top of page

Teknik Pengangkatan Beban dengan Crane: Best Practices



Angkat berat atau benda telah menjadi suatu pekerjaan paling lazim di banyak sektor pekerjaan, khususnya industri dimana lingkungan kerja bisa membahayakan atau penuh resiko, terutama pada lokasi-lokasi seperti petrokimia dan energi. Pekerjaan pengangkatan di industri-industri seperti ini memerlukan banyak persiapan dan diperhitungkan dengan cermat agar pekerjaan heavy lift dapat dilakukan dengan cara yang aman dan efektif.


Adapun itu bisa dilakukan dengan menggunakan alat berat seperti crane, yang mana dengan crane maka lifting beban berat dan besar bisa menjadi lebih efisien lagi. Namun menggunakan crane yang tidak diikuti dengan pelatihan serta pemahaman, itu hanya akan berujung pada kemungkinan besar terjadinya kesalahan kerja hingga kecelakaan. Jadi betapa pentingnya untuk mengetahui cara menggunakan crane, terutama saat mengangkat beban berat.


Inilah Teknik Pengangkatan Beban dengan Crane yang Bisa Anda Pelajari


Secara umum, crane memiliki beberapa jenis yang berbeda, yang mana jenis tersebut terdiri dari berbagai pengoperasian yang cenderung ada perbedaan. Oleh karena demikian, maka sebaiknya para pekerja operator crane perlu memperhatikan aspek-aspek khusus pada crane yang hendak digunakan. Adapun cara menggunakannya yang tepat adalah dengan menggunakan teknik yang bisa Anda ikuti atau coba latihan seperti berikut ini:


  1. Layaknya penggunaan crane lainnya, sebelum menggunakan crane untuk mengangkat beban berat, maka Anda bisa periksa dulu overhead crane secara visual, safety lock, hingga selalu pastikan hook dan sling dalam kondisi baik untuk digunakan.

  2. Setelah semua dirasa sudah aman untuk digunakan, maka untuk angkat beban dengan crane Anda harus hidupkan switch breaker dulu, lalu test crane tanpa beban.

  3. Kemudian untuk memastikan lagi keamanan, Anda bisa pastikan keselamatan dan keamanan wilayah kerja dan barang yang akan diangkat. Yakni dengan memakai pakaian safety.

  4. Kemudian memastikan berat yang akan diangkat tidak melebihi kapasitas dari overhead crane juga penting adanya.

  5. Selanjutnya pilih sling yang akan dipakai diameter dan panjangnya, yang mana itu harus sesuai dengan berat beban yang akan diangkat.

  6. Langsung ikat beban yang akan diangkat tersebut dengan baik dan benar.

  7. Angkat beban secara perlahan dan jika bergerak usahakan jarak dengan lantai yang tidak terlalu tinggi.

  8. Perlu diketahui, selama pengangkatan Anda perlu memperhatikan beban yang sedang diangkat, jangan sampai beban bergoyang dan tidak ada yang menghalanginya.

  9. Saat proses lifting, Anda disarankan untuk tidak meninggalkan beban dalam keadaan tergantung.

  10. Berikutnya letakan overhead crane dan beban yang diangkat pada tempat yang aman.

  11. Lalu matikan switch breaker ketika pekerjaan angkat beban dengan crane tersebut selesai.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Crane

Meski sudah mengerti dan paham akan teknik pengangkatan beban dengan crane secara tepat. Maka tidak ada salahnya jika itu diikuti dengan beberapa hal yang harus diperhatikan agar penggunaan crane aman adanya. Ini penting, karena keamanan adalah faktor yang harus diutamakan ketimbang harus menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu. Adapun hal-hal tersebut antara lain:


  • Mengetahui letak dan fungsi dari semua kontrol yang ada dalam kabin crane.

  • Memasang penumpu dan sepatu crane pada permukaan yang rata.

  • Menentukan beban bersih berat barang.

  • Kondisi kecepatan angin tidak melebihi 20 mph.

  • Tidak mengoperasikan crane pada radius dan panjang boom tidak tertera pada daftar beban.

  • Memperhatikan jarak peralatan pengangkatan seperti pancing blok, ABA, dan lainnya dari ujung boom ketika proses penurunan. Ini agar pancing blok tidak menyentuh ujung boom.

  • Memastikan berat beban yang diangkat sesuai dengan panjang boom dan radius operasi.

  • Memperhatikan banyak naik dan turun boom agar tidak terlalu sering.

  • Menggunakan outriggers, atau jika tidak pastikan memakai kunci ayunan as roda belakang.


Jadi itulah teknik pengangkatan beban dengan crane yang bisa Anda pahami atau coba secara aman. Semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Anda yang ingin memiliki atau mengganti crane hoist lama Anda ke crane hoist terbaik serta berkualitas, maka rekomendasinya adalah Elephant Hoist and Crane. Untuk mendapatkannya atau mengetahui lebih lanjut terkait Elephant Hoist and Crane, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Comentários


bottom of page