top of page

Sistem Anti-Two Block: Perlindungan Ekstra Terhadap Risiko Collision



Dalam dunia industri khususnya yang berkaitan dengan penggunaan crane dan hoist, keselamatan adalah aspek yang sangat penting. Salah satu teknologi yang mendukung keselamatan ini adalah sistem anti-two block. Sistem ini berfungsi sebagai pengaman tambahan untuk mencegah kecelakaan yang disebabkan oleh collision atau tabrakan antara bagian-bagian crane. Artikel ini akan mengupas tentang sistem anti-two block, fungsinya, dan bagaimana sistem ini meningkatkan keamanan operasional crane.


Mengenal Sistem Anti-Two Block


Sistem anti-two block adalah perangkat keamanan yang dirancang untuk mencegah kondisi "two blocking", yaitu situasi di mana bagian atas hook crane mendekati atau menyentuh bagian atas boom atau bagian pengangkat lainnya. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan pada crane dan bahkan kecelakaan kerja. Sistem ini biasanya menggunakan sensor yang memantau jarak antara hook dan bagian atas crane.


Fungsi Sistem Anti-Two Block


Fungsi utama dari sistem anti-two block adalah sebagai berikut:


1. Pencegahan Two Blocking: Mencegah hook crane mendekati terlalu dekat dengan bagian atas boom, yang bisa menyebabkan tabrakan atau kerusakan.

2. Peningkatan Keselamatan Kerja: Dengan mencegah two blocking, sistem ini secara signifikan meningkatkan keselamatan di tempat kerja.

3. Mencegah Kerusakan Peralatan: Mencegah kerusakan yang mungkin terjadi pada crane akibat two blocking.

4. Pengawasan Kontinu: Sistem ini memberikan pengawasan secara terus-menerus selama operasi crane, memastikan operasi berlangsung dalam kondisi yang aman.


Apa yang Membuat Sistem Anti-Two Block Lebih Aman?


Beberapa aspek yang membuat sistem anti-two block menjadi lebih aman adalah:


1. Deteksi Otomatis: Sistem ini secara otomatis mendeteksi potensi two blocking dan memberikan peringatan dini.

2. Intervensi Otomatis: Dalam beberapa sistem, ketika potensi two blocking terdeteksi, sistem dapat otomatis menghentikan operasi crane untuk mencegah collision.

3. Teknologi Sensor Canggih: Menggunakan sensor canggih yang akurat dalam mendeteksi jarak antara hook dan bagian atas crane.

4. Adaptasi dengan Berbagai Jenis Crane: Sistem ini dapat diintegrasikan dengan berbagai jenis crane, meningkatkan fleksibilitas dan aplikasinya di berbagai lingkungan kerja.


Kesimpulan


Sistem anti-two block adalah inovasi penting dalam industri yang berhubungan dengan penggunaan crane dan hoist. Dengan berbagai fungsi dan teknologi canggih, sistem ini tidak hanya mencegah two blocking tetapi juga secara signifikan meningkatkan keselamatan di tempat kerja. Penggunaan sistem anti-two block adalah langkah proaktif dalam mengelola risiko dan memastikan operasi yang aman. Untuk sistem crane dan hoist yang dilengkapi dengan teknologi terbaru termasuk sistem anti-two block, Elephant Crane and Hoist yang tersedia di Indahjaya.com merupakan pilihan yang andal. Produk-produk Elephant Crane and Hoist dirancang dengan mempertimbangkan keamanan dan efisiensi, memastikan bahwa setiap operasi lifting dapat dilakukan dengan aman dan efektif.


Commentaires


bottom of page