top of page

Informasi Lengkap Apa Itu Jack Stand dan Fungsi Serta Kegunaannya



Kendaraan yang paling umum digunakan serta cukup elegan di mata banyak orang, tentunya itu adalah mobil. Nah hal itu karena selain tidak memerlukan keseimbangan dalam mengendarainya, mobil juga dapat membuat penumpangnya aman, baik itu dari hujan, panas, atau bahkan tindak kejahatan yang ada. Selain mobil, truk dan bisa pun juga termasuk, yang mana ia dilengkapi dengan ban yang notabene lebih banyak.


Namun mengendarai kendaraan roda 4 atau lebih sebenarnya beresiko, seperti salah satunya adalah jika ban mengalami kebocoran alias kempes. Nah jika terjadi seperti itu, maka tidak seperti roda 2, roda 4 harus menggunakan alat tertentu untuk membuat kendaran tersebut naik, sehingga roda yang bocor dapat dibuka untuk diperbaiki. Alat yang dapat memungkinkan itu, tentunya adalah alat yang dikenal dengan nama Jack Stand dan Anda perlu ketahui itu!


Informasi Lengkap Mengenai Jack Stand

Apa itu Jack Stand? Nah dari pembahasan kami sebelumnya, tentunya sudah dapat Anda simpulkan bahwa Jack Stand itu adalah alat penyanggah yang memang berguna membuat kendaraan roda 4 atau lebih itu naik di bagian tertentu, alias pada posisi di Jack Stand yang terpasang. Namun perlu digaris bawahi, Jack Stand bukan alat yang dapat mengangkat kendaraan roda 4 atau lebih, melainkan ia adalah alat penyanggah. Jadi dengan begitu, untuk membuat kendaraan ke lifting, maka dibutuhkanlah dongkrak lalu Jack Stand akan berperan menyanggah kendaraan tersebut agar ia tidak turun kembali.


Nah Jack Stand dapat melakukan itu, dikarenakan ia memiliki poros (tube) yang dapat dikeluarkan dari dalam stand dan juga dikunci (lock pin). Kemudian ketinggiannya (lever) pun bisa disesuaikan oleh Jack Stand, lalu jika sudah tidak terpakai maka stand yang bisa diangkat tersebut bisa dikembalikan kembali masuk ke dalam Jack Stand tersebut. Kemudian, pada kebanyakan penggunaan dari Jack Stand sendiri, ia akan lebih diarahkan pada chassis kendaraan yang memang tidak masalah jika disanggah oleh Jack Stand. Jadi sebenarnya, menggunakan Jack Stand dengan benar dan tepat memerlukan keahlian atau pengetahuan yang tepat.


Fungsi Serta Kegunaan dari Jack Stand

Untuk lebih jelasnya dan rinci kegunaan dari Jack Stand, maka Anda bisa mengetahui lebih lengkapnya di pembahasan yang ada di berikut ini:

  • Pada dasarnya Jack Stand adalah alat yang bisa digunakan untuk menopang, yang mana memang bisa secara vertikal atau horizontal. Jadi pastinya kegunaan utama dari Jack Stand, yaitu untuk menopang kendaraan roda 4 atau lebih ketika ia sudah didongkrak. Nah baik itu untuk mengganti roda, atau memperbaiki serta mengganti ban yang ada pada roda.

  • Tidak selalu berkaitan dengan roda, Jack Stand juga berkaitan dengan rem pada kendaran. Nah karena pada dasarnya rem yang ada pada kendaran roda 4 atau lebih berada dekat dengan roda, lalu untuk membongkarnya maka roda juga harus dibongkar. Maka sudah pasti selain menggunakan car lift, maka Jack Stand juga bisa menjadi alat untuk memungkinkan mobil tetap tersanggah pada posisi yang memungkinkan mekanik untuk memperbaiki rem.

  • Selain kendaraan, Jack Stand juga bisa digunakan untuk menyanggah berbagai komponen berat lainnya. Namun itu harus dalam penyesuaian yang tepat, alias tidak berat sebelah, dikarenakan jika berat sebelah maka Jack Stand tidak bisa menyanggahnya dan akan membuat benda tersebut jatuh dari Jack Stand. Jadi ada baiknya jika ada Jack Stand lain yang digunakan pada sisi sebelahnya, lalu pastikan juga beratnya memang tidak melebihi kapasitas maksimum dari Jack Stand.

Nah itulah artikel dari kami yang membahas mengenai Jack Stand, berikut juga dengan kegunaan serta fungsinya. Semoga jadi manfaat untuk Anda semua, terutama menambah pengetahuan Anda terkait dengan Jack Stand. Jika Anda tertarik ingin memiliki Jack Stand atau mungkin perkakas lainnya, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page