Tips Memilih Selang Serat Benang yang Harus Anda Ketahui


Tips Memilih Selang Serat Benang yang Harus Anda Ketahui !

Selang serat benang memiliki banyak fungsi, misalnya untuk menyiram tanaman dan lain sebagainya. Kehadirannya akan membantu Anda dalam berbagai aktivitas karena mudah dipindahkan.


Ukurannya bervariasi namun yang umum terdapat di pasaran adalah 5/8 inci. Jenis ini lebih kaku namun tetap lentur. Kualitas bahannya tidak perlu diragukan lagi, ketebalannya standar dan memiliki serat yang rapat.


Dalam memilih sebuah selang, Anda tidak boleh sembarangan karena setiap jenisnya memiliki ukuran berbeda-beda. Selain itu, bahan pembuatannya juga beragam sehingga harus lebih teliti sebelum membelinya.


4 Tips Memilih Selang Serat Benang


Anda sebaiknya harus selektif ketika memilih di toko agar keberadaannya lebih bermanfaat dan tidak mudah rusak. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan ketika akan membelinya.


1. Sesuaikan dengan Kebutuhan


Pilihlah sesuai dengan kebutuhan saat ini atau yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan sekaligus. Dengan demikian, pengeluaran Anda menjadi lebih hemat.


Selain itu, cek berapa harganya lalu pastikan uang yang dimiliki cukup untuk membelinya. Salah satu jenis selang terbaik yang bersifat multifungsi adalah selang serat benang.


2. Tentukan Ukuran Lubangnya


Anda perhatikan berapa ukuran lubang selang sebelum pergi ke toko. Pastikan ukurannya cocok dengan pipa atau kran di rumah. Hal ini penting karena ukurannya bermacam-macam.


Ukuran yang tersedia antara lain 1/4 inci, 5/8 inci, 1 inci dan 3 inci. Perhatikan juga panjangnya, caranya yaitu mengukur jarak antara sumber air dengan tempat Anda akan menggunakannya.


Semakin panjang selang serat benang maka nilai manfaatnya lebih banyak. Namun, Anda perlu mengetahui cara yang benar untuk merawat sekaligus menyimpannya.


Apabila menghendaki lebih praktis maka belilah selang meteran saja. Tujuannya agar lebih mudah digulung dan tidak memakan banyak tempat ketika menyimpannya.


3. Perhatikan Bahan


Biasanya ketebalan bahan akan mempengaruhi keawetan selang. Semakin tebal bahannya maka kualitasnya semakin bagus karena tidak mudah bocor atau rusak ketika tidak sengaja terinjak.


Selain bahannya tebal juga pilihlah yang materialnya fleksibel sehingga akan mempermudah ketika menggulung selang serat benang. Selain itu, air lebih mudah mengalir dari kran hingga ke tempat tujuan.


Ada 4 jenis bahan terbaik yang bisa dipilih. PVC maupun vinyl umumnya dipakai untuk keperluan sederhana. Berbeda dengan bahan karet, biasanya lebih fleksibel dan bisa diaplikasikan pada medan sulit sekalipun.


Lalu, bahan stainless steel lebih cocok untuk mengalirkan air pada jarak yang tidak begitu panjang. Oleh karena itu, Anda bisa bertanya terlebih dahulu jenis bahannya sehingga tidak salah pilih.


Setelah mengetahui berapa ukurannya, jenis bahan dan kriteria lainnya, kini saatnya memilih toko terpercaya dan memberikan pelayanan terbaik. Dengan demikian, barang-barang Anda terjamin memiliki kualitas bagus.


4. Pilihlah Penambahan Aksesoris yang Sesuai


Terkadang sering dijumpai adanya selang serat benang yang ukurannya tidak sama dengan ukuran kran. Anda tidak perlu khawatir lagi karena ada alat adapter.


Alat tersebut bisa difungsikan untuk menyambungkannya dengan kran atau pipa. Jika tekanan airnya kurang tinggi maka bisa membeli aksesoris tambahan untuk membantu meningkatkan tekanan tersebut.


Lalu, ada alat penggulung yang membuat selang menjadi semakin rapi dan tahan lama. Alat tersebut harganya terjangkau dan cara menggunakannya juga mudah.


Berbagai tips di atas bisa Anda jadikan pertimbangan ketika membeli selang air. Dengan demikian, manfaat dari selang serat benang bisa lebih maksimal dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.