Simak Informasi Tentang Apa Itu Varistor Genset dan Fungsi Serta Kegunaannya



Di setiap mesin yang ada dan berguna saat ini, tentunya bukan hanya dilengkapi dengan komponen-komponen pendukung dalam pengoperasiannya saja, melainkan ada juga komponen atau part yang bertujuan untuk melindungi beberapa kondisi dari suatu mesin. Nah Genset adalah contohnya, yang mana selain memiliki banyak komponen penting, Genset juga memiliki komponen bermanfaat yang berguna untuk suatu tegangan.


Komponen pada Genset tersebut bernama varistor, yang mana itu akan menjadi topik utama dalam artikel kami ini. Nah apa itu varistor pada Genset dan bagaimana dengan fungsi serta kegunaannya, semua itu akan kami jelaskan kepada anda melalui pembacaan artikel ini. Oleh karena itu bagi anda yang tidak tahu dan segera ingin tahu, maka silahkan simak artikel ini selengkapnya!

Inilah Informasi Penting Mengenai Apa Itu Varistor Pada Genset

Apa itu varistor? Nah varistor adalah salah satu komponen semikonduktor yang memiliki 2 terminal, yang dimana keduanya itu berguna melindungi alat-alat listrik dan rangkaian elektronik dari transien tegangan yang berlebih. Untuk resistansinya tergantung pada tegangan input yang diterapkan. Perlu anda ketahui, kata varistor sendiri adalah gabungan dari kombinasi VARiable dan resISTOR. Komponen tersebut juga dikenal sebagai resistor yang bekerjanya tergantung pada tegangan yang masuk, dengan resistansinya yang berubah secara otomatis ketika terjadi perubahan pada tegangan yang melewatinya.


Cara kerja varistor sendiri adalah ketika ada tegangan rendah tertentu yang dimasukkan ke kaki komponen, maka jelas nilai resistansi menjadi tinggi karena arus yang sangat rendah mengalir melaluinya. Namun apabila ada tegangan naik dan mencapai tegangan puncak, maka tegangan batas, yaitu arus akan menjadi meningkat. Perubahan dalam pengoperasian varistor terjadi karena adanya proses, sehingga komponen yang selama ini bersifat sebagai isolator akan berubah menjadi konduktor. Kemudian setelah tegangan batas, maka resistansi yang dihasilkan akan menjadi sangat rendah, dimana itu dapat memungkinkan arus yang sangat tinggi untuk melewatinya.

Fungsi dan Kegunaan Varistor Pada Genset yang Perlu Anda Ketahui

Varistor memiliki kekurangan yang sangat minim, yaitu hanya harga yang cenderung akan lebih mahal. Namun dibalik semua itu, varistor memiliki kegunaan yang sangat bermanfaat terutama untuk mesin Genset. Nah manfaat fungsi serta kegunaannya adalah sebagai berikut:


  • Varistor pada Genset dapat memberikan perlindungan tegangan lebih yang sangat baik untuk mesin Genset, terutama saat Genset dalam kondisi dinyalakan atau menyala.

  • Varistor umumnya tidak akan menunjukkan efek kutub, sehingga dengan begitu maka bidirectionality mudah dicapai di mesin Genset.

  • Penggunaannya sangat banyak dan luas dalam melindungi rangkaian sebagai perlindungan jalur komunikasi, dimana untuk Genset sangat berguna dalam perlindungan lonjakan tegangan dan juga kabel serta lain sebagainya.

  • Varistor pada Genset bisa digunakan sebagai surge suppressor atau penahan lonjakan listrik yang terjadi secara mendadak, terutama di komponen yang sensitif dengan tiap lonjakan.


Nah itulah artikel yang sangat bermanfaat untuk anda, yaitu tentang varistor dan juga fungsi serta kegunaannya. Anda yang membaca artikel ini pastinya akan membuat diri anda semakin mengerti dan mengenal Genset, terutama komponen varistor. Untuk membuat artikel ini semakin bermanfaat lagi, maka anda bisa share artikel ini kepada yang lainnya menggunakan media yang ada dan tersedia. Bilamana anda ingin memiliki atau mengganti Genset anda ke tipe yang terbaik, maka kami rekomendasikan Tenka dan itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com