top of page

Keterlibatan Selang dalam Proses Otomasi: Sebuah Tinjauan



Otomasi merupakan teknik atau proses untuk mengontrol operasi dari suatu alat secara otomatis yang dapat mengganti peran manusia untuk mengamati dan mengambil keputusan. Otomasi pun juga bisa dianggap sebagai sebuah bidang ilmu pengetahuan yang menuntut kepada para penggunanya untuk merubah mesin yang manual menjadi otomatis, sehingga di dalam pengerjaannya otomasi dapat mempermudah proses kehidupan yang ada.


Adapun perkembangan teknologi otomasi pada industri adalah suatu cara tepat untuk mempercepat proses produksi operasional perusahaan. Nah karena merupakan sistem yang digunakan untuk mengontrol dan memantau proses baik mesin atau perangkat, maka penggunaannya juga akan melibatkan selang. Baik itu dalam proses apapun pada otomasi, tentu selang memiliki peranan yang sangat terlibat akan otomasi yang ada.

Inilah Keterlibatan Selang dalam Proses Otomasi yang Perlu Anda Ketahui

Otomasi pada industri dapat dikatakan sebagai sebuah sistem dalam dunia industri yang menggunakan perangkat kontrol dalam hal pengendalian proses operasi. Tentu akan ada prosesnya, yang dimana itu sangat memungkinkan dilakukan secara otomatis tanpa banyak melibatkan campur tangan manusia. Faktanya, peranan manusia dalam hal ini tidak sepenuhnya hilang 100%, akan tetapi setidaknya berkurang sehingga bisa bekerja lebih cepat.


Beberapa alat seperti mesin, proses di pabrik, boiler dan oven pengolah panas bekerja secara otomatis sebagian dan meminimalkan intervensi manusia. Untuk saat ini sendiri sudah banyak diketahui perusahaan yang menerapkan teknologi seperti ini, ini karena ada beberapa alasan yaitu dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya upah kepada tenaga kerja. Jadi dengan begitu, maka para perusahaan pun menjadi lebih hemat pengeluaran daripada sebelumnya.

Inilah Peranan Selang dalam Proses Otomasi

Pada proses otomasi tetap, itu akan membuat mesin industri ditetapkan dengan serangkaian operasi yang tetap dan jarang sekali terjadi perubahan dalam pengoperasiannya. Biasanya otomasi seperti ini digunakan pada proses aliran yang berkelanjutan seperti pada mesin surveyor. Karena melibatkan aliran, maka peranan selang industri penting adanya. Namun bisa juga untuk keperluan lain yang berhubungan dengan otomasi, yakni dalam proses produksi yang masih melibatkan pengaliran fluida.


Dalam sistem otomasi lain yang bisa diprogram, urutan operasi dan konfigurasi mesin akan bisa diubah menggunakan alat elektronik. Nantinya sistem memerlukan waktu dan upaya dalam hal memprogram ulang mesin yang biasanya digunakan dalam proses batch. Salah satu contohnya seperti mesin pemasangan screw otomatis yang bisa melakukan proses pemasangan baut yang diprogram berdasarkan model produk tertentu. Nah peranan selang untuk otomasi ini memang minim menggunakan selang, tapi beberapa hal yang dibutuhkan masih bisa mengandalkan selang.


Lalu ada juga sistem otomasi yang dikendalikan oleh komputer dan diterapkan pada produk yang sering berubah-ubah. Dan Mesin CNC merupakan salah satu contoh otomasi industri fleksibel, tapi sayang selang tidak begitu diandalkan pada prosesnya. Jadi jelasnya, otomasi tidak selalu mengandalkan selang, tapi beberapa otomasi masih bisa memungkinkan menggunakan peran dari selang. Ini seperti selang yang berperan sebagai media penyalur pada mesin otomatis yang memang akan menyalurkan fluida khusus untuk prosesnya.


Jadi itulah keterlibatan selang dalam proses otomasi yang perlu Anda pahami. Semoga dapat Anda pahami serta jadi manfaat bagi semuanya. Untuk selang yang memang terbaik dan berkualitas terutama untuk otomasi, maka rekomendasi kami ada pada selang Toyox. Mengenai selang dari Toyox, Anda bisa ketahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com


bottom of page