top of page

Trik Mudah dan Aman Memotong Pipa dengan Alat Pemotong Pipa



Saluran berbentuk tabung atau selongsong bundar yang digunakan untuk mengalirkan cairan atau gas, itu adalah benda yang kita kenal sebagai pipa. Pipa memiliki sistemnya tersendiri yang sangat dikenal dengan istilah NPS (Nominal Pipe Size), sebuah istilah yang menunjukan diameter nominal dari sebuah pipa. Nah adapun pipa dapat digunakan dengan instalasi yang harus melibatkan kesesuaian antara penghubung satu ke penghubung lainnya.


Namun tidak selalu pipa memiliki ukuran panjang yang sesuai, sehingga dengan begitu maka pipa tidak bisa diaplikasikan pada instalasi yang sedang dilakukan. Bila memaksakan ukuran panjang pipa untuk muat dalam instalasinya, maka itu hanya akan menimbulkan problem yang memang sangat merugikan. Jadi ada baiknya ukuran panjang pipa yang tidak sesuai dipotong sesuai dengan ukuran yang pas. Caranya adalah dengan tekniknya serta alat potongnya.

Inilah Trik Mudah dan Aman Memotong Pipa dengan Alat Pemotong Pipa

Mengetahui alat potong pipa saja tidak akan membuat Anda paham mengenai cara serta trik untuk memotong pipa. Ini menjadi dasar penting bagi Anda yang mau memotong pipa dengan alat potong pipa. Pemotongan pipa yang tidak disertai dengan teknik serta trik yang tepat, akan membuat pemotongan pipa mengalami masalah atau kendala. Untuk mengetahui trik mudah dan aman memotong pipa dengan alat pemotong pipa terbaik, maka Anda bisa simak di bawah ini!

Trik Aman dan Mudah Memotong Pipa dengan Menggunakan Tang Pemotong Pipa

Terdapat dua jenis tang pemotong pipa yang bisa Anda andalkan, ini seperti gunting dan tang pemotong pipa Pemotong berbentuk gunting ideal untuk memotong pipa ukuran 1 – 2,5cm, tapi itu terkadang sulit digunakan meski untuk pipa ukuran tersebut. Jadi sebaiknya Anda bisa menggunakan tang pemotong ratchet yang cocok untuk memotong pipa berukuran lebih besar dan juga efektif untuk memotong pipa berukuran kecil. Cara aman dan mudahnya adalah:


  1. Letakkan pipa ke dalam mulut tang. Pemotong pipa memiliki ujung lingkaran yang terbuka untuk mendudukkan pipa, serta mata pisau yang akan menjulur saat gagangnya ditekan.

  2. Anda bisa tandai bagian yang ingin dipotong, lalu dudukkan pipa di mulut tang untuk mulai memotong.

  3. Tekan tang agar mata pisau memotong pipa. Tekan gagang tang pemotong agar menjulurkan mata pisau dan memotong pipa. Anda bisa gunakan tangan satunya untuk menahan pipa agar stabil.

Trik Aman dan Mudah Memotong Pipa dengan Menggunakan Gergaji Besi

Ini merupakan alat paling mendasar dan paling banyak digunakan untuk memotong pipa. Alasannya karena gergaji besi dapat mengapit pipa dengan ragum yang mana bisa menghindari pipa bergeser. Ini juga bisa menghindari risiko terluka akibat ayunan gergaji. Nah trik aman dan mudah menggunakannya adalah:


  1. Tandai pipa pada tempat yang akan dipotong. Anda harus memberi tanda dengan jelas bagian mana yang akan dipotong. Pastikan menggunakan spidol atau alat tulis lainnya yang bisa dihapus alias tidak permanen.

  2. Letakkan mata gergaji pada pipa. Anda bisa tempatkan gergaji pada tanda dan pegang pipa dengan kuat.

  3. Kemudian gunakan tangan satunya untuk menekan bagian atas gergaji, lalu menempatkan mata gergaji pada pipa.

  4. Anda bisa memulai di tempat yang benar, dan mulai menggergaji dengan pada bagian kasar/bergerigi.

  5. Gergajilah pipa kuat-kuat dengan Anda yang bisa memulai menggergaji. Pastikan Anda memperhatikan dengan benar selama memotong dan jangan sampai gergaji bergeser dari tanda yang telah Anda buat.

  6. Gergajilah dengan cepat agar pipa terus terpotong, tapi jangan terlalu cepat sampai-sampai mata gergaji terlepas dari pipa yang tengah dipotong.

Trik Aman dan Mudah Memotong Pipa dengan Menggunakan Gergaji Miter

Gergaji miter dapat digunakan untuk memotong pipa yang membutuhkan potongan yang spesifik dan detail. Gunakan bilah gergaji gigi yang cocok untuk memotong dan dengan gergaji yang tersedia. Jika ragu, gunakan gergaji standar 10 gigi per inci yang biasanya satu paket dengan gergaji miter. Trik mudah dan aman memotong pipa dengan menggunakan gergaji miter antara lain:


  1. Letakkan bagian pipa yang akan dipotong di bawah mata gergaji.

  2. Apit pipa dengan ragum lalu nyalakan gergaji dan turunkan gergaji dengan kecepatan rendah hingga sedang.

  3. Setelah terpotong, proses tersebut dapat diulangi dengan mudah. Jadi Anda bisa membuat potongan tambahan pada pipa sesuai kebutuhan.


Jadi itulah artikel dari kami mengenai trik mudah dan aman memotong pipa dengan alat pemotong pipa. Kiranya bermanfaat bagi Anda semua. Untuk perkakas terbaik serta berkualitas yang memang bisa diandalkan, Anda bisa percayakan perkakas Tenka. Mengenai perkakas dari Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page