Inilah yang Dimaksud dengan Mur Kode M5 Berserta Fungsi dan Kegunaannya



Punya fungsi yang sama, baut dan sekrup dapat diandalkan untuk menyatukan komponen. Namun itu bisa dilakukan dengan juga mengandalkan kunci seperti obeng yang tepat, hingga dudukan yang tepat. Namun tahukah anda, bahwa sebenarnya keduanya itu berbeda dengan mur, dimana mur berbentuk segi enam yang pada tengahnya terdapat lubang ulir untuk melakukan rotasi dalam melepas atau memasang komponen.


Namun mur juga memiliki beberapa perbedaan dari mur lain, seperti salah satunya adalah ukuran, dimensi dan sebagainya. Nah mur yang memiliki ukuran tertentu akan diberi kode khusus, seperti salah satunya yang akan jadi topik utama artikel ini, yaitu mur kode M5. Untuk lebih jelasnya mengenai mur kode M5, berikut juga dengan fungsi dan kegunaannya, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Lengkap Mengenai Mur Kode M5 dan Juga Fungsi Serta Kegunaannya


Apa Itu Mur Kode M5?

Mur kode M5 jelas adalah salah satu jenis mur, yaitu komponen dengan berbentuk segi enam yang ada pada tengahnya terdapat lubang ulir untuk melakukan rotasi dalam melepas atau memasang komponen yang berbeda. Nah perbedaannya dengan mur lain, jelas dari ukuran, dimensi dan sebagainya, yang mana itu masuk dalam kode tertentu seperti salah satunya adalah kode M5.


Lalu kode M5 pada mur, itu dimaksud atau dikenal dalam pengertian Metric Size, yang mana memiliki pitch, drill, dan dimensi yang berbeda dengan kode lainnya. Mur kode M5 memiliki pitch sebesar 0.80mm, ditambah dengan drill yang ukurannya 4.20mm. Mur kode M5 juga paling identik adalah ukuran dimensi mur tersebut, yang mana M5 batang ulirnya berdiameter 5mm, kemudian dilanjutkan dengan kepala mur sebesar 8.0mm dan juga diameter kepala lubang mur sebesar 4.0mm.


Fungsi dan Kegunaan dari Mur Kode M5

Mur adalah suatu pengikat yang memiliki lubang berulir, dimana kegunaannya akan selalu digunakan bersama dengan baut. Itu karena memang baut adalah pasangannya yang dapat mengikat suku benda tertentu secara bersama-sama, tetapi tidak bersifat permanen alias masih bisa dilepas atau dipasang kembali. Nah itu merupakan fungsi serta kegunaan dari mur, yang mana itu juga termasuk fungsi serta kegunaan dari mur kode M5.


Mengapa sama? Itu karena memang perbedaannya hanya ada pada ukuran dari kode M5 tersebut. Jelasnya mur kode M5 memiliki pitch sebesar 0.80mm dengan drill 4.20mm, sehingga harus ada ukuran baut atau obeng yang bisa masuk pada mur kode M5 tersebut. Lalu mur kode M5 juga berdiameter 5mm dengan kepala mur sebesar 8.0mm dan juga diameter kepala lubang mur sebesar 4.0mm, sehingga ukuran tersebut dapat disesuaikan dengan dudukan yang memang harus pas dengan ukuran tersebut.


Jadi dengan begitu, untuk menggunakan mur kode M5, maka anda perlu memastikan bahwa dudukan dari mur atau baut sudah sesuai dengan ukuran mur kode M5. Tidak hanya baut, kunci yang ingin digunakan untuk mur kode M5 juga perlu disesuaikan mata kuncinya, hal itu agar tidak slip atau slek karena ukuran kunci yang tidak sesuai dengan diameter dari mur kode M5 tersebut. Nah kunci yang selalu tepat untuk mur kode M5 sendiri, merupakan kunci 8.


Itulah pemahaman dari mur kode M5 dan juga fungsi serta kegunaannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana anda tertarik ingin memiliki perkakas terbaik seperti obeng dan sebagainya, maka rekomendasi terbaik serta berkualitas kami jatuh pada produk Tenka. Mengenai perkakas Tenka, anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com