top of page

Informasi Lengkap Tentang Apa Itu Long Drat Serta Kegunaannya



Sebagian besar komponen pada alat atau benda yang terpasang, biasanya itu disambung karena memang mereka menyambungnya dengan baut, mur, ataupun sekrup. Lalu untuk memasang ataupun membuka baut ataupun sekrup, maka biasanya itu akan mengandalkan alat perkakas obeng. Namun obeng yang digunakan pun harus sesuai dengan baut atau sekrup, hal itu karena baut dan sekrup memiliki beberapa jenis.


Selain memiliki beberapa jenis, baut ternyata juga ada memiliki beberapa ukuran, ada yang kecil, besar, hingga bahkan panjang. Baut panjang juga terdiri dari beberapa jenis, tetapi yang paling panjang atau bahkan besar ada di jenis baut Long Drat. Nah melalui artikel ini kami mau mencoba memperkenalkan kepada Anda semua mengenai baut Long Drat, begitu juga dengan kegunaannya. Maka dari itu, silahkan simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Lengkap Mengenai Long Drat

Apa itu Long Drat? Nah seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, Long Drat itu adalah salah satu jenis dari baut, yang mana ia adalah baut dengan ukuran panjang dan besar yang melebihi daripada baut pada umumnya. Jelasnya, Long Drat merupakan salah satu bagian atau komponen yang ukurannya cukup panjang dan besar, tetapi ciri jelasnya adalah dari bentuknya, yaitu ia berbentuk batangan berulir atau batangan logam yang sepanjang batangan tersebut berupa Ulir atau bisa disebut sebagai full ulir.


Nah kemudian, ada mur yang melengkapi ulir batangan tersebut, tentunya dengan ukuran yang juga cukup besar. Lalu perlu Anda ketahui, ulir pada Long Drat terdiri dari 2 macam jenis berdasar arah dari alur ulir Long Drat yaitu diantaranya ada ulir kanan yaitu arah alur ulir yang berawal dari kiri menuju kanan. Kemudian ada ulir kiri yang berawal dari kanan menuju kiri. Tidak hanya itu, ulir pada Long Drat juga ada 2 macam jenis berdasar jarak ulir, seperti ulir Metrik dengan satuan milimeter dan simbol M, hingga ulir With Worth dengan satuan Inchi dan simbol W.


Fungsi dan Kegunaan dari Long Drat

Karena Long Drat adalah baut tetapi dengan ukuran atau panjang yang tidak biasa, maka alat atau komponen tersebut memiliki fungsi atau kegunaan yang cukup lain daripada baut pada umumnya. Nah fungsi dan kegunaan khusus untuk Long Drat adalah sebagai berikut:


  • Long Drat dapat digunakan untuk mengikat komponen mesin atau benda kerja, memang biasa tetapi itu dengan jangkauan yang lebih besar daripada baut biasa.

  • Kemudian Long Drat juga bisa berperan sebagai onderdill untuk mengadjuster komponen mesin, contohnya seperti tension belt conveyor, chain drive, stroke cylinder pneumatik, dan lain sebagainya yang sesuai.

  • Long Drat berguna untuk menahan beban benda kerja dengan posisi tertentu sesuai kebutuhan yang diperlukan.

  • Dengan menggunakan ulir yang ada pada Long Drat, maka sebuah benda kerja atau komponen mesin bisa di setting pada posisi atau kondisi tertentu sesuai kebutuhan yang diinginkan. Hal itu bisa terjadi karena dengan Long Drat mempunyai stroke yang panjang sepanjang ulir Long drat tersebut.

  • Long Drat ini pada dasarnya merupakan baut yang berukuran panjang dengan seluruh bagian batangnya full alur ulir, sehingga dengan begitu maka Anda bisa menggunakan semua titik alur ulir tersebut sesuai kebutuhan yang memang ada, terutama dengan ukuran yang besar.


Jadi itulah informasi lengkap mengenai apa itu Long Drat, begitu juga dengan kegunaannya. Semoga artikel ini jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah bilamana Anda tertarik dengan perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page