Mengenal Apa itu V Belt Genset dan Fungsi Serta Kegunaannya



Dalam suatu keadaan penting, yang mana sangat membutuhkan tenaga listrik, maka Genset adalah salah satu pilihan utama yang sangat diandalkan. Dimana dengan manfaat dan semakin populernya Genset, kini Genset begitu dicari dan sudah memiliki banyak sekali jenis dan ragamnya. Meski begitu, semua Genset pada umumnya juga harus dirawat, terutama komponen-komponen yang ada pada mesinya.


Nah salah satu komponen pada mesin Genset yang juga memiliki peran penting terutama saat Genset dinyalakan, yaitu komponen yang bernama V-Belt. Apa itu V-Belt dan apa kegunaan serta fungsinya, semua itu akan kami jelaskan secara rinci dan detail kepada anda semua. Maka dari itu bagi yang tidak tahu dan segera ingin tahu, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu V-Belt?

Layaknya mesin pada suatu kendaraan, V-Belt juga ada pada mesin Genset, lalu apa itu V-Belt? Nah V-Belt adalah sebuah komponen yang menyerupai belt yang saling menyatu berbentuk oval. V-Belt sendiri sering sekali menjadi komponen terpenting, guna melakukan transmisi penghubung berbahan karet dengan penampang trapesium. Pada sebuah mesin Genset, V-Belt akan bekerja dengan mengalirkan tenaga dari satu poros ke poros lainnya. Lalu untuk pemasangannya, V-Belt dipasang pada dua buah pulley sehingga dapat bergerak sesuai laju putaran mesin pada Genset.

Inilah Fungsi Serta Kegunaan dari V-Belt Genset

Komponen pada kerja mesin Genset, umumnya sangat berfungsi untuk untuk memindahkan tenaga ke mesin, tetapi jika itu dibandingkan dengan transmisi lain, maka sebenarnya V-Belt dinilai lebih efisien. Nah V-Belt sendiri mampu menghasilkan daya penggerak besar Genset yang juga berlaku pada tegangan rendah. Namun itu tidak akan terjadi apabila pada transmisi lain seperti roda gigi maupun rantai. Kelebihan V-Belt juga dikenal karena caranya bekerja, yaitu ia bekerja dengan halus sehingga tidak menimbulkan suara berisik sama sekali.


Cara kerja dari V-Belt sendiri memang identik dengan cara uniknya sendiri, yang mana itu juga berimbas baik pada fungsi V-Belt di mesin Genset. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, V-Belt adalah komponen penting pada mesin Genset, hal itu karena V-Belt memiliki banyak fungsi utama, dimana yang paling banyak diketahui orang itu adalah berguna untuk memindahkan tenaga dari crankshaft (poros engkol mesin) menuju poros penggerak seperti pulley AC, pulley hidrolik power steering, pulley alternator, hingga pulley untuk menggerakkan water pump. Ditambah lagi, V-Belt dapat juga menghasilkan daya bagi komponen yang membutuhkan penggerak, misalnya seperti yang ada di mobil yaitu AC dan Power Steering.


Jadi itulah fungsi dan kegunaan dari V-Belt pada Genset. Perlu anda perhatikan, V-Belt juga harus terus dirawat, dimana itu bisa dilakukan dengan cara melakukan pengecekan visual dan fisiknya, lalu periksa kekencengan dari V-Belt tersebut, dan jangan lupa juga untuk melakukan perawatan berkala. Namun yang paling penting jika memang V-Belt sudah sangat parah, maka lebih baik anda ganti dengan yang baru, ketimbang harus diperbaiki yang belum tentu bisa bertahan lama.


Sekian artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga dengan artikel ini maka anda semakin paham dan mengerti tentang V-Belt pada Genset. Jangan lupa anda bisa bagikan artikel ini kepada mereka yang membutuhkan, dimana bisa melalui media sosial ataupun media yang ada dan tersedia. Nah bagi anda yang ingin memiliki Genset terbaik dan berkualitas, maka Genset Tenka adalah rekomendasi kami kepada anda semua, yang mana produk Tenka bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com