Beberapa Titik Banjir Kalsel yang Wajib Diwaspadai Beserta Cara Menanggulangi Banjir



Kalimantan Selatan atau Kalsel adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibu kota provinsi Kalimantan Selatan adalah kota Banjarbaru sejak 2022 menggantikan Kota Banjarmasin. Nah Kalimantan Selatan sendiri atau Kalsel adalah daerah yang cukup jarang terekspos daripada kota Jakarta, tetapi memiliki masalah atau bencana yang sama dengan Jakarta, yaitu pernah terkena bencana banjir.


Melalui artikel pada kesempatan kali ini, kami akan berikan kepada anda beberapa titik lokasi banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan atau Kalsel. Tidak hanya memberikan beberapa titik lokasi banjir yang terjadi di Kalsel, kami juga akan berikan beberapa cara menanggulangi banjirnya, yang mana wajib juga anda ketahui dan pelajari. Oleh karena itu, maka silahkan anda simak artikel ini selengkapnya!

Inilah Beberapa Titik Lokasi Banjir yang Terjadi di Kalimantan Selatan atau Kalsel

Berikut adalah beberapa titik lokasi banjir di Kalimantan Selatan atau Kalsel, dimana beberapa titik lokasi yang kami berikan adalah lokasi terakhir Kalimantan Selatan terkena banjir (17 Januari 2021).

  • Kabupaten Banjar korban sebanyak 33.377 KK dengan 120.226 jiwa.

  • Kabupaten Hulu Sungai korban sebanyak 29.127 KK dengan 57.624 jiwa.

  • Kabupaten Hulu Sungai Selatan korban sebanyak 3.138 KK dengan 6.690 jiwa.

  • Kota Banjarmasin korban sebanyak 15.909 KK dengan 51.463 jiwa.

  • Kabupaten Barito korban sebanyak 13.568 KK dengan 19.142 jiwa.

  • Kabupaten Balangan korban sebanyak 6.235 KK dengan 19.100 jiwa.

  • Kota Banjarbaru korban sebanyak 1.570 KK dengan 4.927 jiwa.

  • Kabupaten Patin korban sebanyak 515 KK dengan 770 jiwa.

Itulah beberapa titik lokasi banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan atau Kalsel pada Januari 2021. Total dari kejadian banjir tersebut, terdapat 120.284 KK alias sebanyak 342.987 jiwa yang terkena dampak dari banjir tersebut, dengan rincian 63.608 jiwa yang mengungsi lalu ada 6 orang menghilang dengan 21 orang yang sudah dinyatakan meninggal dunia. Lalu untuk bangunan yang terendam banjir, diketahui mencapai 27.111 rumah yang tenggelam dengan banjir, maka dari itu tidak heran banyak warga yang mengungsi dan bahkan bisa meninggal dunia.

Cara Menanggulangi Banjir yang Perlu Anda Ketahui dan Pelajari

Cara menanggulangi banjir apabila sudah terjadi, yaitu dengan segera survei keadaan, apakah banjir disebabkan karena adanya saluran yang mampet atau sebagainya. Apabila tidak ditemukan saluran air yang mampet, ataupun sudah melancarkan saluran air tetapi masih saja terjadi banjir, maka anda bisa kelola air banjir tersebut dengan menyedotnya.


Anda bisa menyedot air banjir dengan menggunakan pompa seperti pompa celup. Nah pompa celup yang kami rekomendasikan kepada anda dan yang terbaik, adalah pompa celup Tsurumi tipe HS, dimana anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut serta detail pompa celup Tsurumi.


Jadi sekian sudah artikel pada kesempatan kali ini, yang mana sangat bermanfaat bagi anda dalam menambah wawasan anda tentang lokasi banjir, terutama yang berada di Kalimantan Selatan atau Kalsel. Anda bisa bagikan artikel ini kepada yang lain terutama yang berlokasi di Kalimantan Selatan, agar mereka tahu titik lokasi banjirnya sehingga dapat membuat mereka waspada terhadap banjir yang akan datang.