top of page

Tang Pemotong Kabel: Fungsi dan Teknik Penggunaannya yang Efektif



Perkakas yang memang hampir dibutuhkan di banyak sektor pekerjaan adalah tang. Itu karena memang tang sudah dari dulu menjadi salah satu alat perkakas yang sering sekali digunakan dalam banyak kebutuhan. Dengan perannya tersebut, maka tang pun kini sudah banyak sekali macam-macam jenisnya. Tentunya banyaknya jenis tang juga pastinya akan memiliki fungsinya tersendiri yang berbeda satu dengan tang lainnya yang ada.


Guna umum tang adalah menjepit dengan kuat objek yang ingin dijepit, baik dalam menarik, memutar, atau bahkan lain sebagainya. Tapi dari semua itu, tang paling lebih dibutuhkan dalam hal memotong, yakni memotong kabel listrik atau kabel apapun yang memungkinkan. Memang pada dasarnya beberapa tang yang ada bisa untuk memotong kabel, tapi sebenarnya ada tang khusus yang lebih condong tepat untuk memotong kabel secara benar dan efektif.


Informasi Lengkap Mengenai Tang Pemotong Kabel yang Penggunaannya Sangat Efektif


Fungsi dari Tang Pemotong Kabel yang Perlu Anda Pahami

Tang yang memang bisa berguna dalam memotong kabel adalah tang cucut, yakni jenis tang yang sudah memang menjadi langganan untuk sering digunakan dalam teknik listrik, itu karena listrik berhubungan dengan kabel. Tang cucut memang bisa memotong kabel, dikarenakan itu dari bentuknya yang mirip dengan ikan cucut, yang mana bentuk cucut tersebut memang dikhususkan untuk memotong kabel lebih efektif dibandingkan gunting atau cutter.


Dengan mulutnya yang cucut (long nose plier) alias runcing serta panjang, maka tang tersebut dapat dipergunakan juga untuk pengerjaan pada ruang yang sempit. Seperti dalam mencabut, memasang, atau menggunting kabel pada ruang terbatas yang berdekatan dengan komponen besar. Tang yang bisa digunakan untuk potong kabel hingga potong kawat ini adalah tang yang memang juga dapat digunakan dalam fungsi lainnya yang memungkinkan, seperti membelokan kabel, hingga fungsi umum tang yakni untuk menjepit.


Inilah Penggunaan Tang Pemotong Kabel Secara Efektif

Untuk menggunakan tang cucut dalam memotong kabel, sebenarnya Anda pun harus melalui beberapa tahapan. Nah karena pada dasarnya kabel itu terdiri dari kulit hingga pada bagian dalam kabel serta tembaganya, maka yang paling pertama untuk dipotong adalah dengan melakukan pengupasan kulit karet kabel terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menggunakan tang khusus, seperti tang pengupas kabel (wire stripper) atau tang lainnya yang memang memungkinkan untuk potong kulit dari kabel.


Namun sebelum benar-benar ingin memotong kabel dengan tang pemotong kabel, maka ada baiknya kabel yang tersambung tersebut benar-benar mati, alias tidak terhubung dengan daya aliran listrik. Tujuannya jelas agar pekerjaan Anda bisa menjadi aman, yang mana korsleting hingga kesetrum tidak muncul dan menimpa Anda. Barulah setelah itu Anda lakukan pemotongan kabel, yang mana memotong kabel bisa ditempat yang bersih serta cukup cahaya agar Anda bisa menyesuaikan potongan yang Anda mau.


Jika memang memungkinkan cabut kabel, maka cabutlah atau juga jika memang bisa tarik kabel sampai panjang maka tariklah dengan perlahan sampai benar-benar kabel sudah mencapai batas panjang maksimal. Kemudian untuk eksekusi pemotongan kabel, pastikan perkakas seperti tang Anda ada dalam kondisi yang bersih terutama kering. Hal tersebut penting agar komponen kabel tidak rusak atau mengalami kerusakan lain yang berbahaya bagi Anda.


Dalam memotong kabel, pastikan Anda pegang tang potong kabel dengan tangan jari yang sempurna alias erat. Selanjutnya dilanjutkan dengan buka gagang tang sepenuhnya lalu letakkan kabel di bagian dalam pemotongnya, yang mana kemudian tempatkan kabel di pemotong tepat di titik yang ingin di potong. Pastikan potong dengan sudut yang tepat, atau jika ingin menyambung kabel maka potong tidak sampai menembus tembaganya.


Sekian artikel dari kami mengenai fungsi serta penggunaan yang efektif dalam menggunakan tang pemotong kabel. Semoga jadi manfaat bagi Anda semua dalam memahami pemotongan kabel yang sempurna dengan menggunakan tang. Jika tertarik ingin memiliki tang atau perkakas lainnya yang terbaik dan berkualitas, maka perkakas Tenka tepat adanya, yakni yang ada di IndahJaya.com


Comments


bottom of page