Tipe-tipe Konektor Selang Air Distributor yang Perlu Dipahami


Tipe-tipe Konektor Selang Air Distributor yang Perlu Dipahami

Pernah mendengar apa itu konektor selang air? Bagi Anda yang bergelut dalam hal irigasi pasti sudah tidak asing dengan alat ini. Akan tetapi mungkin masih banyak juga orang yang belum tahu tentang alat ini.


Seperti namanya, konektor selang merupakan alat yang berguna untuk menyambung selang. Alat ini biasanya dimanfaatkan untuk mengatur aliran air sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Konektor selang memiliki banyak jenis dan tipe yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.


Secara umum, konektor berfungsi untuk menyambung selang satu dengan selang lainnya agar lebih panjang. Konektor selang air biasanya terbuat dari bahan plastik yang kuat dan ada juga beberapa jenis dilengkapi dengan ulit atau drat.


Konektor selang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Akan tetapi yang paling umum adalah digunakan pada selang air irigasi taman dan juga akuarium. Anda bisa memilih jenis konektor yang sesuai dengan kebutuhan.


Secara umum, konektor dibedakan menjadi dua yaitu konektor untuk selang induk dan konektor untuk selang distributor. Nah kali ini, kami akan membahas tentang konektor untuk selang distributor.


Berbagai Tipe Konektor Selang Air Distributor

Seperti namanya, konektor jenis ini berfungsi untuk menyambung selang yang bertugas mendistribusikan air. Dalam hal ini ada beberapa tipe konektor selang distributor yang bisa Anda gunakan. Antara lain adalah berikut ini:


Konektor Selang Elbow


Seperti namanya, konektor selang jenis ini memiliki bentuk siku-siku. Konektor jenis ini biasanya digunakan untuk memudahkan distribusi air pada jalur yang bersudut atau berbelok sehingga selang tidak perlu dilipat secara manual.


Penggunaan konektor selang air elbow sangat dibutuhkan jika Anda memiliki lahan irigasi yang memiliki sudut. Dengan penggunaan alat ini, Anda tidak perlu melipat selang yang justru berpotensi membuatnya pecah bahkan pecah.


Konektor Selang Tee


Konektor selang tipe ini memiliki tiga cabang sehingga sepintas bentuknya mirip dasi. Konektor selang tipe tee ini biasanya digunakan untuk menyambungkan tiga selang sekaligus di tiga arah yang berbeda sehingga lebih efisien.


Konektor selang tee sangat cocok digunakan untuk lahan yang memiliki irigasi bercabang. Dengan menggunakan konektor selang air tipe ini Anda bisa lebih menghemat biaya dan waktu karena tidak membeli tiga konektor yang berbeda.


Konektor Selang Joinner


Konektor selang joiner merupakan salah satu jenis konektor selang yang paling sering digunakan. Konektor jenis ini umumnya digunakan untuk menyambung satu selang dengan lainnya sehingga menjadi lebih panjang.


Tidak hanya itu, konektor selang air tipe joiner ini juga bisa digunakan untuk menyambung selang yang bocor atau putus. Dengan cara ini Anda tidak perlu membeli selang baru karena bisa tetap dimanfaatkan jika ditambahkan konektor joiner.


Penutup Ujung Selang End Plug


Konektor selang tidak hanya berguna untuk menyambungkan selang saja. Akan tetapi ada tipe konektor selang yang bisa dimanfaatkan sebagai penutup ujung selang atau end plug. Dengan menggunakan alat ini Anda tidak perlu melibat selang secara manual untuk menghentikan aliran air.


Untuk menggunakan konektor jenis ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu memasang konektor ini pada ujung selang kemudian kencangkan ulirnya agar tidak lepas. Dengan begitu aliran air di dalam selang akan terhenti.


Anda bisa menyesuaikan pilihan Anda dengan kebutuhan. Berbagai pilihan konektor selang termasuk tipe konektor selang distributor ini sangat beragam. Beberapa pilihan konektor selang air yang beragam dan pastinya dengan harga yang bervariasi juga.