Beberapa Tips dan Trik Cara Membuat Kolam Ikan Gurame dengan Mudah



Gurami, Gourami, atau biasa kita sebut Gurame, adalah jenis ikan air tawar yang sudah sangat populer sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Selain banyak dijadikan sebagai ikan untuk dibudidayakan karena banyaknya yang meminati, ikan Gurame juga sering dijadikan sebagai ikan peliharaan pada aquarium dan juga pada kolam-kolam ikan yang ada.


Perlu kalian tahu, membuat kolam ikan untuk ikan jenis Gurame sebenarnya tidak sulit dan juga tidak terlalu mahal dibanding ikan-ikan jenis lain. Tidak percaya? Maka dari itu, bagi anda yang tidak tahu dan ingin tahu cara membuat kolam ikan Gurame dengan mudah, maka simak artikel ini selengkapnya dan ingat serta pelajari baik-baik!

Inilah Tips dan Trik Cara Membuat Kolam Ikan Gurame dengan Mudah

Perlu anda tahu, cara yang akan kami berikan adalah untuk kolam ikan Gurame yang ingin dibudidayakan, karena untuk kolam ikan Gurame sebagai peliharaan, maka anda bisa mengusung konsep kolam ikan pada umumnya. Nah berikut ini, adalah beberapa tips dan trik cara membuat kolam ikan Gurame dengan mudah.

Kolam Ikan Gurame Menggunakan Terpal

Kolam ikan dengan menggunakan terpal adalah kolam ikan yang paling sering digunakan untuk air tawar, apalagi untuk budidaya ikan seperti ikan air tawar Gurame. Nah cara mudah membuat kolam ikan tersebut, anda hanya memerlukan wadah dalam tanah, yang kemudian anda bisa masukan terpal sebagai tampungan airnya. Selain mudah dibuat, kolam ikan tersebut juga murah dan tidak memakan biaya mahal.

Kolam Ikan Gurame dalam Tanah

Jika tidak mau menggunakan terpal, maka anda bisa membuatnya tanpa menggunakan terpal. Kolam ikan Gurame bisa anda buat di bawah tanah, yang mana anda gali ukuran lubang yang sesuai dengan yang anda inginkan. Namun jangan langsung mengisinya, karena lubang tersebut bisa anda tambahkan alas, seperti menggunakan semen, plastik fiber, dan sebagainya yang tahan air dan anti bocor.

Kolam Ikan Gurame Menggunakan Jaring-Jaring

Konsep kolam ikan kurang lebih sama dengan konsep menggunakan terpal, tetapi ada sedikit perbedaan. Membuat kolam ikan Gurame ini, pertama-tama anda harus membuat lubang dengan ukuran kolam yang anda mau, setelah itu pada dinding tanah anda pasangkan jaring-jaring sebagai dinding untuk kolam ikan Gurame anda. Menariknya, konsep kolam ikan Gurame ini cocok digunakan di luar ruangan, seperti di sawah dan sebagainya.


Itulah ketiga cara membuat kolam ikan Gurame dengan mudah dan pastinya tidak mahal. Perlu anda ingat, anda juga perlu menggunakan pompa pada kolam-kolam ikan Gurame anda, agar kolam ikan tersebut bisa bersih dan juga sehat dari kotoran. Nah pompa yang kami rekomendasikan kepada anda, adalah pompa terbaik, berkualitas, awet dan tahan. Pompa tersebut adalah pompa celup yang tidak lain dan tidak bukan adalah pompa Tsurumi.


Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat untuk anda dalam membuat kolam ikan Gurame dengan mudah dan praktis. Sebelum tutup artikel ini, kami ingin ingatkan kepada anda yang ingin memiliki produk pompa celup Tsurumi, dimana untuk itu anda bisa langsung saja kunjungi IndahJaya.com untuk detail dan keterangan lebih lanjutnya.