Yuk, Ikuti 6 Tips Merawat Selang Agar Tidak Cepat Getas


Yuk, Ikuti 6 Tips Merawat Selang Agar Tidak Cepat Getas

Banyak hal yang harus Anda manfaatkan dalam pekerjaan berat, apalagi jika sudah berkaitan dengan penggunaan mesin. Tentunya, untuk pemakaian mesin sendiri, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Jadi, tidak hanya bagian luarnya saja. Anda juga harus memperhatikan perawatan pada bagian selang dengan beberapa tips merawat selang agar tidak cepat getas.


Kerusakan pada bagian selang adalah hal umum dan yang paling sering terjadi. Kerusakan selang memang sepele jika hanya getas sedikit saja. Sayangnya, kerusakan seperti ini tidak bisa dibiarkan secara terus-menerus. Apalagi jika penggunaan rutin setiap hari. Pastinya, kerusakan akan semakin parah dan menyebabkan masalah yang besar. Yuk, simak lebih banyak informasinya di sini!


Tips Merawat Selang Agar Tidak Cepat Getas


Untuk memastikan selang dalam keadaan yang baik-baik saja, Anda harus rajin melakukan perawatan. Jadi, tidak harus mengalami kerugian karena bolak-balik mengganti selang. Penggantian selang sendiri membutuhkan banyak biaya dan membuang waktu. Bahkan, menunda pekerjaan yang Anda lakukan juga. Dengan begitu, Anda harus merawat selang dengan menggunakan langkah ini.


1. Selalu gunakan guard

Langkah mudah yang dapat Anda manfaatkan adalah menggunakan selang lainnya. Anda dapat menggunakan spiral hose untuk menjaga selang. Dengan menggunakan selang seperti ini, Anda dapat melindungi selang dari panas matahari atau juga hujan. Selang spiral ini juga membantu melindungi selang utama dari gesekan yang menyebabkan kerusakan.


2. Gunakan jasa

Dalam langkah perawatan sendiri, akan lebih baik jika Anda menggunakan jasa pemasangan sebelumnya. Jangan memasang selang sendiri karena Anda belum tentu mempunyai keahlian tersebut. Hose dapat mengalami masalah getas hingga kebocoran jika dipasang secara asal. Karena itu, Anda perlu menggunakan pilihan yang sesuai untuk melakukan pemasangan selang.


3. Menggunakan fluida sesuai

Tips merawat selang agar tidak cepat getas lainnya adalah menggunakan fluida yang sesuai. Cairan yang paling banyak digunakan dalam selang adalah oli. Anda harus memastikan untuk memilih jenis cairan yang tepat berdasarkan buku panduan. Jangan asal memilih cairan tidak berkualitas yang dapat membuat Anda mengalami kerugian.


4. Rajin membersihkan

Langkah lainnya yang dapat Anda lakukan dalam perawatan dan memberikan efek besar adalah pembersihan. Tidak hanya barang biasa saja yang harus dibersihkan karena terkena debu. Selang untuk pekerjaan berat atau kepentingan industri juga perlu dibersihkan. Anda harus melakukan pembersihan agar tidak ada kerak kotor pada selang yang digunakan.


5. Jauhi benda tajam

Anda juga dapat melakukan langkah lainnya dalam perawatan untuk selang. Manfaatkan langkah mudah dengan menjauhi selang dari berbagai macam benda tajam. Beberapa permukaan selang yang tajam dan juga kasar dapat menyebabkan kerusakan pada selang juga. Jadi, jangan sampai tergesek dengan benda tajam. Selang bisa langsung bocor jika ada masalah seperti ini juga.


6. Selalu gunakan yang berkualitas

Langkah selanjutnya adalah memanfaatkan berbagai macam alat yang berkualitas. Begitu juga halnya dengan selangnya sendiri. Anda harus menggunakan selang yang berkualitas agar perawatan lebih mudah dan lebih awet.


Beberapa langkah tersebut dapat dimanfaatkan dalam tips merawat selang agar tidak cepat getas. Untuk pembelian selang yang mempunyai kualitas tinggi, Anda dapat menggunakan langkah sederhana. Langsung saja cari produknya di INDAHJAYA.com