5 Cara Agar Genset Tidak Cepat Panas Saat Digunakan


5 Cara Agar Genset Tidak Cepat Panas Saat Digunakan

Bagi pemilik genset, penting untuk mengetahui cara agar genset tidak cepat panas ketika digunakan. Tujuannya adalah agar kinerja genset bisa menjadi lebih optimal dan juga terhindar dari berbagai ancaman kerusakan.


Ketika genset berada dalam kondisi yang panas umumnya akan menurunkan kinerja dari mesin tersebut. Sehingga luaran tegangan yang dihasilkan pun bisa menjadi tidak optimal. Akibatnya, pasokan tenaga listriknya pun menjadi tidak maksimal.


5 Cara Agar Genset Tidak Cepat Panas Saat Digunakan

Bagi Anda yang menggunakan genset untuk kebutuhan sumber daya listrik alternatif, berikut adalah beberapa tips penting mencegah genset cepat panas.


1. Cara Agar Genset TIDAK Cepat Panas: Tempatkan Genset Pada Tempat Terlindung

Salah satu cara yang bisa dipertimbangkan kalau Anda ingin mencegah panas berlebih pada mesin genset adalah meletakkan mesin tersebut pada tempat yang terlindung. Ketika mesin genset berada pada lingkungan yang terlindung dari paparan sinar matahari maka suhu mesin pun akan menjadi lebih stabil.


Sehingga tidak akan membuat mesin genset tersebut menjadi lebih cepat panas. Apabila Anda meletakkan genset pada tempat yang terkena sinar matahari, maka akan membuat mesin tersebut lebih cepat mengalami peningkatan suhu.


2. Gunakan Genset Pada Tempat Bersirkulasi Baik

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk mencegah genset agar tidak cepat panas adalah menggunakan pada tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Ketika Anda menempatkan genset pada ruangan dengan sirkulasi kurang baik maka akan membuat perputaran udara menjadi tidak lancar.


Akibatnya ruangan tersebut menjadi lebih cepat panas sehingga bisa berimbas pada terjadinya overheating pada mesin genset Anda. Jadi sebelum menyalakan genset, pastikan kalau mesin tersebut berada pada lokasi dengan aliran udara cukup bagus.


3. Bersihkan Mesin Genset Secara Berkala

Cara Agar Genset tidak Cepat Panas yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah dengan membersihkan mesin secara berkala. Seperti perlengkapan pada umumnya, mesin genset juga rawan mengalami kotor, berdebu, dan lain sebagainya.


Ketika mesin genset dalam kondisi kotor maka bisa membuat mesin tersebut bekerja lebih keras. Imbasnya, mesin genset pun bisa menjadi lebih cepat panas yang pada akhirnya bisa menyebabkan overheating pada mesin.


4. Cek Secara Rutin Mesin Genset Anda

Ketika digunakan, mesin genset bisa saja mengalami penurunan kinerja. Misalnya diakibatkan oleh adanya spare part yang kurang baik atau sudah rusak. Ketika ada komponen yang rusak, maka bisa membuat mesin genset tidak bisa bekerja secara maksimal.


Pada kondisi tertentu, justru bisa membuat mesin genset rentan mengalami kondisi overheating. Maka dari itu, tidak ada salahnya melakukan pengecekan mesin secara rutin untuk menghindari terjadi kerusakan-kerusakan yang lebih parah saat digunakan.


5. Perhatikan Kondisi Oli Genset

Pada sistem permesinan, oli merupakan komponen penting yang berfungsi untuk mendinginkan mesin. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa mesin genset memiliki oli dalam kondisi yang prima.


Jangan sampai oli di dalam mesin genset menjadi kering. Karena hal tersebut bisa membuat gesekan antar komponen mesin menjadi lebih cepat panas. Sehingga mengakibatkan mesin genset mengalami kondisi overheating ketika digunakan. Selain itu, pastikan juga Anda mengganti oli mesin genset secara rutin agar proses pendinginan mesin tetap berjalan secara optimal.


Itulah beberapa cara agar genset tidak cepat panas yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang membutuhkan genset, bisa langsung menghubungi Indah Jaya Group dan dapatkan penawaran terbaiknya sekarang juga.