaik harus disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Jika memang hanya untuk kebutuhan rumah tangga tanpa banyak penghuni di rumah akan berbeda pompa airnya dengan yang memakainya di bidang industri.


Air yang tidak bisa lepas dari kebutuhan manusia membuat manusia wajib untuk memilih pompa air terbaik supaya lebih mudah mendapatkan air untuk kebutuhan.


Kerusakan pada pompa umumnya ada yang hanya kerusakan rendah namun ada juga yang rusak parah sehingga air tidak bisa keluar sama sekali. Manusia yang sudah tidak bisa lepas dari air akan sangat terganggu jika hal ini terjadi.


Itulah sekumpulan tanda-tanda kapasitor pompa rusak. Jika ingin mencari salah satu toko terbaik penyedia mesin pompa bisa dilihat di http://indahjaya.com. Indah Jaya menyediakan lengkap pompa air yang juga memberi kualitas terbaik dengan harga kompetitif.