Tips Memilih Manual Chain Block yang Tepat untuk Pemula


Tips Memilih Manual Chain Block yang Tepat untuk Pemula

Memanfaatkan manual chain block untuk mengangkat ataupun memindahkan barang berat memang menjadi solusi yang paling tepat. Sebab apabila kegiatan tersebut dilakukan dengan cara manual, pastinya akan menyulitkan pekerjaan dan memakan waktu cukup banyak bukan.


Adapun chain block sendiri adalah alat yang biasanya digunakan buat mengangkat barang-barang atau muatan secara manual dengan memanfaatkan beberapa komponen penting didalamnya seperti pulley, rantai, pengait hingga roda gerigi.


Sebagian besar dari orang, lebih mengenalnya dengan sebutan alat katrol. Jika dilihat sekilas, manual chain block mempunyai kemiripan dengan chain hoist karena sama-sama digunakan buat mengangkat barang.


Tetapi perbedaannya adalah pada tipe rantai block hanya dapat digunakan buat mengangkat beban dalam posisi vertical. Apabila dipaksakan mengangkat beban dengan horizontal maka bisa membuat mekanismenya menjadi terganggu.


Tips Memilih Manual Chain Block yang Tepat


Sudah mengetahui sekilas tentang alat ini di atas bukan? perlu diketahui bahwa untuk memilih alat satu ini ternyata tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda harus memastikan bahwa barang pilihan tersebut benar-benar dalam kondisi bagus sekaligus berkualitas.


Adapun beberapa hal yang penting untuk diketahui apabila Anda akan membeli alat lifting tersebut di antaranya adalah sebagai berikut


Tentukan Kapasitasnya


Perlu diketahui apabila dalam memilih manual chain block maka harus mengetahui kapasitas yang dibutuhkan terlebih dahulu. Sebab apabila Anda tidak mengetahuinya maka bisa menyebabkan sejumlah masalah di kemudian hari.

Secara umum, kapasitas dari alat ini bermula dar 0,5 ton hingga 50 ton buat melakukan penarikan ataupun untuk mengangkat beban. Itulah mengapa pemilihannya harus disesuaikan dengan material terberat yang akan diangkat dengan alat tersebut nanti.


Perhatikan Mounting


Apabila Anda sudah memahami berapa kapasitas yang dibutuhkan untuk sebuah manual chain block sesuai kebutuhan, Anda juga harus melihat cara pemasangannya. Cek apakah nanti katrol akan dipasang secara tetap ataukah pada troly.

Perlu diingat bahwa kantrol yang akan dipasang pada troli ternyata mempunyai kelebihan tersendiri. Di mana akan memberikan kemudahan untuk memindahkannya ke tempat lain.


Kualitas Bahan


Untuk menemukan produk yang terbaik, Anda juga harus mengecek kualitas bahan tersebut. Mengingat nantinya alat akan bersangkutan dengan material berat sehingga pastikan bahwa kualitasnya sangat bagus dan terbuat dari bahan berkualitasnya. Pastikan bahwa bahan harus terbuat dari campuran baja dengan grade 80.


Panjang Rantai


Tentukan juga Panjang dari rantai yang akan digunakan nanti. Pastikan bahwa rantai beban sama dengan tinggi angkat. Untuk Panjang rantai tangannya sendiri harus kurang setengah meter dari total Panjang angkatnya.


Sparepart yang Mudah untuk Dicari


Tidak bisa dipungkiri jika memilih manual chain block memang bukanlah perkara mudah untuk dilakukan. Selain mengetahui beberapa tips diatas, sebenarnya masih ada beberapa hal yang harus diketahui.


Yakni konsumen harus mengetahui apakah sparepart atau suku cadang mudah ditemukan ataukah tidak. Walaupun terkesan cukup remeh, tetapi memperhatikan ketersediaan suku cadang akan memberikan keuntungan di kemudian hari. Terlebih lagi apabila alat sedang mengalami kerusakan.


Di samping itu, pembeli juga harus pintar dalam menentukan tempat untuk membeli alat lifting tersebut. Pastikan bahwa penjual mempunyai kredibilitas bagus serta bisa dipercaya. Bahkan mereka juga harus menawarkan adanya garansi sebagai jaminan.


Saat ini, menemukan keberadaan alat lifting ini memang sangat mudah untuk dilakukan. Tetapi perlu diingat bahwa, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Temukan manual chain block yang tepat sekarang juga.