3 Cara Mengatasi Pompa Menyala Tapi Tidak Keluar Air


3 Cara Mengatasi Pompa Menyala Tapi Tidak Keluar Air

Permasalahan pompa menyala namun air tidak keluar bukanlah permasalahan yang berat, ini sangat umum dijumpai oleh para penggunanya. Meski begitu, Anda bisa mengatasinya dengan cara sederhana. Anda bisa mengikuti cara mengatasi pompa menyala tidak keluar air di bawah ini.


Ini Cara Mengatasi Pompa Menyala Tidak Keluar Air


Ketika Anda dihadapkan dengan permasalahan pompa yang menyala namun air tidak keluar, maka yang harus Anda lakukan pertama-tama adalah membuka tempat pemancingan air yang terdapat pada pompanya terlebih dahulu.


Selanjutnya, Anda bisa memperhatikan kondisi di dalam tangki pemancingannya, apakah terdapat air atau tidak. Jika Anda menemukan air di dalam pompa tersebut dengan kapasitas yang penuh, maka dapat disimpulkan ini terdapat kerusakan pada pompa airnya.

Namun, jika Anda tidak menemukan air sama sekali alias kosong pada tangki pemancingan, Anda bisa mengatasinya dengan memasukan air ke dalam lubang tangki pemancingan. Dengan cara inilah Anda bisa mengatasi pompa air menyala tapi air tidak keluar.


Permasalahan seperti ini sebenarnya terbilang sangat umum dan seringkali dijumpai.

Asal akar permasalahan ini terjadi karena adanya permasalahan pada putaran dinamo semisalnya putaran yang berat, lambat, atau lemah bahkan suara bising pun tidak akan terdengar.


Lalu, sebetulnya apa sih penyebab pompa menyala namun air tidak keluar? Biasanya ada beberapa faktor yang menyebabkan permasalahan ini terjadi di antaranya akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini.


Penyebab Pompa Air Hidup Air Tidak Keluar


Permasalahan pompa air yang hidup namun air tidak keluar maka ada 3 kemungkinan ini bisa terjadi diantaranya ialah sebagai berikut.


1. Ketersediaan Air yang Minim

Permasalahan pertama yang menyebabkan air tidak keluar meskipun pompa menyala ialah tidak adanya ketersediaan air yang cukup.


Di mana jika sumur tidak memiliki air yang cukup untuk dihisap, maka air akan berhenti mengalir dari mesin pompa sekalipun mesin pompa menyala.


Solusinya, Anda bisa memasangkan stop kran pada saluran keluarnya air, yang mana saat pompa dihidupkan, Anda bisa membuka krannya.


Di mana ketika Anda membuka kran secara penuh air berhenti mengalir dan jika pada bukaan kecil air dapat mengalir maka disimpulkan permasalahannya ada pada sumber airnya.


2. Spesifikasi Pompa

jika Anda sudah memastikan bahwa ketersediaan air tersebut mencukupi namun air tetap tidak keluar, maka permasalahannya ini dapat terjadi karena spesifikasi pompa yang tidak sesuai.


Maka pastikan Anda memperhitungkan pemasangan pompa yang sesuai dengan spesifikasinya untuk mengantisipasi debit sumber air dan pemeliharaan kinerja mesin pompa agar tetap bisa maksimal.


3. Pemasangan Pipa Hisap yang Tidak Benar

Terakhir, yang menjadi akar permasalahan air yang tidak keluar meskipun air menyala ialah terjadi karena pemasangan pipa hisap yang tidak tepat.


Pemasangan pipa hisap yang yang mendasar ke dalam sumur dan berisiko terbenam ke dalam lumpur atau endapan umur yang membuat foot valve tersumbat dapat menjadi akar permasalahannya.


Selain itu ada faktor lainnya yang berasal dari pipa hisap dan membuat air tidak keluar yakni adanya kebocoran atau sambungan yang tidak tepat. Inilah yang menjadikan air tidak keluar meskipun pompa menyala.


Dengan mengetahui penyebab hingga cara mengatasi pompa menyala tidak keluar air ini Anda bisa mengatasi permasalahannya secara benar dan tepat. Bagi Anda yang ingin mendapatkan pompa air berkualitas Anda bisa menghubungi distributor alat teknik Indah Jaya dengan mengklik tautan berikut ini https://indahjaya.com