Tips Menggunakan Sambungan Selang Kompresor, Anti Bocor

Ada beberapa tips mudah menggunakan sambungan selang kompresor agar tidak mudah terjadi kebocoran. Sebab, kebocoran selang kompresor memang sering terjadi. Hal tersebut tentu merupakan masalah serius yang perlu penanganan.

Tips Menggunakan Sambungan Selang Kompresor, Anti Bocor!


Tetapi meskipun begitu, beberapa orang masih menganggap remeh permasalahan ini. Mereka berfikir bahwa medianya yang berupa udara merupakan energi yang tidak akan habis. Jadi, bukan masalah besar menurut mereka.


Padahal pendapat itu salah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan selang kompresor mudah bocor. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan bagaimana tips yang baik dalam menggunakan konektor selang kompresor.


Tips Menggunakan Sambungan Selang Kompresor


Kebocoran selang kompresor sering kali terjadi. Itu merupakan salah satu permasalahan serius yang perlu ditangani. Anda tidak perlu bingung, ada beberapa cara menggunakan konektor dengan benar agar tidak mudah bocor.


1. Ikat pengencang mur dengan benar


Apabila Anda telah selesai memasang konektor selang. Pastikan bahwa Anda sudah benar-benar mengencangkan mur dengan benar sesuai kebutuhan. Jangan sampai mur terlalu longgar atau kendor.


Sebab apabila pada sambungan selang kompresor pemasangan mur kurang kencang, hal itu dapat menyebabkan kebocoran sekalipun tidak menekan packing. Namun meskipun begitu, jangan juga memasang mur terlalu kencang.


Karena apabila terlalu kencang dalam memasang mur. Akan menyebabkan logam disekitar lubang menjadi cembung. Ulir akan mudah tergelincir. Hal inilah yang bisa mengakibatkan minyak menjadi mudah sekali bocor.


2. Ganti bagian yang telah menyusut


Apabila Anda sudah terlalu lama menggunakan sambungan selang kompresor. Hal itu akan menyebabkannya mengalami penyusutan secara berlebihan. Contohnya saja pada bagian silinder dan juga piston.


Tidak hanya itu saja, bahkan terkadang juga mengakibatkan tekanan gas menjadi tinggi. Apabila sudah seperti itu, ruang pembakaran akan pecah ke bagian bak mesin. Sehingga oli menjadi bocor.


3. Pasang gasket dengan benar


Tidak hanya mur saja yang harus benar dalam pemasangannya, namun juga gasket. Gasket sendiri berperan sebagai segel untuk mencegah terjadinya kebocoran. Letaknya di antara bagian-bagian konektor.


Bahan material, kualitas pabrik serta cara pemasangannya harus sesuai dengan spesifikasinya, agar tidak mudah terjadi kebocoran. Namun, bila Anda menggunakan sambungan selang kompresor berkualitas, terjadinya kebocoran itu sangat minim.


Itulah pentingnya menggunakan konektor berkualitas. Tetapi tidak tidak hanya itu saja. Namun juga jangan gunakan lem gasket ketika memasang packing mesin, sebab bisa menutup jalur dari water jaket.


4. Jangan lupa periksa katup


Saat menggunakan jangan lupa selalu periksa katup ventilasi. Sebab, katup ini mudah tersumbat kapan saja. Apabila sudah terjadi penyumbatan pada katup ventilasi, suhu di dalam casing akan mengalami kenaikan.


Menyebabkan gas dan juga minyak mengisi seluruh ruang. Jika sudah seperti itu, resistensi piston juga akan ikut mengalami peningkatan. Sehingga bahan bakar konsumsi juga ikut meningkat.


Kemudian terjadilah perbedaan tekanan udara. Hal itulah yang membuat sambungan selang kompresor mudah sekali mengalami kebocoran. Maka dari itu, penting untuk selalu mengecek katup ventilasi, agar tidak sampai terjadi kebocoran.


5. Gantilah segel minyak secara rutin


Apabila Anda tidak benar dalam memasang konektor selang tersebut, jurnal maupun ujung oli segel menjadi berbeda. Hal itu bisa mengakibatkan segel minyak menjadi kehilangan elastisitasnya.


Hilang atau berkurangnya elastisitas tersebut disebabkan karena umur karet yang sudah semakin menua. Dikarenakan sudah sering dipakai dalam waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, perlu menggantinya secara rutin.


6. Pastikan segel


Anda wajib untuk benar-benar memastikan penyegelan pada sambungan pipa minyak. Sebab, apabila Anda sering melakukan bongkar pasang pada mur pipa, kawat akan mudah sekali rusak.


Mur pipa sendiri berguna sebagai penghubung mesin konstruksi. Apabila pada 2 mulut lencing sendi tingkat keakuratannya buruk, akan dapat menyebabkan terjadinya kebocoran minyak. Namun tidak hanya itu saja.


Penyebab lain bisa disebabkan karena garis tengah yang ada pada 2 buah kerucut mempunyai perbedaan ujung lancip. Namun sebetulnya, kelancipan segel masih dapat diperbaiki dengan cara menggiling, agar mur kompak.


Jadi, kini Anda sudah tidak perlu khawatir lagi selang Anda bocor. Sebab, sudah ada beberapa tips mudah menggunakan sambungan selang kompresor yang bisa Anda praktekkan.