top of page

Tekanan Operasional Maksimal Selang: Batas-Batas yang Perlu Anda Ketahui



Tekanan adalah satuan yang dapat digunakan untuk mengukur kekuatan dari suatu cairan atau gas. Satuan tekanan sendiri dapat dihubungkan dengan satuan volume (isi) dan suhu. Semakin tinggi tekanan di dalam suatu tempat dengan isi yang sama, maka suhu akan semakin tinggi. Hal ini dapat menjelaskan mengapa suhu pada daerah tinggi lebih rendah daripada di dataran rendah, ini karena di dataran rendah memiliki tekanan yang lebih tinggi daripada sebaliknya.


Suatu pengerjaan yang berkaitan dengan tekanan cairan atau udara, ada pada penggunaan pompa, yang mana pompa juga akan memerlukan perantara yakni pipa dan juga selang. Meski begitu, selain pompa, selang juga ternyata memiliki tekanan yang dapat mempengaruhi operasional dari pengerjaannya, yang mana ada tekanan maksimal serta minimal. Untuk mengetahuinya, maka Anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Mengenai Tekanan Operasional Maksimal Selang dengan Batas-Batasnya


Selang memiliki perbedaan pada jenisnya, yang mana itu diikuti dari ukuran, berat, radius tekuk, bahkan tekanan yang mampu ditahan oleh suatu selang. Tentunya tekanan kerja maksimal dari suatu selang yang didesain dan dianjurkan, itu ada terkait pada mesin yang tersambung, yang mana itu biasanya dijelaskan dalam satuan MPa, PSI ataupun Bar. Oleh karena itu, pengaruh besar bagi selang yang dapat memiliki tekanan, ada pada sambungan selang yang tersambung, seperti pada mesin atau pompa.


Nah faktanya, semakin panjang suatu selang atau semakin kecil suatu selangnya, maka itu akan mengalami hambatan atau penurunan tekanan yg signifikan. Jadi panjang ukuran serta diameter selang dapat mempengaruhi maksimal tekanan yang dapat disalurkan pada selang yang tersambung. Kemudian diameter pada selang juga dapat mempengaruhi tekanan operasional dari suatu selang, begitu juga dengan beratnya, hingga ukuran radius selang saat dia dibengkokkan.


Cara Mengetahui Tekanan Operasional Maksimal Selang agar Tahu Batasannya

Dari tekanan yang diberikan dari mesin atau pompa, itu akan mengalir dari selang ke permukaan yang dituju. Nah adapun tekanan yang ada, semua akan tergantung dari spesifikasi selang tersebut, yang mana itu akan berpengaruh pada debit air atau udara yang keluar melalui selang tersebut. Tentunya mengetahui berapa tekanan operasional selang, cara mudahnya Anda ketahui spesifikasi selang tersebut yang tertera berbeda pada beberapa produsen selang. Ini juga berlaku bagi selang khusus yang diperuntukan untuk tekanan tinggi bagi suatu air maupun udara.


Tekanan dikenal sebagai gaya per satuan luas, yang dinyatakan dalam satuan Newton per meter persegi (N/m²), atau Pa. Jadi satu Megapascal sama dengan 10.000.000 Pa, atau 10.000 kPa. Oleh karena itu, Megapascal adalah satuan yang lebih besar dari Pascal, dan sering digunakan untuk mengukur tekanan yang lebih besar. Ini juga bisa ada pada tekanan selang yang memang beragam. Nah adapun MPA pada selang dapat diukur menggunakan alat pengukur tekanan yaitu manometer. Itu karena ia dapat bekerja dengan mengukur perbedaan tekanan antara dua titik pada sistem dengan cara memasang manometer di bagian atas atau bawah sistem, atau dengan menggunakan manometer yang terhubung langsung pada sistem.


Jadi itulah tekanan operasional maksimal dari selang yang bisa Anda ketahui agar Anda dapat tahu batasannya. Semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Untuk selang terbaik serta berkualitas, maka kami rekomendasikan selang dari Toyox. Mengenai selang dari Toyox, Anda bisa mengetahui lebih lanjut hanya dengan mengunjungi IndahJaya.com


Comments


bottom of page