5 Cara Mengatasi Pipa Filtrasi Pompa Celup Kotor


5 Cara Mengatasi Pipa Filtrasi Pompa Celup Kotor

Penjelasan cara mengatasi pipa filtrasi pompa celup kotor sangat dibutuhkan agar pompa dapat digunakan secara optimal. Selain itu supaya air yang dihasilkan memiliki kualitas yang cukup bagus.


Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja cara yang perlu dilakukan, mari simak penjelasan berikut!


5 Cara Mengatasi Pipa Filtrasi Pompa Celup Kotor


Pompa celup atau yang memiliki nama lain submersible pump merupakan pompa air yang dimanfaatkan untuk menguras air seperti pada kolam ikan, air mancur, kolam renang, saluran irigasi, sumur dan lain-lain. Uniknya, pompa air jenis ini dapat digunakan secara langsung pada tempat air atau dicelupkan. Pompa celup juga dapat digunakan pada air bersih dan air kotor.


Penggunaan pompa celup mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya tidak memunculkan suara berisik, dapat bertahan dari risiko berkarat, daya listrik yang digunakan cukup minim, memudahkan mendorong air ke permukaan tanpa butuh tenaga yang ekstra, dan tidak membutuhkan tempat yang luas karena dapat direndam di dalam air.

Sayangnya, Anda perlu merogoh kocek lebih banyak untuk mendapatkan pompa celup ini, karena kualitas yang dimiliki dapat mengurangi risiko kerusakan. Dan ketika terjadi kerusakan, perlu perbaikan yang cukup rumit dan perlu mengangkat pompa dari air ke permukaan.Terkadang saat pengangkatan air terdapat kotoran yang muncul, seperti pasir, tanah, kerak, dan lain-lain.


Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi pipa filtrasi pompa celup kotor:


1. Angkat terlebih dahulu pompa celup ke permukaan

Dengan mengangkat pompa celup ke permukaan akan memudahkan pembongkaran pompa dan pipa untuk dibersihkan.


2. Siapkan alat untuk membuka rakitan dan untuk membersihkan pompa

Alat yang Anda butuhkan untuk membuka rakitan pompa diantaranya obeng, kunci pas, dan alat lain yang sekiranya diperlukan. Untuk membersihkannya dapat menggunakan sikat gigi bekas, bisa juga memakai kuas.


3. Ketiga, bongkar instalasi pompa celup

Anda dapat membongkar terlebih dahulu pompa dan pipa tersebut, kemudian buka penutup kipas yang terdapat pada samping bodi pompa. Lalu buka penutup ruang hisap yang terdapat pada mesin pompa. Ruang hisap itu biasanya dikunci dengan menggunakan empat baut.


4. Keempat, lakukan pembersihan pada bagian pompa

Bilas terlebih dahulu kotoran baik pasir maupun lainnya yang terletak di saluran outlet dan inlet pada mesin pompa, untuk membuka mesin tersebut gunakan obeng. Kemudian bilas dengan sikat gigi bekas yang sebelumnya sudah disediakan.


Putar kipas sesuai dengan putaran mesin pompa secara manual dengan diguyur air dari saluran outlet hingga inlet sampai semua kotoran keluar dari mesin.


5. Kelima, pasang kembali pompa yang telah dibersihkan

Setelah selesai dibersihkan, pasang lagi penutup ruang hisap dan penutup kipas pompa. Lalu pasang ulang pipa pada pompa celup.


Untuk melakukan pembersihan pada pipa pompa, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara salah satunya dengan rigid system atau memasukkan kawat spiral pada pipa dan memutarnya agar kotoran di dalam pipa dapat keluar.


Semoga penjelasan di atas mengenai cara mengatasi pipa filtrasi pompa celup kotor dapat memudahkan Anda dalam mempraktikkannya. Apabila mengalami kesulitan, Anda dapat menghubungi jasa reparasi pompa celup terdekat agar perbaikan bisa dilakukan dengan segera dan pompa dapat digunakan kembali. Jangan lupa untuk mengunjungi situs Indahjaya.com apabila Anda membutuhkan alat-alat teknik yang berkualitas dan pelayanan terbaik. Semoga bermanfaat!