Ukuran Selang Air yang Memiliki Fungsi Berbeda-Beda


Ukuran Selang Air yang Memiliki Fungsi Berbeda-Beda

Ukuran selang air bermacam-macam sesuai dengan kebutuhannya. Tentunya setiap jenis dan ukuran tersebut memiliki fungsinya masing-masing sesuai dengan kebutuhan Anda dalam keseharian yang sedang dilakukan.


Misalnya saat berkebun, mencuci mobil atau mengalirkan air ke akuarium membutuhkan selang. Karena hal itulah selang memiliki peranan penting dalam pengaliran air ke beberapa tempat yang diperlukan.


Karena hal itulah agar pengaliran airnya dapat maksimal perlu dilakukan sesuai dengan fungsi dan ukurannya. Dilihat dari segi ukuran selang memiliki ukuran dari ½ inchi hingga 8 inchi.


Setiap ukuran selang air tersebut difungsikan untuk tujuan yang berbeda sesuai dengan diameter keran sebagai tempat pemasangannya. Semakin besar ukuran yang dimiliki selang maka debit air yang dihasilkan juga lebih besar.


Karena hal itulah penting untuk mengetahui ukuran selang yang tepat untuk digunakan. Hal ini bisa membantu Anda dalam memaksimalkan pekerjaan yang sedang dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.


Fungsi Selang Berdasarkan Ukuran Selang Air


Setiap selang memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena hal itulah berikut ini beberapa fungsi selang berdasarkan ukuran selang yang bisa Anda gunakan dengan tepat.


Selang tanam


Tentunya ketika Anda ingin melakukan kegiatan menyiram tanaman dan berkebun tidak memerlukan debit air yang terlalu besar. Karena hal itulah Anda bisa memilih ukuran selang yang tidak begitu besar.


Idealnya Anda bisa memilih yang memiliki ukuran ¾ atau 1 inchi. Tentunya Anda juga perlu menyesuaikannya dengan ukuran kran yang tersedia agar penyaluran airnya bisa maksimal.


Memilih ukuran selang air juga perlu memperhatikan luas taman atau perkebunan yang Anda miliki. Hal ini memiliki maksud tertentu yaitu untuk menentukan panjang dari selang yang menyesuaikan setiap kebutuhan Anda.


Selang pengairan taman, pembungkus kabel dan kerajinan


Biasanya jenis selang ini masih tetap bisa digunakan untuk aktivitas pengairan yang terbuat dari karet atau PVC. Pada umumnya ukuran yang digunakan adalah 5/8 hingga 1 inchi.


Selain itu, ciri lain yang dimiliki adalah di bagian luar selang memiliki warna. Sedangkan, untuk ragam ketebalan dan elastisitasnya Anda juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.


Selang Air Sesuai dengan Fungsinya


Banyak jenis selang air yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dalam mengalirkan air. Berikut ini beberapa ukuran selang air yang dapat disesuaikan dengan fungsinya masing-masing.


Selang spiral untuk pembuangan


Selain dua jenis selang sebelumnya, maka Anda bisa memilih selang air spiral untuk digunakan sebagai pembuangan air. Biasanya jenis selang ini terbuat dari kombinasi bahan PVC yang lunak dan keras.


Ciri-cirinya adalah memiliki warna fisik yang semi transparan agar lebih mudah dalam melihat pergerakan air. Meskipun terlihat spiral, di bagian dalamnya masih dapat mengalirkan air dengan lancar.


Selang saluran air akuarium


Ukuran selang air untuk akuarium bisa dipilih agar bisa tetap memiliki sirkulasi air di dalamnya. Pada umumnya ukuran dari selang ini adalah 5/16 inchi dan terbuat dari bahan dasar karet.


Selain itu, pemilihan jenis selang ini memiliki sifat yang lebih elastis. Hal ini membuatnya menjadi lebih awet karena tidak mudah terjadi retakan saat sudah digunakan dalam waktu lama.


Tentunya Anda bisa menentukan ukuran yang tepat dengan membeli pada penjual yang tepat juga. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan tentunya berbagai ukuran selang dengan kualitas yang terjamin.


Jenis dan ukuran selang yang beragam membuat Anda bisa memilihnya agar bisa menggunakannya secara maksimal. Selain itu, Anda bisa memilih ukuran selang air sesuai dengan kebutuhan.