Anti Ribet! Berikut Tips Mudah Merawat Genset



Generator set atau yang dikenal oleh banyak orang sebagai genset. Sebuah alat kebutuhan perumahan maupun industri yang berfungsi menghasilkan pasokan daya listrik untuk sementara ketika sumber listrik utama dari aliran PLN mati.


Sangat wajar genset dapat diandalkan dalam situasi tersebut. Setiap menggunakan genset patut untuk melakukan pengecekan seperti alat lainnya. Perawatan mesin demi menjaga ketahanan genset dalam jangka waktu yang lama dan tetap berjalan dengan optimal. Dengan perawatantepat, maka genset pun aman dari kata rusak dan dapat bekerja secara efektif dan awet. Berikut ini Penulis merangkum beberapa tips mudah cara merawat genset.

Jaga Kebersihan Genset


Yang pertama Anda perhatikan dalam merawat genset adalah membersihkan debu, minyak, air yang menempel pada genset ataupun kotoran. Terutama pada bagian Radiator genset, usahakan membersihkannya secara terjadwal, sehingga genset agar tetap terjaga kondisinya dan bertahan lama dapat penggunaan.


Posisikan Genset pada Tempat yang Kering


Salah satu yang membuat genset terawat adalah menaruh tempat yang kering, karena komponen mesin genset itu sensitif rusak jika terkena air, terik matahari dan faktor lainnya. Selain itu jika meletakkan posisi genset secara sembarangan misalnya di dekat tempat bermain anak-anak bisa berpotensi membahayakan keselamatan anak.


Selalu Mengganti Spare Part Genset Secara Berkala


Umur mesin akan ada waktunya dimana, kinerja komponen mesin itu mulai menurun. Untuk mengantisipasi agar mesin tetap optimal, maka gantilah komponen mesin dengan spare part baru agar komponen lain tidak ikut rusak dan membuat genset mati secara keseluruhan jika tidak segera diatasi. Untuk mengetahui komponen genset apa saja yang kapan waktu tepat untuk memeriksa dan mengganti bagian tersebut, Anda dapat mengetahui dengan membaca buku panduan ketika membeli genset tersebut.


Selalu Ikuti Buku Panduan dalam Pengoperasian Genset


Ketika menggunakan genset maka pastikan Anda membaca buku petunjuk dan pahami secara benar sehingga tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan terjadinya kerusakan pada genset. Kalau perlu Anda bisa bertanya kepada yang lebih paham tentang pengoperasian genset seperti pedagang genset atau teman yang paham tentang dunia genset.


Perhatikan Kabel kabel Instrument pada Genset


Pada bagian Genset terdapat kabel kabel yang harus diperhatikan, dan sangat perlu dirawat karena kabel kabel tersebut merupakan bagian dari perlengkapan penting dalam sebuah mesin Generator set itu sendiri. Jangan sampai ada bagian kabel yang sampai terkelupas itu bisa membahayakan Anda dan juga berpotensi mengalami konsleting pada mesin Genset.


Pastikan Sekeliling Genset Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik


Ketika Genset beroperasi di sebuah ruangan, pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik. Ketika gas buangan dari pembakaran mesin genset tidak terhirup oleh Anda dan orang sekitar. Faktor lain juga, perputaran udara yang baik membuat mesin genset tidak gampang panas.


Segera Mematikan Genset Ketika Ada Hal Ganjal pada Mesin


Saat mengoperasikan genset mengalami kejadian sesuatu yang tidak wajar, seperti ambil contoh suara yang sangat kencang padahal sebelumnya suara tidak seperti biasa penggunaan, atau juga bergetar genset terlalu kuat, maka salah satu antisipasi segera matikan genset tersebut. Lalu segera melakukan cek ulang kondisi genset setelah dalam kondisi mati.


Cek Oli Genset Secara Berkala


Mengganti Oli merupakan salah satu penanganan agar mesin genset menjadi awet bertahun-tahun. Lakukan pemeriksaan secara teratur, ketika oli mesin genset sudah terlihat hitam, keruh atau volume oli sudah berkurang dari batas normal, segera mengganti oli yang baru. Hitungan mengganti oli batasnya setiap 6 bulan sekali.


Periksa Bahan Bakar


Hal penting lainnya yang patut diperhatikan periksalah bahan bakar genset di dalam tabung, apakah masih mencukupi atau tidak, karena jika bahan bakar genset itu mengalami kekeringan membuat genset mudah rusak.


Itulah beberapa tips mudah merawat genset agar awet pemakaian hingga bertahun-tahun. Semoga dengan artikel ini Anda bisa memahami genset yang ada beli.