Mengenal Apa Itu Mata Obeng Ketok Serta Kegunaannya Untuk Apa Saja



Obeng adalah alat yang dapat digunakan sebagai pembuka atau pemasang dari baut, mur, ataupun sekrup. Tetapi itu jika obeng yang digunakan memang sudah sesuai dengan kepala baut, mur, dan juga sekrup. Dengan banyaknya jenis baut, mur, dan sekrup, maka obeng juga memiliki banyak jenis, seperti yang paling umum ada di banyak tempat adalah obeng plus dan juga obeng minus.


Bukan hanya obeng yang memiliki banyak jenis, melainkan obeng plus dan minus juga memiliki varian lain pada jenis lain, yaitu pada jenis obeng ketok yang dimana itu ada pada mata obeng ketok. Untuk lebih jelasnya agar anda paham mengenai mata dari obeng ketok berikut juga dengan kegunaannya, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!

Mengenal Mata Obeng Ketok yang Perlu Anda Ketahui

Obeng ketok adalah salah satu jenis obeng yang ciri dan penggunaannya sesuai dengan namanya, yaitu di ketok atau digedor dengan alat bantu lainnya. Nah tentunya sama dengan banyak jenis obeng lainnya, obeng ketok juga memiliki mata obeng yang dapat digunakan pada baut, mur, atau sekrup khusus yang sesuai dengan mata obeng ketok. Nah mata obeng ketok berbentuk seperti selongsong yang semuanya terbuat dari material logam, sehingga dengan begitu maka batang pada obeng ketok dikenal cukup berbeban berat.


Nah dengan penggunaannya yang dipukul, diketok, atau digedor, maka tidak mungkin mata obeng ketok berbentuk kotak ataupun bulat, karena pastinya ketok yang digunakan memang dilakukan untuk menciptakan momentum agar objek dapat dimasuki oleh mata obeng dari obeng ketok. Obeng ketok sendiri diketahui memiliki beberapa jenis mata obeng dari jenis obeng lain, seperti 2 yang paling umum yaitu mata obeng minus dan plus, hingga mata obeng bintang.

Fungsi Serta Kegunaan dari Mata Obeng Ketok

Fungsi dan kegunaan mata obeng dari obeng ketok, tentunya hampir sama dengan obeng pada umumnya, yaitu memasang, mengendurkan, mengencangkan, hingga bisa membuka mur, baut, dan juga sekrup. Tetapi itu tentunya tidak semua pada jenis baut, karena mata obeng ketok juga harus disesuaikan dengan baut, mur, atau sekrup itu sendiri. Contohnya jika ada baut plus, maka obeng ketok bisa menggunakan mata obeng ketok yang berjenis plus, begitu juga dengan yang lainnya.


Tetapi bukan berarti kegunaannya sama dengan beberapa jenis obeng lainnya, karena obeng ketok memiliki kelebihannya sendiri dalam membuka atau memasang baut, mur, atau sekrup. Obeng ketok memiliki mekanisme penggerak yang dapat memberikan gaya rotasi yang sangat kuat daripada beberapa obeng lainnya, sehingga dengan begitu maka kelebihan obeng ketok atau mata obeng ketok, yaitu dapat digunakan untuk membuka atau memasang baut yang memang memiliki kekencangan kuat atau memang baut tersebut berukuran besar.


Dengan mata obeng yang dapat diganti-ganti karena adanya socket khusus yang dapat berguna membuat mata obeng bisa dibongkar pasang, maka obeng ketok bisa menjadi pilihan banyak orang dalam membuka atau memasang baut plus, minus, dan bahkan bintang. Yang dimana bisa berguna pada ukuran baut, mur, dan sekrup besar, atau bahkan yang memang sulit digerakan oleh obeng biasa.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai mata obeng ketok, berikut juga dengan kegunaannya. Semoga jadi manfaat untuk anda semua, dan sekiranya bisa anda share kepada yang lainnya. Bilamana anda tertarik dengan obeng, tetapi ingin yang berkualitas dan terbaik, maka perkakas Tenka bisa menjadi pilihan anda. Mengenai perkakas Tenka, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.