top of page

Simak Inilah Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Service Genset



Mesin adalah suatu alat atau peralatan yang cara kerjanya didasarkan kepada perubahan dua bentuk energi pada suatu sistem tertentu. Bentuk energi yang umum diubah pada mesin umumnya adalah energi mekanik atau energi listrik, yaitu dengan tujuan pengubahan energi pada mesin adalah untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia. Nah salah satu mesin yang juga penting sebagai pembangkit listrik bagi manusia, yaitu mesin bernama Genset.


Genset adalah mesin yang sangat dibutuhkan ketika daya tegangan listrik sedang tidak ada. Nah karena begitu penting, mengingat juga Genset sangat bernilai, maka Genset harus dirawat, yang mana salah satunya adalah melakukan service. Ketika Anda melakukan service pada Genset, tentunya Anda sebagai pemilik Genset harus memperhatikan beberapa hal, yang mana beberapa hal tersebut bisa Anda ketahui di artikel ini!


Inilah Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Anda Saat Service Genset

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda mau service Genset Anda, yang mana semuanya sangat penting karena bisa bermanfaat bagi usia serta kondisi Genset Anda yang akan menjadi semakin prima.


Penempatan Genset yang Ingin di Service Harus Ditaruh Ditempat yang Sesuai

Karena umumnya service Genset akan membongkar pasang beberapa komponen Genset, baik itu bagian luar atau dalam demi melihat atau memantau Genset. Maka ada baiknya Genset yang ingin di service ditaruh ditempat yang sesuai, alias bersih dan kering. Jika tidak demikian, maka hal tersebut akan berdampak berbahaya, seperti jika terkena air atau kotoran, maka Genset bisa rusak dan bahkan menghantarkan aliran/sengatan listrik.


Membersihkan Genset yang Ingin di Service

Sebelum berencana service Genset, maka Anda harus memastikan kebersihan Genset. Kebersihan Genset harus dijaga dengan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel seperti debu, minyak, dan lain-lain. Hal itu penting dilakukan agar Genset tersebut tidak mudah rusak.


Mengganti Sparepart Genset

Sama dengan service mesin kendaraan, mesin Genset yang sedang di service pun harus diperhatikan pada sparepart Gensetnya. Itu seperti komponen atau part yang memang sudah aus atau termakan usia harus diganti, hal itu agar tidak menimbulkan kerusakan lain atau kerusakan tersebut tidak merembet ke bagian yang lain.

Tersedianya sirkulasi udara yang baik


Memastikan Bahan Bakar Genset Ada

Bahan bakar pada Genset tentunya harus dipastikan ada, atau setidaknya lebih baik terisi full atau cukup supaya Genset dapat menyala dengan baik. Apabila tangki bahan bakar sampai kering, maka akan berbahaya jika Genset dinyalakan, terutama jika Genset tersebut ingin di service oleh Anda.


Melakukan Pemanasan Pada Genset

Genset yang ingin di service tentunya harus dipanaskan terlebih dahulu, itu agar Genset tersebut bisa tetap prima dan diketahui apa keluhan dari Genset tersebut. Dengan menyalakan Genset sekitar 5-10 menit, maka Anda bisa dengan cepat tahu apakah ada masalah atau tidak. Kemudian hal tersebut juga berguna agar sistem pelumasan oli dapat berjalan dengan baik, sehingga dengan begitu maka Genset siap digunakan kapan pun. Tidak hanya itu, setelah service pun, ada baiknya Anda kembali memanaskan Genset, dengan tujuan dapat diketahui apakah Genset telah di service dengan benar atau tidak.


Memastikan Genset yang Sedang di Service Sedang Dioperasikan dengan Benar

Ketika Genset Anda sedang di service, maka ada baiknya Anda pantau prosesnya. Seperti apakah prosesnya sesuai dan tepat, atau memang tidak adanya kejanggalan pada proses service tersebut.


Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika memang Anda ingin service Genset. Kiranya jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya yang memang ingin service Genset. Bilamana Anda ingin memiliki Genset terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami ada pada Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page