Inilah Beberapa Teknik Pemberian Pakan Pada Udang yang Perlu Diperhatikan



Pakan adalah makanan yang diberikan kepada hewan, seperti hewan darat, air, dan juga hewan-hewan lain yang notabene adalah peliharaan atau untuk budidaya. Jadi dengan begitu, maka jelas hewan-hewan yang dipelihara, diternak, atau dikembang biakan akan bergantung pada manusia, alias si pemberi pakan atau yang memeliharanya. Namun memberi pakan pada hewan itu tidak sama, mulai dari jenis makanannya, waktu makan, dan juga cara memberi makannya.


Seperti salah satu contohnya adalah memberi pakan pada udang yang berada di tempat budidaya seperti tambak. Dimana dalam memberi makan atau pakan pada udang memerlukan teknik yang tentunya perlu diketahui, terutama bagi Anda pemilik budidaya atau tambak udang. Nah maka dari itu, melalui artikel ini kami akan bantu Anda dalam memberikan teknik yang benar untuk memberi pakan pada udang. Oleh karena itu silahkan simak selengkapnya!


Inilah Beberapa Teknik yang Benar dalam Memberikan Pakan Pada Udang

Teknik Manual

Yaitu teknik yang menebarkan pakan secara langsung tanpa peralatan apapun. Nah agar pakan bisa dijangkau oleh udang, maka saran dari kami Anda sebaiknya mematikan kincir pada tambak, kurang lebih selama 15 menit sebelum pakan udang ditebar. Tentunya itu perlu dilakukan, guna mengurangi arus yang ada pada tambak, sehingga dengan begitu maka pakan tidak langsung terbawa oleh arus yang ada.


Lalu dengan mematikan kincir juga selama beberapa menit sebelum penebaran pakan, juga termasuk dalam aksi yang sangat efektif dalam meningkatkan jangkauan udang terhadap pakan yang diberikan. Jangan lupa, Anda juga perlu memperhatikan bentuk pakan yang diberikan. Nah apabila pakan yang diberikan dalam bentuk seperti powder atau bubuk, maka sebelum ditebarkan sebaiknya Anda basahi terlebih dahulu. Hal itu guna menghindari pakan yang terbuang akibat dari hembusan angin saat ditebar.


Teknik Menggunakan Mesin

Teknik menggunakan mesin biasanya akan menggunakan mesin auto feeder. Nah mesin auto feeder sendiri adalah sebuah alat atau mesin yang dapat menampung pakan, yang mana itu juga bisa digunakan untuk melepaskan pakan dalam waktu dan jumlah tertentu sesuai dengan kebutuhan dari yang diinginkan. Tentunya penggunaan auto feeder dinilai lebih praktis, dikarenakan pemilik tambang tidak perlu berkeliling kolam tambak hanya untuk memberi pakan.


Dengan menggunakan mesin ini, maka penebaran pakan akan jauh lebih efisien waktu dan tenaga, selain itu mesin ini juga dapat diatur berapa jumlah pakan yang diberikan secara merata, serta jarak waktunya antara pemberian pakan. Sehingga dengan begitu bukan hanya menghemat tenaga dan waktu, melainkan juga bisa membuat pemilik tambak tidak kerepotan. Jadi dengan demikian, maka jelas sekali auto feeder adalah yang terbaik, karena ia efesien hingga bisa membuat pakan yang diberikan menjadi lebih stabil dikarenakan adanya sistem auto.


Namun banyak yang tidak tahu juga, masih ada kelebihan lain dari auto feeder ini, yaitu kelebihan yang bisa mengurangi tingkat kanibalisme pada suatu tambak. Hal itu bisa terjadi karena memang semua udang pastinya akan dapat makan dengan baik, dikarenakan pengisian ulang pakan juga lebih mudah, serta mampu juga mengurangi penggunaan tenaga kerja yang dinilai dapat menekan biaya produksi, alias bisa menguntungkan para pemilik tambak.


Jadi itulah 2 teknik terbaik dalam memberikan pakan pada udang. Semoga bermanfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah bilamana Anda tertarik dengan pompa celup yang bisa diandalkan untuk keperluan tambak, maka rekomendasi kami ada pada produk Tsurumi yang ada di IndahJaya.com