Yuk, Simak 3 Penyebab Genset Tidak Mau Mati


Yuk, Simak 3 Penyebab Genset Tidak Mau Mati

Banyak hal yang penting untuk orang miliki dalam menjalankan aktivitas setiap harinya. Salah satu mesin penting adalah genset. Anda membutuhkan mesin ini untuk keperluan mendadak. Genset merupakan pengganti tenaga listrik yang pastinya sangat diperlukan. Namun, sering terjadi masalah sehingga perlu tahu penyebab genset tidak mau mati juga. Ini merupakan masalah umum juga.


Tenang saja, Anda tidak usah khawatir jika genset Anda tidak mau mati. Ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini juga. Banyak orang yang juga mengalami masalah ini pada genset.


Anda harus mengetahui penyebabnya juga sehingga dapat menghindari trouble seperti ini nantinya. Setidaknya, dapat mengatasi jika terlanjur rusak juga.


3 Penyebab Genset Tidak Mau Mati


Ada beberapa penyebab sederhana yang dapat membuat mesin Anda mengalami masalah. Apalagi hanya masalah mesin tidak mau mati saja. Ini merupakan salah satu dari banyaknya masalah yang mungkin terjadi pada mesin juga.


Anda dapat mengatasi masalah dengan mengetahui penyebabnya jauh lebih dulu. Berikut ini daftar penyebab umum dari mesin genset yang tidak mau mati.


1. Saklar rusak

Penyebab pertama dari masalah ini adalah saklar yang rusak. Saklar menjadi salah satu komponen yang penting dalam genset. Jadi, saklar tidak boleh mengalami masalah karena dapat merusak kinerja juga.


Anda harus memastikan kalau saklar dapat berfungsi dengan normal sebelum dinyalakan. Jika tidak, mesin genset Anda akan sulit dimatikan juga.


Saklar rusak atau tidak berfungsi dengan normal ini dapat memutus jalur kabel ke bagian bodi. Dengan begitu, sudah pasti kalau mesin tidak bisa dimatikan. Hal ini karena saklar mempunyai peran penting untuk menyambungkan kabel masa ke bodi mesin jauh lebih dulu. Setelah itu, barulah mesin genset akan mati.


2. Kabel putus

Penyebab genset tidak mau mati lainnya adalah kabel putus. Masalah ini juga merupakan bagian umum dalam kerusakan yang ada. Cobalah untuk memeriksa jalur kabel yang menyambungkan masa ke bodi mesin.


Jangan sampai ada kabel yang terputus karena mesin tetap akan mengalami kerusakan. Selain meminta orang melakukan perbaikan, Anda dapat memberikan isolasi kabel.


3. Kunci on off rusak

Anda juga dapat mengatasi masalah dengan melihat penyebab lainnya. Salah satu penyebab yang juga sering menyebabkan kerusakan ini adalah kunci on off yang digunakan.


Tidak hanya menggunakan saklar saja, banyak yang mengoperasikan mesin dengan menggunakan kunci juga. Bahkan, sudah ada banyak orang yang lebih memanfaatkan kunci ini sekarang.


Coba cek masalah yang pada kunci on off yang lebih rentan akan kerusakan. Walaupun jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan penggunaan saklar.


Tetap saja, kunci ini dapat mengalami banyak masalah seperti soak atau juga error pada beberapa bagian yang ada. Jika memang ada kerusakan pada kunci, lakukan saja penggantian jenis yang baru untuk menghindari masalah.


Penyebab genset tidak mau matilainnya juga bisa dikarenakan masalah pada perawatan yang diberikan. Anda juga harus memilih produk yang memang berkualitas dengan memilih genset dari PT Indah Jaya Teknik Presisi sehingga tidak perlu merugi. Untuk melakukan pembelian, Anda dapat langsung cek produk dalam http://indahjaya.com