Voltage Pada Mesin Genset Diesel Turun Ini Penyebabnya


Voltage Pada Mesin Genset Disel Turun Ini Penyebabnya

Mesin Genset diesel tentu memiliki voltage pada mesin yang digunakannya. Lantas apakah fungsi dari voltage tersebut, fungsinya adalah untuk mengatur keluar masuk listrik pada saat genset dinyalakan.


Jika daya output voltage tidak begitu maksimal maka daya hasil listrik juga berkurang drastis. Oleh karena itulah Anda harus memperhatikan hal ini agar mesin tetap maksimal dan terjaga listriknya.


Penyebab dari menurunnya Voltase output listrik adalah, kurangnya suplay dari inputnya. Oleh Karena itulah, kedua hal yakni output dan input tidak boleh dilupakan harus dijaga dan diperhatikan dengan benar.


Lalu jika kedua hal tersebut sudah baik, apakah penyebab dari turunnya daya hasil listrik tersebut. Dengan begitu Anda akan mendapatkan hasil listrik yang terbaik pada sat di butuhkan.


Mesin Genset diesel dan beberapa kerusakannya


Voltage pada genset memang diperlukan sekali, jika voltage tidak bisa menghasilkan tenaga maksimal, maka kemungkinan listrik yang dihasilkan juga tidak akan maksimal. Untuk itu penting merawatnya.


Berikut adalah beberapa penyebab voltage pada mesin genset diesel mengalami kerusakan. Perhatikan agar genset yang Anda gunakan tetap bisa menghasilkan tenaga terbaik dalam menyuplay kebutuhan listrik.


1. Rusaknya AVR


Automatic Voltage Regulator memiliki fungsi untuk menstabilkan putaran mesin, sehingga bisa menghasilkan tenaga yang cukup banyak. Lalu apa penyebab rusaknya ini, apakah bisa diperbaiki?


Untuk bisa melihat apakah AVR rusak atau tidak maka Anda bisa mengeceknya dengan berbagai komponen. Seperti volts, stability, droop dan lainnya, cek satu per satu untuk melihat AVR tetap aman.


Jika aman, maka Anda perlu mengatur penggunaannya, mesin genset diesel yang dinyalakan secara kencang. Atau tidak memenuhi standar pemakaian akan menyebabkan AVR cepat rusak, sehingga harus diperhatikan.


2. Kabel yang rusak


Jika Anda sudah mengecek AVR tetapi daya listrik yang dihasilkan masih kurang maksimal. Maka cek kabel di dalam genset Anda, perhatikan satu persatu kondisi kabel tersebut sehingga bisa mengetahui rusak atau tidak.


Karena, kabel yang rusak ternyata bisa menyebabkan arus listrik menjadi terganggu, ini menyebabkan Anda tidak mendapatkan hasil maksimal. Oleh karena itulah Anda harus mengganti kabelnya jika memang rusak.


3. Memakai bahan bakar yang salah


Bahan bakar yang bagus ternyata bisa mempengaruhi performa dari mesin genset diesel Anda. Misalkan menggunakan mesin diesel, maka bahan bakarnya menggunakan solar, jika yang lainnya bisa berakibat fatal.


Misalkan Anda menggunakan pertamax, maka daya yang dihasilkan tidak akan bagus. Ini memang harus diperhatikan, karena mesin diesel tidak akan cocok jika bahan bakarnya menggunakan pertamax.


Jika sudah menggunakan solar, tetapi daya listriknya masih kecil. Maka coba periksa kondisi dari tangka bahan bakar, apakah tangkinya bersih atau tidak. Jika kotor, maka bersihkanlah dahulu sebelum memakainya.


4. Kerusakan Governor


Salah satu penyebab dari rusaknya Voltage pada mesin genset diesel adalah rusaknya Governor. Ini adalah alat untuk mengatur suplay bahan bakar pada mesin genset. Sehingga bisa mempengaruhi performa genset.


Biasanya Governor yang rusak bisa mengakibatkan pada penurunan putaran pada mesin. Ini berakibat pada turunnya daya listrik yang dihasilkan. Lalu bagaimana mengeceknya, untuk mengetahui apakah Governor rusak atau tidak?


Untuk bisa mengetahuinya Anda perlu mengecek pada Magnetic pickup, actuator dan lainnya. Cek semua bagian tersebut dan Anda akan mendapatkan mesin yang kembali pada performa terbaik.


Mesin yang menghasilkan voltage terbesar akan menyebabkan Anda mudah mendapatkan keuntungan dengan daya listrik cukup besar. Oleh Karena itulah Anda harus merawat mesin genset diesel dengan baik.