Tips Membeli Genset Listrik Sesuai Kebutuhan


Tips Membeli Genset Listrik Sesuai Kebutuhan

Genset listrik sangat dibutuhkan oleh perusahaan atau rumah sebagai persiapan back up energi listrik disaat darurat. Keadaan darurat yang dimaksud adalah apabila tiba-tiba PLN mati disaat tidak tepat.


Apalagi sebuah perusahaan yang memiliki produktivitas tinggi dan sangat membutuhkan aliran listrik setiap waktu. Saat terjadi pemadaman maka hadirnya genset sangat diperlukan untuk membantu memberikan daya.


Dapat dibayangkan jika sebuah perusahaan akan mengalami kerugian hanya karena pekerjaan yang tertunda oleh aliran listrik tiba-tiba padam. Adanya genset membantu menghilangkan dampak tersebut bagi perusahaan maupun perorangan.


Perhatikan Ini Sebelum Membeli Genset Listrik


Setelah mengetahui pentingnya memiliki generator set untuk hunian ataupun perusahaan maka Anda perlu memilikinya. Namun kebutuhan genset ini untuk perusahaan dan hunian tentu sangat berbeda.


Jadi sebelum membeli generator set ada baiknya Anda menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum membeli genset, berikut ini adalah uraiannya.


Perhatikan Daya Listrik yang Dibutuhkan


Sebelum membeli genset listrik ada baiknya Anda memperhatikan daya listrik yang dibutuhkan. Anda harus mengetahui berapa watt listrik dari rumah atau perusahaan milik Anda saat ini.


Tipsnya Anda harus membeli generator set dengan daya listrik lebih besar dari kebutuhan rumah atau perusahaan. Hal ini agar daya genset dapat memenuhi kebutuhan penerangan sesuai dengan dayanya.


Daya listrik untuk perusahaan dengan produktivitas tinggi tentu akan berbeda dengan daya listrik rumahan. Oleh sebab itu jangan sampai salam memilih daya sebelum memutuskan untuk membeli genset listrik.


Genset terbaik adalah yang mampu memenuhi kebutuhan konsumsi listrik Anda baik di rumah maupun di kantor. Lalu ingatlah untuk memilih generator set dengan output daya lebih besar dari konsumsi daya listriknya.


Pilih Genset yang Bahan Bakarnya Mudah Ditemukan


Sebelum membeli genset ada beberapa jenisnya sesuai dengan bahan bakar dari mesinnya. Pertama ada jenis dengan bahan bakar Gas, biasanya menggunakan LPG (Liquid Potreleum Gas) atau gas jenis CNG (Compresed Natural Gas).


Lalu ada juga genset dengan bahan bakar diesel yang paling umum dijual dan dibeli kebanyakan orang. Terlebih energi hasil dari bahan bakar diesel bisa mencapai 5000 watt hingga 2.000.000 watt.


Ada lagi genset listrik dengan bahan bakar bensin, jenis ini juga termasuk umum digunakan banyak orang. Khususnya untuk keperluan rumah atau hunian dengan kebutuhan energi minim.


Jika dibandingkan secara kualitas sebenarnya bahan bakar gas memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis lain. Namun hal paling penting selain kualitas adalah ketersediaan bahan bakarnya disekitar Anda.


Dari beberapa jenis generator set berdasarkan bahan bakar tersebut, Anda pilih mana yang paling mudah untuk ditemukan. Sebelum membeli lihat mana persediaan pilihan bahan bakar dilingkungan sekitar.


Anggaran Biaya yang Dimiliki


Saat ingin membeli genset listrik hal paling penting untuk menjadi pertimbangan adalah biaya. Saat memilih barang dengan tujuan membeli pasti Anda paling pertama melihat harganya terlebih dahulu.


Tentu setiap jenis genset akan memiliki harga berbeda, tergantung dari jenis serta besarnya daya energinya. Semakin besar energi daya listrik yang dibutuhkan maka semakin tinggi pula biaya dikeluarkan.


Selain itu kebutuhan antara rumah dan juga kantor sudah pasti mempengaruhi biaya pula. Anda bisa memperhatikan anggaran kantor sebelum memilih generator set mana paling sesuai.


Setelah mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli genset maka Anda dapat langsung menyesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini bisa memudahkan Anda untuk memilih genset listrik terbaik sesuai kebutuhan.