top of page

Mengenal Beberapa Zat Kimia yang Berfungsi Untuk Menghantarkan Rangsang Listrik



Apa itu zat kimia? Zat kimia atau bahan kimia, atau bisa juga dikenal sebagai zat murni, adalah suatu bentuk materi yang memiliki komposisi kimia dan sifat karakteristik yang konstan. Zat tersebut tentunya tidak dapat dipisahkan menjadi komponen dengan metode pemisahan fisika, yaitu tanpa memutus ikatan kimia. Nah zat kimia juga bisa berupa unsur kimia, senyawa kimia, ion atau bahkan bisa juga berupa paduan.


Nah dalam ilmu sains, zat kimia sebenarnya berkaitan dengan sains, yang mana secara umum zat kimia dapat berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik, yaitu pada beberapa jenis zat tersebut. Untuk Anda mengerti, mengenal, atau tahu zat-zat kimia apa yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik, maka Anda semua bisa ketahui semuanya di artikel ini. Maka dari itu, silahkan Anda simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Beberapa Zat Kimia yang Berfungsi Untuk Menghantarkan Rangsang Listrik

Nah perlu Anda ketahui, dalam ilmu sains, zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik adalah zat yang dikenal dengan nama Neurotransmitter. Oleh karena itu, maka berikut adalah zat kimia berupa Neurotransmitter yang bisa menghantarkan rangsang listrik.


Zat Kimia - Neurotransmitter Rangsang

Salah satu zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik adalah Neurotransmitter rangsang, yang mana ia dapat bekerja dengan cara mendorong neuron target untuk melakukan suatu tindakan. Sebagai contoh dari eksitasi neurotransmitter yang terkenal, antara lain ada seperti epinefrin dan norepinefrin.


Zat Kimia - Neurotransmitter Inhibisi

Berikutnya ada zat kimia dengan jenis Neurotransmitter Inhibisi. Nah zat kimia ini tentunya dapat menghambat aktivitas neuron, sehingga dengan begitu maka ia dapat bertentangan dengan cara kerja Neurotransmitter rangsang. Sebagai contoh, seperti pada Neurotransmitter Serotonin penghambat. Namun meski begitu, zat kimia tersebut terdapat beberapa Neurotransmitter yang memang bisa bekerja sebagai eksitasi dan inhibisi, seperti dopamin dan asetilkolin.


Zat Kimia - Neurotransmitter Modulator

Lalu ada zat kimia berupa Neurotransmitter Modulator atau yang lebih sering disebut dengan Neuromodulators. Nah zat kimia ini adalah jenis Neurotransmitter yang bisa mempengaruhi neuron dalam jumlah besar pada satu waktu. Namun tidak hanya itu saja, modulator Neurotransmitter ini juga bisa untuk berkomunikasi dengan jenis Neurotransmitter lainnya.


Beberapa Neurotransmitter yang Terkenal dan Umum Untuk Anda Ketahui

  • Dopamine: Dopamine adalah suatu Neurotransmitter yang memang berperan penting untuk memori, perilaku, pembelajaran sesuatu, dan bahkan bisa berguna untuk mengkoordinasikan gerakan tubuh.

  • Endorfin: Neurotransmitter ini tentunya juga cukup terkenal, hal itu karena memang ia dapat bekerja dengan cara memblokir sinyal rasa sakit dan menciptakan suasana diri energi dan juga perasaan yang euforia.

  • Serotonin: Merupakan Neurotransmitter yang terkenal karena memang ia adalah Neurotransmitter yang berperan dalam mengatur suasana hati serta mengatur pembekuan darah, nafsu makan, aktivitas tidur, dan juga bisa pada ritme sirkadian.

Nah jadi itulah artikel dari kami yang membahas mengenai beberapa zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik. Semoga artikel ini jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda ingin mempunyai Genset, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Commentaires


bottom of page