Berikut Tata Cara Menggunakan Obeng dengan Baik dan Benar



Salah satu perkakas bernama obeng adalah alat yang terbaik dan akan selalu digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut, bisa juga mur, ataupun sekrup. Namun tentu banyak diantara anda yang tahu, bahwa baut, mur, atau sekrup itu tidak memiliki kesamaan pada ulir kepala, bentuk, dan sebagainya. Sehingga dengan begitu maka dibutuhkanlah obeng yang tepat pada baut atau mur yang tepat juga.


Meski sudah mempunyai obeng pada baut atau mur yang tepat, sayangnya banyak ditemukan beberapa orang yang salah dalam menggunakan perkakas terkenal tersebut. Oleh karena itu bilamana ada diantara anda yang memang masih tidak tahu cara menggunakan obeng yang tepat dan benar, maka artikel kami yang berisikan penjelasan cara menggunakan obeng yang baik dan benar bisa anda simak selengkapnya!


Inilah Tata Cara Menggunakan Obeng dengan Baik dan Benar yang Perlu Anda Pelajari

Meski tahu kegunaan obeng untuk mengencangkan atau mengendorkan baut atau mur, tetapi banyak yang masih belum tahu cara benar menggunakan obeng untuk hal tersebut. Bahkan walaupun ada yang sudah tahu, tetapi ada juga yang salah dalam menggunakannya, baik saat memutar obeng ataupun lainnya yang tidak diketahui. Nah maka dari itu agar anda tidak lagi melakukan kesalahan saat menggunakan obeng, maka berikut tata cara yang bisa anda pelajari dan juga tiru:


  1. Pastikan obeng yang memang digunakan sudah tepat dengan ulir pada baut, mur, ataupun sekrup yang akan dikaitkan dengan obeng.

  2. Lalu jika memang ingin dipasang atau dilepas baut atau mur yang sesuai, maka anda bisa mendorong dan juga putar obeng yang mata obengnya sudah masuk pada kepala dari baut yang sesuai.

  3. Perlu diperhatikan, jika anda ingin berniat membuka baut atau mur, maka putar obeng ke arah berlawan jarum jam (ke kiri), begitu juga dengan sebaliknya (ke kanan).

  4. Jangan lupa sebelum memutar ke arah yang anda inginkan, maka pastikan grip atau handle pada obeng sejajar lurus. Nah hal itu agar baut tidak menyebabkan slek dari obeng yang salah digunakan. Selain itu hal tersebut juga dapat membuat obeng tidak meleset saat memutar baut atau mur tersebut.

  5. Jika saat mau melepas baut terasa keras untuk diputar, maka dengan begitu gunakan tenaga yang berlebih, atau bisa dengan mengandalkan tenaga anda yang disalurkan pada tekanan obeng tersebut. Ketika obeng ditekan, maka segeralah coba memutarnya ke arah buka.

  6. Untuk memasang baut atau mur, maka saat melakukan pengencangan baut, anda perlu mengencangkannya sampai baut atau obeng sudah tidak bisa diputar lagi. Nah hal itu untuk memastikan agar komponen yang terpasang kuat. Namun anda juga bisa untuk tidak terlalu dikencangkan, karena yang penting terpasang dengan benar tanpa adanya kesalahan.


Jadi itulah tata cara yang benar dalam menggunakan obeng dengan baik dan juga benar. Namun sekali lagi jangan lupakan saran dari kami, yang mana obeng harus disesuaikan dengan baut atau mur pada jalur yang tepat, sehingga dengan begitu maka tidak menimbulkan masalah atau kendala lainnya. Lalu saran kami lainnya, anda juga perlu rutin menjaga obeng dengan benar, karena obeng yang ditaruh di tempat sembarangan apalagi digunakan pada kegunaan yang salah, maka jelas obeng tersebut lama-kelamaan akan rusak dan tidak lagi dapat digunakan sebagai obeng.


Sekian dari kami, kiranya jadi manfaat untuk anda dan juga yang lainnya, dalam memahami cara menggunakan obeng yang baik dan juga benar. Jika anda tertarik dengan obeng terutama dengan kualitas terbaik, maka obeng atau perkakas tersebut adalah Tenka. Mengenai perkakas Tenka, semua itu bisa anda ketahui lebih lanjut hanya di IndahJaya.com