Mengenal Pompa Non-Clog Serta Apa Fungsinya yang Wajib Anda Ketahui



Pompa adalah salah satu alat atau mesin yang sangat berguna di beberapa kebutuhan, seperti untuk kolam ikan, menyedot banjir, ataupun sebagainya. Di lain itu, pompa juga memiliki beragam jenis, seperti adanya pompa celup, atau bahkan pompa yang dikenal sebagai pompa non-bakiak atau pompa non-cog, alias pompa non-penyumbatan.


Pastinya ada diantara anda yang masih belum mengerti dan tahu tentang pompa non-cog, oleh karena itu bagi anda yang belum tahu dan ingin segera tahu maka silahkan simak artikel ini selengkapnya! Dengan menyimak artikel ini, maka kami jamin anda akan segera tahu tentang pompa non-cog, begitu juga dengan fungsi dan kegunaannya.

Apa Itu Pompa Non-Clog?

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, pompa non-clog bisa anda katakan sebagai pompa non-bakiak atau bisa juga sebagai pompa non-penyumbatan. Nah pompa non-clog sendiri adalah pompa yang umumnya mengacu pada pompa dengan impeller tersembunyi 100%, atau rotor terbuka yang memang sudah dirancang khusus.


Lalu selain itu, pompa tersebut memiliki desain yang disinyalir bisa memungkinkan benda padat yang lewat sama dengan lebar pelepasan pompa. Nah pompa non-clog sendiri saat ini sangat dicari, itu karena pompa tersebut sangat berguna dalam aplikasi yang membutuhkan pengangkutan bahan padatan tinggi, seperti yang ada di pertambangan, pengolahan limbah, industri minyak atau gas, atau bahkan bisa juga pada pengerukan, dan lain-lain.

Fungsi dan Kegunaan Menggunakan Pompa Non-Clog

Pompa non-clog dikenal memiliki desain rotor terbuka dengan rotor tersembunyi yang memungkinkan pompa melewati padatan yang sangat besar, seperti batu ataupun cairan yang memiliki partikel besar yang pastinya tidak merusak ataupun menyumbat pompa. Dengan adanya rotor yang terbuka, memungkinkan lewatnya batu-batu besar, puing-puing, kain lap, dan bahan berserat lainnya yang menyumbat pompa konvensional tidak menjadi suatu masalah besar apalagi membuat kerusakan. Tentunya itu juga nantinya akan berimbas pada penghematan biaya pemakaian dan juga biaya dari maintenance pompa tersebut itu sendiri.


Selain itu, pompa non-clog juga akan sangat membantu dengan cara menarik cairan kental melalui port masuk pompa dan masuk ke volute. Ketika adanya aktivitas memompa bahan thixotropic viskositas tinggi, maka rotor pompa tersebut akan mengagitasi cairan yang membantu menyebabkan cairan mengalir lebih efektif melalui pipa pembuangan. Dimana nantinya ada efek penipisan geser pada cairan, yang ternyata juga membantu mengatasi kerugian akibat gesekan dalam perpipaan debit pompa dan menghasilkan pertahanan aliran yang lebih stabil.


Itulah segalanya yang perlu anda ketahui tentang pompa non-clog, dimana ada pemahamannya dan juga fungsi serta kegunaannya. Tentunya tiap beberapa pompa membutuhkan selang, dan karena itu pastikan anda memilih selang terbaik dan berkualitas agar kinerja dari pompa tidak terhambat dan bisa maksimal. Nah untuk rekomendasi selang terbaik dan berkualitas bagi anda, maka kami rekomendasikan untuk memiliki selang Toyox, dimana anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Sekian sudah artikel bermanfaat pada kesempatan kali ini, semoga anda bisa mengerti dan paham tentang pompa non-clog dan juga fungsi serta kegunaannya. Anda bisa share artikel bermanfaat ini kepada yang lainnya agar yang lain juga dapat manfaatnya, dimana anda bisa bagikan melalui media yang ada dan tersedia.