top of page

Working Load Limit: Pentingnya Memahami Batas Beban Kerja di Industri



Segala sesuatu yang ada di dunia ini, pastinya ada batasnya, yang mana itu terutama ada pada suatu alat atau benda. Nah pada alat atau benda, mereka umumnya memiliki batas wajar dalam menggunakannya, seperti batas waktu, batas jalan, batas angkat, hingga batas lainnya yang memang tidak sesuai dengan alat atau benda tersebut. Salah satunya yang memang memiliki batas atau working load limit, ada pada alat pekerjaan di industri.


Tentunya di industri bukan hanya para pekerjanya yang diberi batas dalam bekerja, melainkan ada juga pada alat-alat kerja yang ada di industri, dimana itu berguna dan memang bermanfaat bagi keberlangsungan industri tersebut, baik proses dan sebagainya. Nah agar Anda lebih mengerti lagi tentang yang dimaksud working load limit terutama di industri, maka Anda bisa simak pentingnya batas beban kerja tersebut di artikel kami ini!


Informasi Lengkap Mengenai Working Load Limit di Suatu Industri


Working load limit atau WLL, merupakan suatu batasan yang biasa ada pada pekerjaan, yang mana umumnya ada di penggunaan alat kerja. WLL juga bisa Anda anggap sebagai suatu batas beban kerja, yaitu batas dari suatu beban statis maksimum yang ditentukan oleh standard yang sudah tertera sebelumnya. Jadi dengan standar tersebut, maka manufaktur atau fabricator, atau bisa juga dari sebuah alat atau perangkat yang digunakan untuk mengangkat, menurunkan atau menggantung sesuatu beban, akan terorganisir sesuai dengan kapasitasnya.


Tentunya batas beban Kerja atau WLL sendiri yang ada pun, memang harus dipatuhi dan tidak boleh dilampaui, yakni dengan mengatur kekuatan kerja yang memang harus dapat dikontrol, dimonitor serta aman untuk digunakan oleh para pekerja di suatu industri. Pada setiap alat bantu untuk angkat berat, sebenarnya memang sudah dirancang untuk menaikkan, menurunkan atau menggantung suatu beban, tetapi itu harus dalam beberapa standar dengan ukuran yang memang sudah ditentukan oleh dokumen dan sebagainya. Jika tidak diikuti atau dilanggar, maka jelas akan memicu banyak masalah bagi banyak orang.


Nah pentingnya mengikuti batas beban kerja di industri atau working load limit, itu karena agar industri tidak mengalami beberapa masalah seperti di berikut ini:

  • Industri yang menggunakan crane dan telah melewati batas WLL, tentunya itu bisa membuat crane terbalik dengan berat yang sedang di angkut. Nah pastinya itu bisa membuat banyak kerugian dan masalah pada industri tersebut.

  • Umumnya alat lifting di industri yang melewati batas WLL dan mengalami kecelakaan, pastinya itu akan ada banyak kerusakan pada industri tersebut, yang mana itu memang merugikan.

  • WLL yang tidak diikuti, maka seperti alat crane bisa memungkinkan itu terbalik, dikarenakan rantai, tali, ataupun yang mengangkut bisa saja terputus karena beban yang berlebih dari WLL. Alhasil, crane pun rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

  • Working load limit atau WLL yang melewati batas, pastinya bisa membuat kerugian besar bagi industri. Dimulai dari crane yang rusak, hingga ada kemungkinan peralatan lain di sekitar crane pada industri yang ikut rusak.

  • Batas beban kerja di industri yang tidak diikuti, akan berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja, yang mana itu pastinya berdampak buruk bagi para pekerja atau lainnya yang ada di industri. Tidak sedikit dari kejadian WLL yang dilewati bisa mengancam nyawa banyak orang.


Nah itulah pemahaman dari working load limit yang perlu Anda ketahui serta pahami, itu karena penting bagi pekerjaan di industri. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan semuanya dalam mengikuti WLL yang ada. Untuk crane dan hoist yang memang terbaik untuk industri dan memiliki WLL, maka rekomendasi kami ada pada Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comentários


bottom of page