Tipe-tipe Sambungan Selang Air Distributor yang Bervariasi


95. Tipe-tipe Sambungan Selang Air Distributor yang Bervariasi

Ingin merancang sistem pengairan yang baik? Pastikan Anda telah mengetahui tipe-tipe sambungan selang air distributor untuk memudahkan dalam mengatur laju air sehingga membuat sistem pengairan menjadi lebih optimal.


Dalam sistem pengairan, selang merupakan salah satu komponen utamanya. Selang berfungsi untuk mendistribusikan air dari satu tempat ke tempat lainya. Untuk memaksimalkan cara kerja selang dibutuhkan sambungan agar bisa menghubungkan satu selang dengan selang lainnya.


Seperti namanya, sambungan ini berfungsi untuk menyambungkan antara satu selang dengan selang lainnya. Selain itu, beberapa jenis sambungan untuk selang juga bisa dilengkapi dengan kran sehingga Anda bisa mengatur laju air.


Sambungan selang memiliki berbagai jenis dan bentuk yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, material untuk menyambung selang ini juga banyak jenisnya ada yang berbahan plastik dan ada juga dari material besi.


Perlu Anda ketahui, bahwa secara umum sambungan untuk selang ini biasanya dibedakan menjadi dua yaitu sambungan untuk selang induk dan selang distributor. Akan tetapi kali ini kami hanya akan membahas mengenai sambungan untuk selang distributor saja.


4 Tipe Sambungan Selang Air Distributor


Ada banyak jenis dan tipe sambungan untuk selang air yang beredar di pasaran saat ini. Seperti namanya, perangkat ini berfungsi untuk menyambungkan satu selang dengan selang lainnya. Berikut ini beberapa tipe sambungan untuk selang air distribusi yang perlu Anda ketahui :


1. Sambungan elbow

Sambungan jenis ini memiliki bentuk siku-siku seperti namanya. Jenis ini biasanya digunakan untuk memudahkan distribusi air khususnya pada bagian yang bersudut. Dengan menggunakan sambungan ini, Anda tidak perlu membelokkan selang secara manual.


2. Sambungan tee

Jenis sambungan selang yang kedua adalah tee. Sambungan jenis ini memiliki tiga cabang yang sepintas mirip dasi. Sambungan jenis ini bisa menyambungkan tiga selang sekaligus dari tiga arah berbeda. Cara ini pastinya membuat proses pengairan menjadi lebih efisien.


3. Sambungan joiner

Sambungan joiner merupakan salah satu jenis konektor selang yang paling umum digunakan. Sambungan jenis ini berguna untuk menyambungkan dua selang sekaligus dengan tujuan agar lebih panjang.


4. Sambungan end plug

Satu lagi jenis sambungan selang yang paling umum digunakan untuk selang distributor adalah sambungan end plug. Sambungan jenis ini sebenarnya mirip dengan penutup yang dipasang pada ujung selang. Dengan cara ini Anda tidak perlu melipat selang untuk menghentikan aliran air.


Cara Memilih Sambungan untuk Selang yang Terbaik


Pada dasarnya setiap jenis dan tipe sambungan pada selang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Jadi Anda bisa memilih jenis sambungan untuk selang yang sesuai dengan kebutuhan.


Agar tidak salah pilih, ada beberapa cara memilih sambungan selang yang perlu Anda perhatikan. Hal pertama adalah pilih sambungan berdasarkan materialnya terlebih dahulu. Anda bisa memilih sambungan yang berbahan plastik atau besi.


Selain itu, perhatikan juga pemilihan sambungan pada selang ini dengan kondisi medan. Jika lahan yang ingin diairi cukup jauh dan luas maka Anda perlu tipe sambungan joiner atau tee. Dengan pemilihan jenis yang tepat maka proses pengairan pastinya akan lebih optimal.


Satu lagi hal yang perlu diperhatikan saat memilih sambungan untuk selang adalah budget. Saat ini ada banyak pilihan sambungan dengan beragam tipe dan harga yang bervariatif. Anda bisa memilih jenis sambungan yang sesuai dengan kemampuan.


Meskipun terlihat sepele, untuk membuat sistem pengairan yang optimal diperlukan perencanaan terbaik. Salah satunya adalah dengan memperhatikan pemilihan sambungan selang yang sesuai kebutuhan sehingga hasilnya juga akan lebih optimal.