Tutorial Cara Mengoperasikan Hoist pada Crane yang Paling Mudah Dilakukan


Tutorial Cara Mengoperasikan Hoist pada Crane yang Paling Mudah Dilakukan

Meskipun memiliki fungsi yang sangat penting, terutama untuk aktivitas pengangkatan material yang memiliki bobot yang cukup berat. Namun tidak semua orang mengetahui bagaimana cara mengoperasikan hoist ini. Maka dari itu, melalui artikel ini, akan diberikan tutorial mengenai cara pengoerasian dari alat pengangkat beban yang satu ini. Karena itu, simak terus informasinya berikut ini!


Tutorial Cara Mengoperasikan Hoist Pada Crane


Meskipun bisa digunakan secara mandiri, dalam arti, hoist tersebut hanya dipasangkan pada dinding, tanpa disertai alat apapun. Namun pada umumnya hoist seringkali dipasangkan pada sebuah crane. Karena sebagaimana diketahui, crane merupakan salah asatu kendaraan pengangkut barang.


Dengan demikian, fungsi dari hoist sebagai pengangkat material, serta crane yang menjadi kendaraan pengangkut barang ini, telah menjadi satu kesatuan. Pada umumnya, hoist yang terpasang pada crane akan dioperasikan oleh seorang operator. Dimana operator tersebut akan mengoperasikan crane, sekaligus hoist, yang sebelumnya telah dipasang pada crane itu sendiri.


Jika sebelumnya, proses pengoperasian hoist ini dilakukan secara manual. Maka kini, dengan adanya hoist electric yang terhubung dengan crane. Maka cara mengoperasikan alat pengangkat material hoist ini bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah saklar. Dimana seorang operator bisa mengoperasikan hoist ini dengan hanya menekan saklar dari jarak jauh.


Meskipun terlihat mudah, namun seorang operator diwajibkan untuk melakukan latihan dan uji coba secara rutin, sebelum bisa mengoperasikan hoist dan crane ini. Sebagai pengetahuan bagi Anda, maka dalam ulasan ini akan dijelaskan sedikit tutorial mengenai cara mengoperasikan hoist yang ada pada crane ini. Dimana untuk mengoperasikan alat pengangkat material yang satu ini, setidaknya Anda perlu melakukan beberapa langkah-langkah seperti di bawah ini. Diantaranya:


1.Memeriksa Tegangan pada Mesin

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam mengoperasikan hoist pada crane yaitu dengan memeriksa tegangan motor/mesin. Dimana besaran tegangan yang ada pada mesin/motor dari hoist tersebut hendaknya memiliki angka yang sama dengan yang terlihat pada power supply.


2. Menghubungkan Hoist ke Power Supply

Jika besaran tegangan pada motor/mesin hoist tersebut ternyata telah sesuai dengan yang tertera pada power supply. Maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu menghubungkan hoist tersebut menuju power supply.


3. Melakukan Pemeriksaan Pelumasan pada Gearbox

Sebelum memulai untuk menggunakan hoist, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan terhadap gearbox. Dimana dengan melakukan pemeriksaan ini, Anda akan mengetahui seberapa banyak pelumas yang ada pada gearbox tersebut.


Dengan melakukan hal tersebut, tak lain tujuannya adalah untuk memastikan bahwa hoist tidak akan mati ataupun kekurangan pelumas, saat tengah dioperasikan. Jika memang dalam pemeriksaan tersebut diketahui, bahwa pelumas (oli) yang ada pada gearbox tersebut berada di bawah tanda kadar oli yang disarankan. Maka tentunya, Anda perlu melakukan pengisian oli (pelumas) terlebih dahulu, hingga batas tanda kadar oli yang tercantum pada gearbox.


4. Menekan Saklar

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengoperasikan hoist pada crane ini yaitu dengan menekan saklar. Dilanjutkan dengan menggerakkan tuas ke arah atas dan ke arah bawah, serta ke bagian kanan dan kiri. Hal ini untuk memastikan proses pengangkatan material bisa berjalan sesuai dengan rencana.


5. Menekan Tombol Emergency Stop

Jika Anda telah selesai menggunakan hoist, maupun ingin menghentikan hoist sejenak. Maka Anda disarankan untuk menekan tombol emergency stop. Untuk memastikan tombol ini berfungsi dengan baik, ada baiknya Anda melakukan uji coba terlebih dahulu, dalam menggunakan tombol ini. Sebelum Anda benar-benar mengoperasikan hoist pada crane ini.


Demikian penjelasan mengenai tutorial cara mengoperasikan hoist pada crane ini. Meskipun mungkin terlihat mudah, namun tetap saja, dibutuhkan latihan secara rutin, agar Anda bisa dengan mudah mengoperasikan alat pengangkat material berat yang satu ini.


Bagi Anda yang membutuhkan hoist, maka Anda bisa menghubungi Indahjaya.com. Dimana sebagai distributor alat-alat industri terbesar di Indonesia, Indahjaya.com menyediakan berbagai alat-alat pengangkat material dengan berbagai ukuran. Termasuk diantaranya hoist yang bisa dipasangkan pada crane ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi distributor ini di situs resminya yang ada pada laman https://www.indahjaya.com.