top of page

Teknik Pemeliharaan Selang Industri untuk Durabilitas Maksimal


Seperti hal nya makhluk hidup dan tubuh manusia, mesin yang ada pada pekerjaaan juga memerlukan perawatan ekstra, khususnya mesin dan peralatan yang ada pada industri. Hal ini dilakukan untuk menjaga performa optimal alat, yang mana juga secara tidak langsung bisa mencegah kerusakan dan meningkatkan kinerja alat di suatu industri. Layaknya mesin, selang industri juga termasuk dalam peralatan industri yang perlu dirawat dengan tepat.


Perlu disadari oleh para pengguna selang industri dan para pekerja, bahwa material pada selang industri akan memiliki kemungkinan tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Pasalnya selain penggunaan yang salah, perawatan selang industri yang tidak pernah diterapkan atau salah diterapkan bisa menjadi kendala bagi selang itu sendiri. Oleh karena itu penting sekali mengetahui serta melakukan teknik pemeliharaan selang industri yang tepat.


Inilah Teknik Pemeliharaan Selang Industri untuk Meningkatkan Durabilitas Maksimalnya


Alasan mengapa pentingnya melakukan pemeriksaan pada selang industri begitu juga pentingnya melakukan pemeriksaan yang tepat, adalah untuk menjaga selang industri agar bisa tetap digunakan secara prima atau jauh dari yang namanya kerusakan. Tentu itu menjadi poin penting bagi industri, karena selang yang tidak dipelihara yang menimbulkan masalah, pastinya dampaknya adalah merugikan, baik itu dengan skala kecil ataupun besar. Nah adapun teknik pemasangan selang industri yang tepat yang bisa tingkatkan durabilitas maksimal adalah:


Mengaplikasikan Spiral Guard Hose pada Selang Industri

Ini merupakan komponen yang seperti dengan namanya, yaitu mampu untuk melindungi fisik dari selang, seperti selang industri. Tentu penggunaan hose spiral guard yang ada, sudah sangat terbukti dapat mencegah berbagai kerusakan selang industri, baik hidrolik, PVC, atau lainnya. Ini karena dengan perlindungan tersebut, maka selang industri dapat aman dari paparan terik matahari, serta aman juga dari gesekan antar sesama permukaan mesin maupun selang atau objek lainnya.


Lakukan Lubrikasi pada Komponen Tertentu di Selang Industri

Lubrikasi atau pelumasan menjadi faktor penting dalam memberikan kemungkinan durabilitas selang industri menjadi maksimal. Ini karena dengan pelumasan di komponen logam yang ada pada selang seperti connector, mampu memberikan keluwesan selang saat disambungkan. Atau bisa memiliki manfaat dalam menghindari adanya potensi karat atau korosi.


Tentu setiap pelumas yang ada memiliki jenis serta spesifikasi yang dapat disesuaikan untuk kebutuhan pressure mesin maupun selang industri itu sendiri. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan jenis pelumas yang memang disarankan oleh buku panduan maupun dari teknisi ahlinya.


Menjaga Pressure Maksimum Selang Industri

Atau tepatnya menjaga penggunaan selang yang tidak melebihi kapasitas maksimalnya. Tentu layaknya peralatan lain, penggunaan yang melebihi batas pada selang industri pun bisa membuat selang tersebut lama-kelamaan tidak dapat digunakan dengan durabilitas yang sempurna. Jadi pastikan penggunaan selang industri tidak melebihi kapasitas yang dianjurkan, baik suhu, tekanan, ataupun lain sebagainya.


Menjaga Kebersihan Selang Industri

Langsung saja, jika selang industri yang digunakan ada dalam keadaan kotor. Maka kotoran pada selang industri akan membuat dampak buruk bagi penggunaannya. Selain bisa mengkontaminasi air, udara atau gas dalam selang, kotoran pun bisa menjadi penghambat untuk selang dalam bekerja. Seperti pergerakan selang yang terhambat, selang menjadi mampet, atau lainnya yang bisa saja membuat selang industri lepas dengan sendirinya. Jadi penting sekali membersihkan selang industri, yakni secara tepat dan berkala.


Itulah teknik pemeliharaan selang industri yang perlu Anda lakukan pada selang industri Anda, yakni agar selang industri tersebut bisa memiliki durabilitas sempurna dan juga maksimal. Sekian artikel dari kami, semoga bisa jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Bilamana Anda tertarik dengan selang, maka kami rekomendasikan yang terbaik serta berkualitas dari Toyox. Mengenai selang Toyox, Anda bisa mengetahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com


Comentarios


bottom of page