5 Kerugian yang Diderita Saat Mati Lampu atau Mati Listrik di Rumah



Listrik adalah sebuah daya yang dibutuhkan dalam beberapa peralatan, seperti device elektronik, mesin, ataupun sebagainya. Namun saat daya listrik tidak ada dari pusat atau PLN, maka jelas itu akan membuat aliran listrik tidak bisa didapatkan, dan anda semua tentunya harus menggunakan Genset sebagai daya pasok listrik untuk kebutuhan listrik anda.


Namun apakah mati listrik itu tidak bisa menyebabkan kerusakan atau kerugian? Tentunya mati lampu bisa merugikan, bahkan di rumah pun juga tidak luput dari yang namanya kerugian saat mati lampu. Oleh karena itu bagi anda yang ingin tahu apa dampak dari mati lampu atau mati listrik terutama saat di rumah, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!

Inilah 5 Kerugian yang Diderita Saat Mati Lampu atau Mati Listrik di Rumah


1. Alat Elektronik Akan Rusak

Tentunya yang paling utama adalah alat elektronik, karena memang untuk menyalakan elektronik membutuhkan tenaga listrik. Jika terjadi mati lampu atau mati listrik saat ada elektronik yang menyala, maka itu akan bisa berpotensi terhadap kerusakan, apalagi jika perangkat elektronik anda menggunakan power supply. Selain itu daya listrik yang tiba-tiba mati apalagi tiba-tiba langsung menyala juga bisa berdampak pada kerusakan komponen daya listrik pada elektronik, karena elektronik yang tercolok membutuhkan daya listrik.


2. Rumah Menjadi Gelap Saat Malam

Namanya mati lampu pasti akan tidak ada lampu yang menyala. Beruntung jika anda mengalami mati lampu saat siang, karena mati lampu saat malam hari sangat berpotensi pada banyak resiko bahaya. Contohnya seperti ruangan gelap, yang mana itu bisa membuat anda sulit untuk melihat ada apa di depan anda, lalu ruangan yang gelap juga bisa membuat maling dengan mudahnya menerobos masuk rumah anda tanpa ketahuan.


3. Mata Bisa Rusak Karena Tidak Ada Pencahayaan Ketika Mati Lampu di Malam Hari

Perlu kalian tahu, mata kita tidak boleh melihat lama-lama saat keadaan gelap, karena itu akan mengganggu penglihatan dari mata kita. Jika mati lampu di malam hari maka anda harus siapkan penerangan berupa cahaya dari sumber manapun, dan itu sangat dibutuhkan terutama ketika anda berniat ingin membaca atau melihat sesuatu. Namun sialnya jika pencahayaan yang anda punya sudah habis daya baterainya, maka anda hanya bisa mengandalkan cahaya alami dari api.


4. Bisa Berpotensi Pada Kebakaran

Ketika gelap dan membutuhkan cahaya di malam hari, maka selain senter anda juga bisa menggunakan cahaya dari api. Namun seperti yang kita tahu, api bisa membuat panas dan kebakaran, dan itu bisa terjadi apabila anda lalai dalam menempatkan sumber apinya. Selain itu potensi kebakaran juga bisa terjadi ketika nyala lampu, yang mana ketika mati lampu saat banyak elektronik menyala dan tidak dicabut, maka ketika menyala bisa saja ada percikan api yang sangat berbahaya.


5. Panas dan Bisa Membuat Anda Berkeringat

Tidak ada yang bisa menyalakan elektronik saat terjadi mati lampu, berbeda jika menggunakan Genset. Nah kipas ataupun ac, pastinya membutuhkan listrik, yang mana kedua alat itu berguna sebagai pemberi hawa dingin atau pengusir hawa panas. Jika terjadi mati lampu baik siang dan malam, pastinya anda yang berada pada ruangan akan merasakan panas, dan tentunya itu akan membuat anda berkeringat yang mana itu bisa membuat anda merasa tidak nyaman, seperti sulit bernafas hingga sulit untuk tidur.


Jadi itulah beberapa kerugian yang bisa anda alami di rumah ketika sedang mati lampu, semoga anda pahami dan share kepada yang lainnya dengan menggunakan media yang ada dan tersedia. Untuk mengatasi mati lampu, maka anda memerlukan Genset, dan Genset terbaik untuk anda adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, anda bisa miliki dan ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com